Sukses

100 Ribu Orang Padati Jalanan Kota London, Demo Pro Palestina

Sekitar 100.000 orang bergabung dalam aksi demonstrasi pro-Palestina di pusat kota London pada Sabtu (21 Oktober).

Liputan6.com, London - Sekitar 100.000 orang bergabung dalam aksi demonstrasi pro-Palestina di pusat kota London pada Sabtu (21 Oktober).

Para pengunjuk rasa memenuhi jalanan ibu kota Inggris untuk menuntut gencatan senjata segera di Gaza setelah serangan Hamas terhadap Israel dua minggu lalu, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (22/10/2023).

Sambil meneriakkan "Bebaskan Palestina", memegang spanduk dan mengibarkan bendera Palestina, para pengunjuk rasa bergerak melalui London sebelum berkumpul di Downing Street, kediaman resmi dan kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Polisi memperkirakan 100.000 orang ikut serta dalam demonstrasi yang diberi nama "Pawai Nasional untuk Palestina", yang diselenggarakan oleh Kampanye Solidaritas Palestina.

“Sebagai warga Palestina yang ingin kembali ke kampung halamannya suatu hari nanti dan sebagai warga Palestina yang memiliki saudara laki-laki serta perempuan di Gaza, saya berharap kita bisa berbuat lebih banyak, namun protes adalah hal yang bisa kita lakukan saat ini,” kata seorang wanita, yang menolak menyebutkan namanya, kepada Reuters.

Banyak dari nyanyian dan spanduk berisi slogan-slogan anti-Israel dan seorang pengunjuk rasa memegang spanduk bergambar Sunak, Presiden AS Joe Biden, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan pesan "Dicari karena Kejahatan Perang".

Polisi telah memperingatkan sebelum pawai bahwa siapa pun yang menunjukkan dukungan untuk Hamas, yang dilarang sebagai organisasi teroris di Inggris, akan ditangkap, dan setiap insiden kejahatan rasial tidak akan ditoleransi.

Protes tersebut tampak damai dan tidak ada laporan mengenai adanya penangkapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Israel Bombardir Masjid di Tepi Barat Palestina

Israel memborbardir sebuah masjid di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang telah mereka duduki, dan petugas medis Palestina melaporkan setidaknya satu orang tewas.

Militer Israel mengatakan, serangan terhadap Masjid Al-Ansar pada Minggu (22/10) pagi menewaskan beberapa anggota Hamas yang diklaim telah menggunakan bangunan itu sebagai pusat komando untuk merencanakan serangan.

Para pejabat militer Israel mengatakan, mereka yang tewas mengorganisir serangan dan telah terlibat dalam beberapa serangan dalam beberapa bulan terakhir, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (22/10/2023).

Rekaman di media sosial menunjukkan kerusakan parah pada bagian luar masjid dan petugas medis bergegas ke tempat kejadian.

Ada laporan penyebab yang saling bertentangan.

Mahmoud Al-Saadi, direktur Bulan Sabit Merah di Jenin, mengatakan satu orang tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan itu, kantor berita Palestina Wafa melaporkan.

Petugas medis Palestina sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa serangan itu telah menewaskan dua orang dan melukai beberapa lainnya.

Sara Khairat Saud dari Al Jazeera, yang berada di Tepi Barat yang diduduki, mengatakan bahwa serangan itu mengejutkan warga karena relatif tidak biasa bagi Israel untuk melakukan serangan udara di wilayah Palestina.

“Saksi mata berbicara dan mengatakan mereka melihat jet tempur F di langit, mereka mendengarnya dan kemudian tentara Israel keluar untuk memastikan bahwa itu adalah serangan udara,” kata Khairat langsung dari Ramallah.

 

3 dari 3 halaman

Serangan Israel di Malam Hari

Setelah upaya pemogokan, beberapa warga menerima pesan teks di telepon mereka yang memperingatkan mereka agar tidak berkolaborasi dengan Brigade Jenin, salah satu kelompok terbesar dan terpopuler di Tepi Barat. Pesan-pesan itu juga mengatakan agar anak-anak tetap di dalam.

Serangan itu terjadi ketika Israel terus membombardir Gaza pada malam hari, setelah para pejabat militer berjanji untuk meningkatkan serangan udara di daerah kantong tersebut untuk meminimalkan risiko bagi pasukan Israel menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan.

Setidaknya 11 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan, media Palestina melaporkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.