Sukses

12 Cara Menghadapi Orang dengan Kepribadian Emosional

Kepribadian emosional adalah salah satu aspek yang kompleks dalam interaksi sosial. Intip cara untuk menghadapi orang berkepribadian emosional.

Liputan6.com, Jakarta - Kepribadian emosional adalah salah satu aspek yang kompleks dalam interaksi sosial. Saat Anda berurusan dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan emosional yang kuat, kemampuan untuk menghadapinya menjadi sangat penting.

Seringkali dalam menjalani kehidupan, Anda sudah pernah menghadapi situasi di mana seseorang di sekitar kita sedang mengalami emosi yang intens, seperti marah, cemas, atau sedih. Reaksi terhadap situasi tersebut mungkin beragam, bisa mencakup perasaan frustrasi atau kesulitan untuk merasakan dan memahami apa yang dirasakan oleh orang tersebut.

Namun, yang perlu selalu diingat adalah bahwa memiliki perasaan dan reaksi emosional adalah bagian yang sangat manusiawi, dan mungkin Anda sendiri pernah mengalami situasi serupa.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan panduan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan emosional yang kuat. Mulai dari bertanya tentang perasaan mereka hingga menunjukkan empati, Anda akan menemukan cara-cara yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi situasi semacam itu.

Berikut ini adalah cara efektif untuk menghadapi orang dengan kepribadian emosional, merangkum dari Elite Daily, Sabtu (21/10/2023):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Berkata Bahwa Mereka Terlalu Emosional

Ada kemungkinan besar bahwa mereka menyadari hal tersebut. Sejak mereka masih balita, mereka sudah menunjukkan kecenderungan emosional yang kuat, bahkan hingga menjatuhkan camilan lezat ke tanah pada usia 3 tahun. Semua ini telah membentuk cara mereka merasakan dunia di sekelilingnya.

Menggambarkan mereka sebagai terlalu emosional bukanlah hal yang baru, dan hal ini tidak akan mengubah keadaan apa pun.

2. Tanyakan Apa yang Mereka Rasakan

Tentu saja, mereka memiliki emosional yang kuat, namun ada alasan di balik emosinya tersebut. Cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya dirasakan oleh mereka.

Saat mereka berbicara kepada Anda tentang perasaan mereka, hal itu bisa membantu mereka merenungkan situasinya, yang mungkin juga membantu mereka merasa sedikit lebih tenang.

3. Jangan Berkata Anda Memahami Perasaan Mereka, Jika Anda Tidak Benar-benar Memahaminya

<p>Ilustrasi curhat, ngobrol dengan teman. (Image by Freepik)</p>

Tidak masalah jika Anda tidak memahami atau merasa bahwa emosinya sulit dipahami. Setiap orang merasakan hal-hal dengan cara yang berbeda.

Jika Anda berpura-pura mengerti perasaannya, padahal sebenarnya tidak, dia mungkin akan berpikir Anda hanya mencoba menghindari masalahnya secepat mungkin agar tidak perlu menghadapinya lagi. Tidak ada yang ingin merasa bahwa emosinya diabaikan atau bahwa masalah yang dihadapinya dianggap tidak penting.

4. Katakanlah Bahwa Anda Ingin Memahami Perasaan Mereka

Mereka mungkin mengungkapkan bahwa Anda belum sepenuhnya memahami mereka, tetapi jika Anda minimal mengakui hal tersebut dan menunjukkan keterbukaan untuk belajar lebih banyak, mereka akan lebih merasa nyaman membuka diri kepada Anda.

3 dari 6 halaman

5. Jangan Marah

Walaupun terkadang mereka menangis tanpa alasan yang jelas dan itu bisa membuat Anda merasa frustrasi, usahakan untuk tetap tenang. Merasa frustrasi adalah hal yang wajar, namun cobalah untuk tidak menunjukkan kekesalan Anda.

Menunjukkan kemarahan hanya akan meningkatkan emosi mereka dan membuat situasinya semakin rumit.

Coba bayangkan bagaimana mereka merasa karena tidak dapat mengontrol emosinya. Anda tidak perlu memendam kemarahan, karena sebenarnya mereka sudah cukup marah pada diri sendiri.

6. Katakan pada Mereka Bahwa Tidak Apa-apa

Meskipun terlihat seperti pernyataan sederhana, orang yang memiliki kepribadian emosional sering kali menyadari bahwa emosi mereka mungkin tidak selalu positif. Terlalu banyak emosi sering dianggap buruk, sehingga mereka merasa marah pada diri sendiri ketika tidak bisa memenuhi standar yang salah ini.

