Sukses

Geert Wilders Menang Dramatis di Pemilu Belanda, Calon PM Anti-Islam yang Bikin Eropa Terkejut

Pemimpin populis veteran anti-Islam Geert Wilders meraih kemenangan dramatis dalam pemilihan umum atau Pemilu Belanda, dengan hampir seluruh suara telah dihitung.

Liputan6.com, Amsterdam - Pemimpin populis veteran anti-Islam Geert Wilders meraih kemenangan dramatis dalam pemilihan umum atau Pemilu Belanda, dengan hampir seluruh suara telah dihitung.

Setelah 25 tahun di parlemen, Freedom party (PVV) atau Partai Kebebasan yang dipimpin Geert Wilders diperkirakan akan memenangkan 37 kursi, jauh di depan saingan terdekatnya, aliansi sayap kiri.

"PVV tidak bisa lagi diabaikan. Kami akan memerintah," kata Geert Wilders seperti dikutip dari BBC, Kamis (23/11/2023).

Jika kemenangan Wilders terkonfirmasi, maka ia akan menjadi perdana menteri ekstrem kanan pertama Belanda.

Kemenangan Geert Wilders telah mengguncang politik Belanda dan juga akan menimbulkan gelombang kejut di seluruh Eropa.

Kendati demikian, untuk memenuhi janjinya menjadi "perdana menteri bagi semua orang", ia harus membujuk partai-partai lain untuk bergabung dengannya dalam koalisi. Targetnya adalah 76 kursi dari 150 kursi parlemen.

Wilders yang berusia 60 tahun memanfaatkan rasa frustrasi yang meluas terhadap migrasi, dengan menjanjikan "penutupan perbatasan", dan dia menepati janjinya untuk melarang Al-Qur'an.

Ia berada dalam suasana hati yang agresif dalam pidato kemenangannya: "Kami ingin memerintah dan... kami akan memerintah. [Jumlah kursi] merupakan pujian yang sangat besar namun juga merupakan tanggung jawab yang sangat besar." 

Sebelum pemungutan suara, tiga partai besar lainnya menolak ambil bagian dalam pemerintahan yang dipimpin Wilders karena kebijakannya yang berhaluan sayap kanan. Namun hal itu mungkin berubah karena skala kemenangannya.

Kemenangan Wilders akan menimbulkan kejutan di seluruh Eropa, karena Belanda adalah salah satu anggota pendiri Uni Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aliansi Sayap Kiri Menentang

Aliansi sayap kiri di bawah mantan komisaris Uni Eropa Frans Timmermans berada di urutan kedua dengan 25 kursi, menurut perkiraan berdasarkan 94% suara.

Dia menegaskan bahwa dia tidak akan terlibat apa pun dengan pemerintahan yang dipimpin Wilders, dan berjanji akan membela demokrasi dan supremasi hukum Belanda.

"Kami tidak akan membiarkan siapa pun di Belanda pergi. Di Belanda semua orang setara," katanya kepada para pendukungnya.

3 dari 4 halaman

Pujian dari Pemimpin Nasionalis dan Sayap Kanan di Seluruh Eropa Hingga Referendum Nexit

Sementara itu, para pemimpin nasionalis dan sayap kanan di seluruh Eropa memuji pencapaiannya. Di Prancis, pemimpin National Rally Marine Le Pen mengatakan hal ini "menegaskan keterikatan yang semakin besar terhadap pembelaan identitas nasional".

Wilders ingin mengadakan referendum untuk meninggalkan UE, yang dikenal sebagai “Nexit”, meskipun ia mengakui tidak ada keinginan nasional untuk melakukan hal tersebut. Dia akan kesulitan meyakinkan calon mitra koalisi utama mana pun untuk menyetujui hal tersebut.

Dia melunakkan retorika anti-Islam menjelang pemungutan suara, dengan mengatakan ada masalah yang lebih mendesak saat ini dan dia siap untuk "menghentikan" kebijakannya yang melarang masjid dan sekolah Islam.

Strategi ini sukses, membuat perolehan partai PVV di parlemen melejit.

4 dari 4 halaman

Wilders Memanfaatkan Ketidakpuasan Atas Pemerintahan Sebelumnya

Selama masa kampanye, Wilders memanfaatkan ketidakpuasan yang meluas terhadap pemerintahan sebelumnya, yang runtuh karena perselisihan mengenai aturan suaka.

Bagi ilmuwan politik Martin Rosema dari Universitas Twente, itu adalah salah satu dari beberapa hadiah yang diberikan kepada Wilders dalam hitungan bulan. Alasan lainnya adalah bahwa pemimpin liberal berhaluan tengah-kanan tersebut telah membuka pintu untuk bekerja sama dengannya dalam koalisi.

“Kita tahu, juga dari preseden internasional, bahwa partai-partai sayap kanan radikal akan mengalami nasib yang lebih buruk jika mereka dikucilkan,” katanya.

Migrasi menjadi salah satu tema utama, dan Wilders pada hari Rabu menjelaskan bahwa ia bermaksud mengatasi "tsunami suaka dan imigrasi".

Tahun lalu jumlah total migrasi ke Belanda meningkat dua kali lipat melebihi 220.000 orang, sebagian karena banyaknya pengungsi yang melarikan diri dari invasi Rusia ke Ukraina. Namun masalah ini diperburuk dengan kekurangan sekitar 390.000 rumah.

Di markas besar VVD Yesilgöz di Den Haag, para pendukung bersiap untuk mengangkat gelas mereka mengenai prospek perdana menteri perempuan pertama Belanda.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini