Sukses

Sumber Istana: Raja Charles III dan Pangeran Harry Tak Saling Bicara Sejak Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry diketahui juga diundang ke acara perayaan ulang tahun Raja Charles III ke-75 pada 14 November mendatang, namun kabarnya ia memutuskan untuk tidak hadir.

Liputan6.com, London - Seorang sumber istana mengungkapkan bahwa hubungan antara Raja Charles III dan Pangeran Harry tidaklah baik. Ayah dan anak tersebut diketahui belum saling bicara lagi sejak pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022, terlihat seperti menunggu satu sama lain untuk meminta maaf terlebih dulu.

Raja Charles III diketahui masih belum memaafkan putra bungsunya itu setelah ia mengkritik anggota senior keluarga Kerajaan Inggris dalam wawancara televisi dan dalam bukunya, Spare, yang diluncurkan awal tahun 2023.

Dilansir Mirror, Minggu (12/11/2023), Duke of Sussex itu diketahui telah diundang ke acara perayaan ulang tahun Raja Charles III ke-75 pada 14 November mendatang, namun ia telah memutuskan untuk tidak menghadirinya.

Selain itu, Harry juga dilaporkan telah memberi tahu teman-temannya bahwa ia tidak memiliki rencana kembali ke Inggris dalam waktu dekat dan kecil kemungkinannya mengunjungi keluarga di sana pada Natal mendatang. 

Suami Meghan Markle itu terakhir kali mengunjungi Inggris pada saat kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022.

Selain dengan ayahnya, hubungan Harry dengan kakaknya, Pangeran William, juga diketahui tidak baik. Dalam bukunya itu, hubungan keduanya digambarkan "berakar kuat pada titik terendah". Kendati demikian, hubungan keduanya masih memiliki harapan untuk berdamai di masa depan.

Bulan lalu, seorang mantan anggota staf Raja Charles III mengatakan bahwa hubungan buruk antara ayah dan anak itu tidak akan terus berlanjut.

"Tidak akan berkelanjutan bagi Raja, yang merupakan simbol persatuan nasional, untuk memiliki hubungan seperti itu," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran Harry Tak Dapat Ucapan Selamat Ulang Tahun via Medsos dari Raja Charles III dan Pangeran William

Buruknya hubungan keluarga itu juga terlihat ketika Pangeran Harry tidak mendapat ucapan ulang tahun via media sosial dari ayah dan kakaknya.

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, pada tanggal 15 September 2023 kemarin, Pangeran Harry memasuki usia baru, 39 tahun. Biasanya, hari spesial ini "dirayakan" oleh anggota Keluarga Kerajaan Inggris lewat unggahan di media sosial.

Tapi tidak untuk tahun ini. Akun @RoyalFamily yang digunakan untuk anggota keluarga bangsawan Inggris, maupun akun Pangeran William-Kate Middleton @KensingtonPalace sama-sama sunyi senyap.

3 dari 4 halaman

Meghan Markle Juga Tak Dapat Ucapan

Hal tersebut diduga berhubungan dengan ayah Pangeran Harry, Raja Charles III. Setelah sang Raja naik takhta menggantikan Ratu Elizabeth II pada tahun lalu, ucapan selamat ultah memang kini hanya diberikan untuk keluarga bangsawan yang aktif dan anak-anak mereka.

Dan seperti diketahui, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, sudah mundur dari posisi anggota keluarga kerajaan aktif sejak 2020 dan pindah ke California, Amerika Serikat.

Saat Meghan Markle berulang tahun ke-42 pada Agustus lalu, hal yang sama juga terjadi. Padahal selama tahun-tahun sebelumnya di medsos para bangsawan ini diucapkan selamat ultah untuk pasangan ini.

4 dari 4 halaman

Posisi Garis Keturunan Pangeran Harry

Sejak tidak menjadi anggota keluarga kerajaan, posisi Pangeran Harry bukan dibawah saudaranya Pangeran William. Harry ada di urutan berikutnya setelah Pangeran George dan dua saudara lainnya. Berikut urutan pewaris takhta Kerajaan Inggris:

  • Pangeran William
  • Pangeran George
  • Putri Charlotte
  • Pangeran Louis
  • Pangeran Harry
  • Pangeran Archie
  • Putri Lilibet

Garis suksesi mengalami perombakan yang signifikan tahun lalu setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II pada usia 96 tahun. Ia digantikan oleh putra sulungnya Raja Charles III yang memerintah bersama sang istri Camilla. Pergeseran resmi ditandai dengan penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.