Sukses

8 November 1999: Riwayat Percakapan di Internet Jadi Barang Bukti Kasus Pembunuhan Misterius

Pada tanggal 8 November 1999 di kota kecil Mount Morris, Michigan terjadi pembunuhan misterius.

Liputan6.com, Mount Morris - Pada tanggal 8 November 1999 di kota kecil Mount Morris, Michigan terjadi pembunuhan misterius.

Pembunuhan ini disebut-sebut sebagai First Internet Murder atau yang berarti kasus pembunuhan yang terungkap berdasarkan bukti di internet.

Bruce Miller yang merupakan pria pemilik bisnis barang rongsokan, ditemukan tewas dengan luka tembak di tempat kerjanya. Diketahui bahwa ia ditembak dengan senapan ukuran 20.

Dilansir Opsdesk, Rabu (8/11/2023), awalnya insiden ini dianggap sebagai perampokan yang tidak disengaja atau persaingan bisnis.

Kasus ini terus menggantung tanpa bisa terpecahkan selama beberapa bulan lamanya.

Kemudian pada Januari 2000 di Odessa, Missouri, Amerika Serikat, kasus bunuh diri seorang mantan petugas polisi, Jerry Cassaday, membawa kebuntuan dalam kematian Bruce Miller ini pada titik terang. 

Dikabarkan Jerry Cassaday menembak kepalanya sendiri setelah berjuang melawan pengaruh narkoba dan alkohol selama beberapa waktu. 

Dalam catatan bunuh dirinya, Cassaday mengakui keterlibatannya dalam pembunuhan Bruce Miller dan serta merta menyeret istri Miller, Sharee Miller, ke dalam kasus pembunuhan ini.

Cassaday dan Sharee kemudian diketahui berselingkuh. Pertemuan antara keduanya terjadi ketika Sharee Miller tengah berlibur di kota Reno, Nevada. 

Perselingkuhan mereka diwarnai oleh pertukaran email dan pesan instan, di mana Sharee kerap menciptakan citra suaminya, Bruce, sebagai suami yang jahat dan kasar di depan Cassaday.

Bahkan Sharee sempat mengaku bahwa Bruce adalah anggota mafia dan telah melakukan kekerasan terhadapnya. Ia juga mengatakan bahwa suaminya telah menyebabkan kematian anaknya yang belum lahir, hasil dari hubungan gelapnya dengan Cassaday.

Wanita ini memalsukan email yang diduga dari Bruce Miller berisi informasi bahwa pria itu sengaja membunuh anak yang belum lahir tersebut kepada Cassaday.

Melalui percakapan internet pula, Sharee dan Cassaday lalu menyusun rencana untuk melakukan pembunuhan terhadap Bruce. Sharee mengarahkan Cassaday pada pembunuhan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukti Komunikasi Internet Ditemukan, Sharee Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Namun, setelah Bruce Miller tewas terbunuh, hubungan keduanya mulai berantakan. Cassaday yang memang sejak awal kondisi mentalnya tidak stabil dikabarkan jatuh pada penggunaan narkoba dan alkohol. 

Tak dapat dipungkiri, rasa bersalah telah menghabisi satu nyawa manusia mulai menghantui Cassaday. Ia kemudian mengakui kesalahannya.

Rincian kejahatan dan sejumlah email tercetak yang mencatat komunikasi Cassaday dengan Sharee ditemukan di dalam koper di dekat tubuh pria ini.

Detektif yang menyelidiki kasus tersebut pun bergerak menemukan lebih banyak pesan antara pasangan ini. Mereka lantas mengumpulkan kebohongan dan manipulasi yang ada.

Sharee Miller kemudian dijatuhi hukuman seumur hidup pada tahun 2001 atas kejahatannya tersebut.

Ini dianggap kali pertama komunikasi internet menjadi bukti utama dalam persidangan pembunuhan. Detektif kini rutin mengumpulkan barang bukti elektronik dalam penyelidikan. 

Tentu saja pada tahun 2000 silam, hal ini merupakan perkembangan yang baru.

3 dari 4 halaman

Kepala Abby Choi Ditemukan di Panci Besar, Korban Mutilasi Keluarga Mantan Suami

Sementara beberapa bulan lalu di Hong Kong, suami dan keluarganya dituduh atas kasus pembunuhan sang istri.

Polisi Hong Kong berhasil menemukan kepala dari sosialita Abby Choi (28). Kepala Abby Choi itu sempat hilang dan dicari-cari polisi setelah dimutilasi keluarga mantan suaminya. 

Berdasarkan laporan The Standard, Minggu (26/2/2023), polisi menemukan kepala Abby Choi di sebuah panci (pot) berukuran besar. Kepala dari Abby ditemukan di rumah kawasan Lung Mei. Rumah itu diduga dipakai pelaku untuk menghabisi Abby.

Sebelumnya, polisi menemukan kaki Abby di Lung Mei. Kemudian, aparat sempat mencari potongan tubuh Abby Choi di sebuah kuburan di Tseung Kwan O. Ternyata, kepala Abby juga ada di Lung Mei. 

Tulang iga Abby juga ditemukan di lokasi tersebut. 

Mantan suami dari Abby Choi, yakni Alex Kwong, telah ditangkap. Bapak dan kakak dari Alex Kwong juga sudah ditangkap atas tuduhan pembunuhan. 

Ucapan belasungkawa dari netizen masih terus membanjiri Instagram kepada sang sosialita dengan berbagai bahasa, seperti Inggris dan Mandarin.

Baca selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Seperti Mega Suryani Dewi, Ini Kasus Suami Tega Bunuh Istri Versi Luar Negeri

Sedikit berbeda dengan kasus yang terjadi di Amerika Serikat sebelumnya, deretan kasus di bawah adalah kisah suami yang tega membunuh istrinya sendiri. 

Warga Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi dihebohkan pembunuhan sadis yang dilakukan oleh Nando (25) terhadap istrinya, Mega Suryani Dewi (24). Mega dibunuh dengan cara digorok lehernya oleh Nando saat tengah menjaga kedua anaknya.

 

Tak hanya Mega Suryani Dewi yang bernasib malang, berikut ini kasus suami bunuh istri versi luar negeri dikutip dari berbagai sumber, Selasa (12/9/2023):

1. Lansia Bunuh Istri di Siprus

Seorang pria Inggris telah dibebaskan oleh pengadilan Siprus setelah dijatuhi hukuman karena membunuh istrinya yang sakit parah.

David Hunter sebelumnya sempat dihukum atas pembunuhan istrinya Janice (74) di rumah mereka di Paphos pada tahun 2021 dan dipenjara selama dua tahun.

Mantan penambang berusia 76 tahun itu berasal dari Northumberland dan dibebaskan setelah menghabiskan 19 bulan dalam tahanan menunggu persidangan.

Baca selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.