Sukses

Korsel Pamer Rudal hingga Tank di Parade Militer Pertama Dalam 1 Dekade

Korea Selatan menampilkan rudal, drone, dan tank dalam parade militer yang langka.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan memamerkan persenjataan canggihnya dalam parade militer pada Selasa 26 September 2023 waktu setempat, memamerkan tank dan rudal di jalan-jalan ibu kotanya yang diguyur hujan pada parade militer pertama dalam satu dekade.

Parade militer tersebut, yang diadakan untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata ke-75 yang memperingati berdirinya angkatan bersenjata negara tersebut, digelar dengan latar belakang meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Seiring dengan semakin dekatnya Korea Selatan dengan Amerika Serikat dan Jepang dalam menghadapi ancaman yang semakin meningkat dari program senjata Korea Utara.

Acara tersebut dimulai pada pagi hari dengan upacara dan pertunjukan di Seoul Air Base (Pangkalan Udara Seoul), di mana Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menyampaikan pidato yang memperingatkan Pyongyang agar tidak menggunakan senjata nuklir.

"Jika Korea Utara menggunakan senjata nuklir, rezimnya akan berakhir karena respons yang luar biasa dari aliansi (Seoul-Washington),” kata Yoon, berbicara di tengah hujan.

Parade militer – yang pertama di Korea Selatan sejak tahun 2013 – dilanjutkan pada sore hari, dengan pasukan dan peralatan militer melintasi jantung kota Seoul, melewati balai kota dan Lapangan Gwanghwamun yang bersejarah. Jalanan dipenuhi penonton, banyak yang memakai ponco plastik dan memegang payung di tengah hujan.

Pada hari Selasa, Duta Besar Korea Utara untuk PBB Kim Song mengklaim bahwa Pyongyang "sangat perlu untuk lebih mempercepat peningkatan kemampuan pertahanan diri," dan mengatakan bahwa Semenanjung Korea sedang bergerak "mendekati ambang perang nuklir."

Berbicara di New York pada Majelis Umum PBB, Dubes Kim menuduh AS menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia, khususnya di Semenanjung Korea.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Drone, Tank, hingga Pengangkut Personel Berlapis Baja

Beberapa ribu tentara Korea Selatan dan lebih dari 300 tentara AS berbaris selama acara tersebut, menurut Kementerian Pertahanan Nasional Korsel.

Pertunjukan lainnya antara lain band militer, pembawa bendera, dan maskot dari masing-masing unit militer.

Dalam parade militer perdana pada kurun waktu satu dekade, yang dipamerkan adalah berbagai peralatan buatan dalam negeri termasuk drone, tank, dan pengangkut personel berlapis baja. Tentara di dalam kendaraan melambai ke arah kerumunan saat mereka lewat; beberapa kapal induk memasang bendera Korea Selatan di bagian luarnya.

Peter Layton, peneliti tamu di Griffith Asia Institute di Griffith University, mengatakan meskipun parade tersebut berfungsi untuk mengirimkan "pesan kepada audiens eksternal," termasuk mitra seperti Amerika Serikat dan kekuatan regional seperti Korea Utara dan Tiongkok, acara tersebut "sebenarnya tentang faktor domestik."

Parade dan kehadiran Yoon "membantu menggambarkan Korea (Selatan) kepada masyarakat Korea bahwa negara tersebut kini menjadi kekuatan penting di panggung dunia, kekuatan global yang sangat penting sebagaimana presiden saat ini menyebutnya," kata Peter.

Hal ini juga meningkatkan persepsi masyarakat terhadap industri pertahanan Korea Selatan, yang "mencapai keberhasilan ekspor yang luar biasa" sementara sektor ekonomi lainnya mengalami penurunan, tambah Peter.

 

3 dari 4 halaman

Upaya Jadikan Korea Selatan Salah Satu dari Empat Eksportir Senjata Terbesar Dunia

Presiden Yoon Suk Yeol sebelumnya telah menyatakan tujuannya untuk menjadikan Korea Selatan salah satu dari empat eksportir senjata terbesar dunia, setelah AS, Rusia, dan Prancis. Meskipun peringkatnya masih terpaut beberapa peringkat, industri ini telah berkembang pesat, dengan ekspor pertahanan senilai $7 miliar pada tahun 2021, menurut Bank Ekspor-Impor Korea.

Peneliti Peter Layton menambahkan bahwa parade ini juga menggarisbawahi aliansi abadi Korea Selatan dengan AS – dengan semakin dekatnya hubungan kedua negara, begitu pula dengan Jepang, seiring Korea Utara meningkatkan uji coba senjatanya.

Intelijen internasional juga telah menyatakan sejak tahun lalu bahwa Pyongyang mungkin bersiap untuk melanjutkan uji coba nuklir, dengan citra satelit menunjukkan aktivitas di lokasi uji coba nuklir bawah tanahnya.

 

4 dari 4 halaman

Komitmen Korea Selatan - AS

Pada bulan April tahun ini, Yoon dan Presiden AS Joe Biden mengumumkan perjanjian penting baru yang bertujuan untuk mencegah agresi Korea Utara, termasuk komitmen baru AS untuk mengerahkan kapal selam bersenjata nuklir di Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak awal 1980-an.

Yoon, Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga mengadakan pertemuan puncak bersejarah pada bulan Agustus, mengumumkan latihan militer baru dan hotline untuk komunikasi krisis.

Ini menandai pertama kalinya Biden menjamu para pemimpin asing di retret Camp David di Maryland, sebuah tempat perundingan diplomatik bersejarah bagi presiden-presiden sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini