Sukses

Rumah Sakit Indonesia di Gaza Telah Dikosongkan, Seluruhnya Dievakuasi

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf Al-Qudra, membuat pengumuman bahwa Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara pada Sabtu 25 November 2023 dikosongkan seluruhnya.

Liputan6.com, Gaza - Rumah sakit lain di Jalur Gaza yang jumlahnya semakin sedikit telah mengosongkan bangsal dan aulanya, dan Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara pada Sabtu 25 November 2023 juga akhirnya mengumumkan bahwa rumah sakit tersebut telah dikosongkan seluruhnya.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf Al-Qudra, membuat pengumuman pada Sabtu 25 November, menambahkan bahwa korban luka lainnya juga sedang dievakuasi dari Kompleks Medis Al-Shifa, rumah sakit terbesar di Gaza.

"Bantuan medis yang masuk ke Jalur Gaza tidak mencukupi dan jauh lebih sedikit dibandingkan bantuan yang masuk sebelumnya," kata Qudra kepada Anadolu yang dikutip Minggu (26/11/2023), seraya mengatakan bahwa aliran bantuan yang diterima Israel setelah mengakhiri blokade total masih jauh dari jumlah yang di atas 2 juta warga Gaza membutuhkannya.

Ia memperingatkan bahwa "situasi kesehatan di Jalur Gaza sangat buruk, sangat berbahaya.”

"Tidak ada fasilitas kesehatan," kata Qudra, seraya mencatat bahwa “hanya tiga rumah sakit yang beroperasi dengan kemampuan yang sangat terbatas di Jalur Gaza utara, tempat tinggal sekitar 900.000 orang."

Israel melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza – termasuk sekolah, rumah sakit, masjid dan gereja – menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober.

Korban tewas warga Palestina akibat serangan Israel di Jalur Gaza telah melonjak menjadi 14.854 orang, kata kantor media pemerintah di daerah kantong yang diblokade itu per Kamis 23 November. Korbannya termasuk 6.150 anak-anak dan lebih dari 4.000 perempuan, sementara lebih dari 36.000 orang terluka.

Sekitar 7.000 orang masih belum ditemukan, termasuk lebih dari 4.700 anak-anak, tambah pernyataan tersebut.

Korban tewas resmi di Israel dilaporkan mencapai 1.200 orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Retno Marsudi: RI Kutuk Sekeras-kerasnya Serangan Israel ke RS Indonesia di Gaza Palestina

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan Indonesia kutuk sekeras-kerasnya serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina yang menewaskan sejumlah warga sipil.

"Indonesia mengutuk sekeras-kerasnya serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang menewaskan sejumlah warga sipil," kata Retno Marsudi dalam press briefing usai menghadiri pertemuan bersama para Menlu negara Arab dan Islam di Beijing, China, Senin (20/11/2023).

Menurut Retno Marsudi serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional.

"Semua negara, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Israel harus menggunakan segala pengaruh dan kemampuannya, untuk mendesak Israel menghentikan kekejamannya."

Hingga saat ini, Kementerian Luar Negeri masih hilang kontak dengan 3 orang WNI yang menjadi relawan di Rumah Sakit Indonesia.

Retno Marsudi juga mengatakan bahwa ia sendiri telah menghubungi UNRWA di Gaza, untuk menanyakan situasi RSIndonesia dan memperoleh jawaban bahwa UNRWA juga tidak dapat melakukan kontak dengan siapapun di RS Indonesia saat ini.

"Saya juga sudah berusaha menghubungi WHO dan Palang Merah Internasional namun belum mendapatkan jawaban. Saya akan terus berusaha untuk menghubungi berbagai pihak, guna memperoleh informasi terkait RS Indonesia dan keselamatan 3 WNI tersebut."

"Koordinasi dengan MerC Jakarta juga terus kita lakukan. Dan mari kita doakan agar mereka selamat dan selalu diberi perlindungan Allah SWT."

 

3 dari 5 halaman

Update Gencatan Senjata di Gaza: Hamas Bebaskan 17 Sandera, Israel Lepas 39 Tahanan Palestina

Adapun update terkini dalam periode gencatan senjata, Israel membebaskan 39 tahanan Palestina pada Minggu 26 November 2023, setelah Hamas membebaskan 13 warga Israel dan empat warga asing --total 17 sandera-- dalam pertukaran putaran kedua berdasarkan kesepakatan gencatan senjata, kata militer Israel, setelah kelompok militan tersebut awalnya menunda pertukaran selama beberapa jam dan mengklaim bahwa Israel telah melanggar ketentuan perjanjian gencatan senjata.

Sebuah bus yang membawa hampir tiga lusin tahanan Palestina yang dibebaskan oleh Israel telah tiba di Tepi Barat.

Ratusan orang menyambut bus Komite Internasional Palang Merah saat tiba di Al Bireh. Massa meneriakkan "Tuhan Maha Besar" ketika bus tiba, dan beberapa pemuda berdiri di atap kendaraan. Banyak di antara massa yang mengibarkan bendera Hamas dan meneriakkan slogan-slogan pro-Hamas.

Pembebasan ini merupakan gelombang kedua tahanan yang dibebaskan sebagai bagian dari gencatan senjata empat hari antara Israel dan Hamas.​

Mengutip Associated Press, Minggu (26/11/2023), mliter Israel diketahui mengatakan para sandera yang dibebaskan, termasuk empat warga Thailand, telah dipindahkan ke Israel. Mereka dibawa ke rumah sakit untuk observasi dan dipertemukan kembali dengan keluarga mereka.

