Sukses

KTT APEC 2023 Digelar di San Francisco AS, Joe Biden dan Xi Jinping Bakal Ketemu

Anggota APEC disebut "ekonomi" mengingat setiap anggota saling berinteraksi sebagai entitas ekonomi, dan bukan sebagai negara.

Liputan6.com, Washington - Kota San Francisco di Amerika Serikat (AS) menjadi tuan rumah KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) 2023. Pertemuan yang diselenggarakan pada 15-17 November 2023 ini diperkirakan akan "mengundang" 20.000 orang ke San Francisco.

KTT APEC merupakan pertemuan internasional terbesar di San Francisco sejak tahun 1945, ketika para pejabat berkumpul untuk menandatangani piagam pembentukan PBB. KTT ini akan mempertemukan para pemimpin dari 21 negara anggota untuk mempromosikan perdagangan dan pembangunan ekonomi di kawasan Pasifik.

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan akan bertemu dalam KTT APEC 2023. Ini menjadi pertemuan pertama mereka dalam tahun ini.

Kehadiran Xi Jinping di KTT APEC 2023 turut menandai kunjungan pertamanya ke AS sejak tahun 2017.

Dilansir The Guardian, Rabu (15/11/2023), dalam beberapa terakhir San Francisco melakukan persiapan besar-besaran termasuk pembersihan trotoar, jalan, dan penghapusan grafiti.

Pemerintah juga merelokasi para tunawisma di kota tersebut.

Sementara itu, Wali Kota San Francisco London Breed, telah mempromosikan sejumlah pop-up store, destinasi baru, dan restoran di pusat Kota San Francisco yang berusaha pulih setelah pandemi COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KTT APEC

Dilansir Kemlu, Selasa (14/11), Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerja sama antar 21 ekonomi di lingkar Samudra Pasifik yang berdiri tahun 1989.

Saat ini terdapat 21 ekonomi yang menjadi anggota APEC, yaitu Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, China, Hong Kong, Indonesia, Japan, South Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Filipina, Peru, Papua Nugini, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, AS, dan Vietnam.

Kerja sama APEC merupakan kerja sama non-politis, ditandai dengan keanggotaan Hong Kong-China dan Taiwan. Anggota APEC disebut "ekonomi" mengingat setiap anggota saling berinteraksi sebagai entitas ekonomi, dan bukan sebagai negara.

APEC memiliki tiga pengamat (observer), yaitu Sekretariat ASEAN, Pacific Economic Cooperation Council (PECC), dan Pacific Islands Forum (PIF) Secretariat.​​

3 dari 3 halaman

Komitmen AS

Di bawah tema APEC 2023 yaitu "Creating a Resilient and Sustainable Future for All", AS sebagai tuan rumah menekankan bahwa pihaknya akan terus menciptakan masa depan yang tangguh dan berkelanjutan untuk semua, serta prioritas kebijakan AS untuk memajukan kawasan Asia Pasifik yang saling terhubung, inovatif, dan inklusif.

"Kami bekerja untuk melanjutkan pekerjaan APEC dengan memfasilitasi perdagangan dan investasi, ekonomi digital, kesehatan, kesetaraan gender, energi bersih, serta iklim," kata pejabat senior AS untuk APEC dari Kementerian Luar Negeri AS Matt Murray kepada 20 jurnalis yang terpilih dalam program FPC Reporting Tour on Security and Economic Prosperity in the Indo-Pacific Region dari Kemlu AS, Kamis (13/7) secara virtual.

"APEC adalah organisasi tidak mengikat berbasis konsensus yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1989. Dan AS menjadi tuan rumah pertemuan tingkat pemimpin pertama APEC 30 tahun yang lalu pada tahun 1993. Jadi, kami sangat menghargai kesempatan ini dengan menjadi tuan rumah APEC 2023. Kami telah mengadakan acara di Honolulu, Palm Springs, dan Detroit. Kami akan mengadakan enam pertemuan menteri dan sejumlah pertemuan tingkat kelompok kerja lainnya di Seattle bulan depan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini