Sukses

25 Fakta Menarik Soal Halloween, Transylvania Nyata hingga Labu Terberat 1,2 Ton

Apakah kamu menyukai Halloween? Untuk membantu menambah pengetahuan Anda soal perayaan ini, berikut beberapa fakta Halloween yang menakutkan dan mengejutkan!

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu menyukai Halloween Day? Jika kamu adalah penggemar besar musim yang misterius ini, kemungkinan kamu memiliki banyak aktivitas Halloween yang menyenangkan seperti DIY (Do It Yourself/membuat sendiri) kostum Halloween, mengunjungi kebun labu setempat, dan merencanakan menu makan malam Halloween.

Namun tak bisa dipungkiri, bahkan jika kamu penggemar berat Halloween, tak dipungkiri mungkin masih ada saja hal yang tidak kamu ketahui tentang perayaan ini. 

Untuk membantu menambah pengetahuan Anda soal perayaan ini, melansir dari The Pionner Woman, Senin (30/10/2023), ini dia beberapa fakta Halloween yang menakutkan dan mengejutkan!

Dengan fakta-fakta unik ini dalam genggamanmu, kamu pasti akan membuat teman-teman dan keluargamu kagum, saat berkeliling meminta permen atau menghadiri pesta Halloween. 

Bahkan kamu bisa membuat kuis trivia Halloween yang menyenangkan untuk melihat siapa yang benar-benar tahu banyak soal Halloween!

Berikut fakta-faktanya:

1. Sekitar 46% Warga Amerika Berencana Membuat Jack-o'-lantern (Hiasan dari Labu) pada Tahun 2023

Menurut Finder, itu berarti 154 juta warga Amerika berencana mengukir labu tahun ini! Angka tersebut naik dari 44% (146 juta orang) dari yang mengatakan mereka akan membuat jack-o'-lantern pada tahun 2022.

2. Transylvania adalah Tempat Nyata

Transylvania mungkin terkenal karena mitos tentang vampir, tetapi ternyata tempat ini bukanlah tanah mitos. Ini sebenarnya adalah sebuah wilayah yang terletak di Rumania tengah.

3. Ada Patung Jason Voorhees (dari Film Friday the 13th) di dasar Danau di Crosby, Minnesota

Penyelam Doug Klein membangun patung ini dan menjaganya di dasar tambang Louise Mine Pit yang berisi air sejak tahun 2013. Sejak itu, patung ini menjadi atraksi bawah air yang populer bagi penyelam lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

4. New York adalah Rumah Bagi Parade Halloween Terbesar di Dunia

Parade Halloween Greenwich Village berlangsung setiap tahun pada malam Halloween di Manhattan, menarik ribuan peserta untuk berpakaian ala Halloween dan lebih banyak penonton.

5. Kata "Witch (Penyihir)" Berasal dari Bahasa Inggris Kuno "Wicce," yang Berarti "Wanita Bijak"

Dalam bahasa Inggris Kuno, "wiccan" sebenarnya dianggap dalam arti positif, dan pendapat mereka dahulu sangat dihormati.

6. Labu yang Paling Berat di Dunia Beratnya 2.684 pon 2 ons (Sekitar 1,2 ton)

Labu ini pertama kali diperkenalkan di Festival Labu Ludwigsburg di Baden-Württemberg, Jerman, pada 6 November 2021. Dan ini bukanlah jack-o'-lantern biasa: Labu ini diukir dengan wajah dan dekorasi lainnya, termasuk bintang dan pemandangan Heraldik.

7. Di Irlandia, Tempat Halloween Berasal, Orang Merayakannya Dengan Melepaskan Kembang Api

Mereka juga makan barnbrack, kue buah tradisional, dan menyalakan api unggun untuk merayakan hari raya ini, menurut Business Insider.

8. Warga Amerika Menghabiskan Lebih dari $100 (Sekitar Rp 3,1 juta) untuk Halloween

Pada tahun 2022, Federasi Ritel Nasional melaporkan bahwa warga Amerika menghabiskan rata-rata $100,45 (sekitar Rp 3,1 juta) untuk item terkait Halloween, termasuk kostum, permen, dan dekorasi.

9. Di Jerman, Ada Tradisi Untuk Menyembunyikan Pisau Mereka pada Malam Halloween

Tujuannya adalah untuk mencegah roh-roh yang kembali terluka.

3 dari 6 halaman

10. Orang-orang Awalnya Mengukir Lobak Bukan Labu

Jack-o'-lantern diyakini berasal dari Irlandia pada abad ke-19, tetapi saat itu mereka sebenarnya mengukir lobak bukan labu.

11. Orang Amerika Dulu Merayakan Halloween Dengan Mengirimkan Kartu Halloween

Pada awal abad ke-20, sebelum telepon ditemukan, kartu Halloween sepopuler kartu Natal.

12. Stephen Clarke Memegang Rekor Ukiran Labu Tercepat di Dunia

Dia melakukannya dalam waktu kurang dari 24,03 detik, mengalahkan rekor sebelumnya sebesar 54,72 detik. Apakah kamu bisa melakukannya lebih cepat?