Hamas kemudian diketahui merilis sebuah video yang menunjukkan para sandera tampak terguncang namun sebagian besar dalam kondisi fisik yang baik ketika militan bertopeng membawa mereka ke kendaraan Palang Merah menuju keluar Gaza. Beberapa sandera melambaikan tangan kepada para militan saat mereka keluar dari daerah kantong yang terkepung.

Nurhan Awad menerima sambutan bak pahlawan dari ratusan orang di kamp pengungsi Qalandia dekat Yerusalem ketika dia tiba tak lama setelah pembebasannya. Wanita tersebut berusia 17 tahun pada tahun 2016 ketika dia dijatuhi hukuman 13 1/2 tahun penjara karena mencoba menikam seorang tentara Israel dengan gunting.

Wanita Palestina lain yang dibebaskan, Shurouq Duwiyat, tiba di rumahnya di Yerusalem dan anggota keluarganya dengan gembira memeluk dan menciumnya.

"Kami mengirimkan pesan kepada rakyat kami di Gaza bahwa kami berdiri di sisi Anda dan mendukung Anda," kata Duwiyat kepada wartawan di dalam rumahnya.

Juga di Yerusalem, pasukan Israel mengusir jurnalis yang berkumpul di luar rumah Israa Jaabis, yang telah dipenjara sejak 2015 setelah dinyatakan bersalah melakukan serangan terpisah terhadap warga Israel.

Sandera Israel yang dibebaskan pada hari Sabtu oleh Hamas termasuk tujuh anak-anak dan enam wanita, kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengumumkan. 

 

4 dari 5 halaman

Pembebasan pada Hari Pertama, 24 dari 240 Sandera Dibebaskan

Pada hari pertama gencatan senjata, Jumat 24 Oktober, Hamas membebaskan 24 dari sekitar 240 sandera yang disandera pada serangan 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang. Sementara Israel membebaskan 39 warga Palestina dari penjara. Mereka yang dibebaskan di Gaza adalah 13 warga Israel, 10 warga Thailand, dan satu warga Filipina.

Secara keseluruhan, Hamas akan membebaskan sedikitnya 50 sandera Israel, dan Israel 150 tahanan Palestina, selama gencatan senjata empat hari – semuanya perempuan dan anak di bawah umur.

Israel mengatakan gencatan senjata dapat diperpanjang satu hari ekstra untuk setiap tambahan 10 sandera yang dibebaskan – sesuatu yang diharapkan oleh Presiden AS Joe Biden akan terjadi.

Biden berbicara pada hari Sabtu dengan Amir Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani dan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al Thani dari Qatar, kata Gedung Putih, untuk membahas “rintangan” dalam pembebasan para sandera.

Dimulainya jeda ini membawa ketenangan bagi 2,3 juta warga Palestina yang belum pulih dari pemboman Israel yang tiada henti yang telah menewaskan ribuan orang, memaksa tiga perempat penduduk meninggalkan rumah mereka dan meratakan kawasan pemukiman. Tembakan roket dari militan Gaza ke Israel juga terhenti.

Bagi Emad Abu Hajer, seorang warga kamp pengungsi Jabaliya di wilayah Kota Gaza, jeda tersebut berarti dia dapat kembali mencari di puing rumahnya, yang rata dengan tanah akibat serangan Israel pekan lalu. Dia menemukan jasad sepupu dan keponakannya, sehingga jumlah korban tewas dalam serangan itu menjadi 19. Saudara perempuannya dan dua kerabat lainnya masih hilang.

"Kami ingin menemukan mereka dan menguburkan mereka secara bermartabat," katanya.

5 dari 5 halaman

PBB: Jeda Perang untuk Peningkatan Pengiriman Bantuan

PBB mengatakan jeda tersebut memungkinkan mereka meningkatkan pengiriman makanan, air, dan obat-obatan ke volume terbesar sejak dimulainya kembali konvoi bantuan pada 21 Oktober. PBB juga mampu mengirimkan 129.000 liter (34.078 galon) bahan bakar – lebih dari 10% volume harian sebelum perang – serta gas untuk memasak, yang pertama sejak perang dimulai.

Di kota selatan Khan Younis, antrean panjang orang yang membawa kontainer menunggu di luar stasiun pengisian bahan bakar. Hossam Fayad menyayangkan jeda pertempuran hanya selama empat hari.

"Saya berharap bisa diperpanjang sampai kondisi masyarakat membaik," ujarnya.

Untuk pertama kalinya dalam sebulan lebih, bantuan mencapai Gaza utara. Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 61 truk yang membawa makanan, air dan pasokan medis menuju ke sana pada Sabtu 25 November, konvoi bantuan terbesar yang mencapai daerah tersebut.

PBB mengatakan pihaknya dan Bulan Sabit Merah Palestina juga mampu mengevakuasi 40 pasien dan anggota keluarga dari sebuah rumah sakit di Kota Gaza ke rumah sakit di Khan Younis.

Perang di Gaza disertai dengan peningkatan kekerasan di Tepi Barat yang diduduki Israel. Sabtu malam, otoritas kesehatan Palestina mengatakan empat warga Palestina tewas dalam serangan militer Israel di kota Jenin, Tepi Barat utara, beberapa jam setelah serangan lain di daerah yang sama menewaskan putra gubernur setempat yang berusia 25 tahun.

Seorang anak laki-laki Palestina berusia 16 tahun juga tewas akibat tembakan Israel di dekat kota Ramallah. Tentara Israel, yang sering melakukan serangan militer yang ditujukan terhadap kelompok militan lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.