Memberikan mereka pengertian dan meyakinkan bahwa tidak apa-apa tidak akan mengubah situasi mereka secara ajaib, tapi ini penting.

Awalnya, mungkin mereka merasa Anda tidak benar-benar memahami, namun mendengar kata-kata "tidak apa-apa" dan memahami bahwa tidak ada yang salah dengan perasaan mereka bisa membuat mereka merasa lebih tenang, meski mereka mungkin tidak menyadarinya.

Kita semua kadang-kadang membutuhkan pengakuan bahwa perasaan kita valid.

4 dari 6 halaman

7. Jangan Mencoba Melawan Emosi dengan Logika

Secara rasional, memang benar, mereka mungkin terlihat tidak masuk akal. Mungkin Anda memiliki solusi yang masuk akal untuk masalah yang membuat mereka merasa emosional.

Namun, ketika Anda berusaha menyelesaikan semuanya dengan pendekatan logis yang brilian ini, Anda justru membuat situasinya semakin rumit.

Ketika sedang dalam keadaan emosional, mereka tidak selalu menggunakan logika. Emosi tidak selalu mengikuti jalur yang masuk akal. Lebih dari itu, mereka mungkin tidak menginginkan Anda memperbaiki masalah mereka. Sebaliknya, mereka hanya menginginkan Anda untuk mendengarkan.

8. Akui Bahwa Anda Mungkin Tak Bisa Membantu

Meskipun Anda mungkin merasa Anda memiliki kemampuan untuk membantu, cukup katakan bahwa Anda tidak dapat melakukannya. Anda bisa mengakui bahwa Anda tahu Anda tidak bisa secara instan memperbaiki situasinya, tetapi Anda ada di sana untuk mendengarkan dan bahwa masalah ini tetap menjadi prioritas. Sejujurnya, mungkin inilah yang mereka perlukan saat ini.

5 dari 6 halaman

9. Jangan Katakan Bahwa Itu Bukan Masalah Besar

Meskipun mungkin tidak terlihat penting bagi Anda, namun bagi mereka, itu adalah hal yang besar. Saat itu, masalah tersebut memiliki arti seratus persen. Meski mungkin dalam sepuluh menit ke depan situasinya berubah, pada saat itu, hal itu memiliki signifikansi dan penting bagi mereka.

Ketika Anda menyatakan bahwa keterlambatan tiga menit ke kantor bukanlah masalah besar, itu tidak berarti hal tersebut tidak signifikan bagi orang lain. Persepsi mereka tentang situasi tersebut mungkin sangat berbeda.

10. Periksa Kembali Keadaan Mereka Untuk Melihat Apakah Itu Masih Menjadi Masalah Bagi Mereka

Tindakan Anda yang menunjukkan perhatian dengan bertanya tentang kesulitan emosional mereka, meskipun mungkin terlihat sepele, memiliki makna yang mendalam.

Dengan mendengarkan dan menunjukkan perhatian Anda, Anda mungkin membantu mereka menyadari bahwa mungkin sikap mereka terlihat tidak masuk akal tanpa Anda harus mengatakannya secara langsung. Kesadaran diri selalu lebih bermakna ketika datang dari diri mereka sendiri, daripada Anda harus menyampaikannya.

6 dari 6 halaman

11. Jangan Merendahkan Mereka

Hanya karena seseorang mengekspresikan emosi dengan kuat, itu tidak berarti bahwa mereka belum dewasa.

Merendahkan diri mereka hanya akan meningkatkan kemarahan mereka dan mungkin membuat mereka menjauhi Anda. Penting untuk memperlakukan mereka dengan hormat, sama seperti Anda ingin diperlakukan jika Anda sendiri merasa kesal atas sesuatu.

12. Tunjukkan Sedikit Emosi

Sampaikan pada mereka bahwa ekspresi emosi mereka adalah hal yang wajar, dan mereka tidak perlu merasa konyol atau seperti anak-anak. Meskipun Anda mungkin memiliki tingkat emosi yang lebih tenang atau cenderung bersikap lebih rasional dalam interaksi sosial, coba tetap terbuka.

Tunjukkan bahwa Anda juga memiliki sisi emosional meskipun mungkin tidak sebesar seperti yang mereka miliki. Jika Anda bisa menunjukkan sedikit pun perasaan, meskipun hanya sebesar sendok teh, mereka akan menghargainya.

Dengan begitu, mereka akan merasa lebih diberdayakan dan merasa bahwa emosinya bukan sesuatu yang aneh atau berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.