13. Ada Alasan Mengapa Hitam dan Oranye Dikaitkan dengan Halloween

Oranye menandakan panen musim gugur, sedangkan hitam adalah simbol kegelapan dan mengingatkan bahwa Halloween dulunya adalah sebuah festival yang menandai batas antara kehidupan dan kematian.

14. Orang-orangan Jerami Melambangkan Akar Pertanian Kuno dari Hari Raya ini

Benar! Petani Yunani menciptakan jerami pertama yang menyerupai manusia untuk melindungi tanaman mereka. Burung-burung gagak (crows) menjadi pelakunya, itulah mengapa nama Scarecrows muncul.

15. Labu Diklasifikasikan Sebagai Buah, Bukan Sayuran

Secara teknis, apa pun yang berasal dari bunga adalah buah.

 

4 dari 6 halaman

16. Halloween Berasal dari Festival Celtic kuno

Asal usul Halloween bermula 2.000 tahun yang lalu dari festival Celtic kuno yang disebut Samhain, yang dirayakan pada 31 Oktober, malam sebelum tahun baru mereka, menurut situs History.com.

Orang-orang Celtic percaya bahwa orang mati kembali ke Bumi malam itu, sehingga mereka menyalakan api unggun dan mengenakan kostum untuk mengusir hantu-hantu.

17. Imigran Irlandia Membawa Halloween ke Amerika Serikat.

Pada pertengahan abad ke-19, banjir imigran Irlandia melarikan diri dari kelaparan kentang ke Amerika Serikat, membawa tradisi Halloween bersama mereka.

18. Jack-o'-lantern Terinspirasi dari Legenda Irlandia.

Menurut situs History.com. nama jack-o'-lantern berakar pada cerita rakyat Irlandia tentang seorang pria bernama Stingy Jack yang menipu setan dan akhirnya dipaksa berkeliling Bumi hanya dengan bara api dalam lobak yang digali untuk menerangi jalannya.

Orang Irlandia mulai menyebutnya "Jack of the Lantern," dan kemudian hanya "Jack o'Lantern."

19. Jack-o'-lantern Terbanyak yang Pernah Dinyalakan Sebanyak 30.581.

Kota Keene di New Hampshire, memegang Rekor Dunia Guinness untuk jumlah jack-o'-lantern yang dinyalakan terbanyak (sebanyak 30.581).

Keene adalah pemegang rekor asli dalam kategori ini dan telah memecahkan rekor delapan kali sejak itu.

5 dari 6 halaman

20. Tradisi Trick-or-treating Telah Ada Sejak Abad Pertengahan

"Trick-or-treating" terinspirasi dari tradisi Inggris abad pertengahan yang disebut "souling," yang melibatkan anak-anak pergi dari pintu ke pintu pada Hari Semua Jiwa, menawarkan doa bagi orang yang telah meninggal sebagai imbalan makanan.

21. "Trick-or-treating" Juga Terinspirasi Dari Tradisi yang Disebut "Mumming"

Pada abad pertengahan, orang mulai mempraktikkan tradisi yang dikenal sebagai "mumming," di mana mereka berpakaian seperti hantu dan setan, dan pergi dari pintu ke pintu memainkan lagu dan pertunjukan dari drama sebagai imbalan atas makanan dan minuman.

Adat ini dipercayai menjadi leluhur "trick-or-treating," menurut Saluran Sejarah.

22. Permen Tidak Diberikan Kepada "Trick-or-treaters" Sampai Tahun 1950-an.

Halloween tidak akan sama tanpa permen. Tetapi ada waktu ketika "trick-or-treaters" tidak menerima permen sama sekali, tetapi sebaliknya menerima potongan kue, buah, kacang, koin, dan mainan kecil, menurut History Channel.

Barulah pada tahun 1950-an, produsen permen mulai mempromosikan produk mereka untuk Halloween, sehingga permen menjadi bahan pokok dalam "trick-or-treating."

Saat ini, seperempat dari semua permen yang dijual di Amerika Serikat setiap tahun dibeli untuk Halloween.

 

6 dari 6 halaman

23. Semua Orang Masih Menyukai Kostum Halloween yang Menakutkan

Tampilan Halloween bisa lucu, atau imut, tetapi menurut Federasi Ritel Nasional, kostum menakutkan masih mendominasi.

Pada tahun 2022, kostum Halloween teratas untuk dewasa adalah:

  • Penyihir
  • Vampir
  • Hantu
  • Bajak laut
  • Kucing/Batman (kostum berperingkat sama)

24. Reese's Cups adalah Permen Manis Favorit Amerika

Tidak ada cara yang salah untuk memakan cokelat Reese's, terutama di Halloween! Menurut CandyStore.com, Reese's Cups adalah permen favorit di AS tahun lalu, diikuti oleh Skittles dan M&Ms.

25. Circus Peanuts adalah Permen yang Paling Tidak Disukai di Amerika.

Circus Peanuts selalu menjadi permen yang kontroversial, tetapi menurut daftar 10 permen Halloween terburuk CandyStore.com, lebih banyak orang membenci daripada mencintainya.

Konsumen memilih Circus Peanuts sebagai permen Halloween terburuk di Amerika pada tahun 2022, menggantikan candy corn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini