Sukses

Universitas di China Buka Mata Kuliah Karaoke Khusus untuk Lansia

Tujuan utama para lansia mengikuti mata kuliah karaoke tersebut adalah untuk bersenang-senang.

Liputan6.com, Beijing - Sebuah universitas di China yang kini membuka mata kuliah karaoke bagi mahasiswa lanjut usia (lansia), telah menjadi tren di media sosial setempat.

Kampus Songshan di Universitas Harbin, di provinsi Heilongjiang, China, telah meluncurkan kurikulum baru yang menggabungkan berbagai genre dan gaya seperti teknik vokal klasik Italia bel canto, lagu daerah, dan nyanyian paduan suara. Kelas karaoke ini pun dengan cepat terisi penuh.

Dilansir SCMP, Rabu (20/12/2023), sejak universitas membuka pendaftaran untuk semester ini pada bulan Agustus, terdapat 38.580 mahasiswa dewasa dan lanjut usia, berusia 45 hingga 90 tahun yang mendaftar untuk 118 program studi. Selain kelas-kelas yang sudah ada seperti tari dan kaligrafi, serangkaian kelas baru juga diluncurkan seperti video shooting, yoga serta karaoke.

Kelas karaoke ini terdiri dari tiga bagian, dimulai dengan membaca partitur musik, diikuti dengan latihan vokal, dan kemudian mempelajari berbagai pendekatan menyanyi.

Qi Xin selaku direktur kampus, mengatakan setiap kelas karaoke terdiri dari 16 pelajaran dengan biaya 90 yuan atau sekitar Rp195 ribu per kursus dan dapat menampung hingga 42 siswa.

Xin menjelaskan kepada Life Daily bagaimana universitas yang dipimpinnya itu mendapatkan ide tersebut.

"Kami sering melihat banyak orang lanjut usia berkumpul untuk bernyanyi di KTV ketika kami sedang makan di luar, jadi kami memiliki ide untuk meluncurkan kelas karaoke," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tujuan Utamanya untuk Bersenang-Senang

Huang Nannan, yang telah mengajar kursus vokal di universitas tersebut selama empat tahun, mengajar pelajaran karaoke selama 90 menit dua kali seminggu.

Ia mengajarkan lagu-lagu populer yang tidak memerlukan terlalu banyak teknik karena banyak siswa yang memiliki sedikit pengetahuan dalam menyanyi tetapi ingin memperkaya hidup mereka dan sekadar ingin bersenang-senang.

"Terutama karena mudah dipelajari, sehingga siswa bisa menyanyi setelah mengikuti beberapa pelajaran," kata Xin.

Huang pun setuju dengan Xin, menambahkan bahwa banyak siswa di kelas karaokenya berasal dari kelas lain di mana mereka telah mempelajari keterampilan dasar menyanyi.

3 dari 4 halaman

Tuai Reaksi Positif di Media Sosial

Banyak pengguna media sosial di China yang terpikat oleh uniknya program ini.

"Kelihatannya sangat keren," kata seseorang.

"Saya akan menyarankan agar orang tua saya mendaftar ke kelas tersebut," komentar yang lain.

"Saya harap saya memiliki hal yang menyenangkan dalam hidup saya ketika saya pensiun," kata yang lain.

4 dari 4 halaman

Mata Kuliah Unik di China

Kisah-kisah yang melibatkan mata kuliah unik yang diluncurkan oleh perguruan tinggi sangat populer di China.

Pada bulan September 2017 lalu, sebuah universitas dari China barat daya yang meluncurkan program "selebgram" untuk mahasiswa yang ingin menjadi bintang siaran langsung menjadi viral.

Pada tahun yang sama, sebuah universitas di China timur mendapat pujian karena menawarkan kursus penurunan berat badan yang terakreditasi, melalui kombinasi olahraga teratur dan pengendalian pola makan, dalam upaya mengatasi obesitas di kampus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini