Sukses

Polisi Florida AS Kaget, Setop Mobil di Jalan Raya Ternyata Sopirnya Bocah 10 Tahun

Polisi di Florida AS terkejut bukan main ketika mengetahui pengemudi atau sopir yang mereka setop di jalan raya utama ternyata adalah seorang anak laki-laki berusia 10 tahun.

Liputan6.com, Florida - Polisi di Florida AS terkejut bukan main ketika mengetahui pengemudi atau sopir yang mereka setop di jalan raya utama ternyata adalah seorang anak laki-laki berusia 10 tahun.

Bocah laki-laki tersebut dan saudara perempuannya yang berusia 11 tahun diberhentikan di Alachua, ratusan mil dari tempat mereka dilaporkan hilang oleh ibu mereka pada awal pekan.

Polisi mengatakan pasangan tersebut melakukan pelarian setelah sang ibu menyita gadget elektronik mereka.

"Yang sangat mengejutkan, para deputi melihat seorang pengemudi laki-laki berusia 10 tahun keluar bersama saudara perempuannya," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Senin (25/9/2023).

Kantor Sheriff Alachua County menggambarkan penghentian lalu lintas sebagai "berisiko tinggi" dan terjadi pada larut malam - 03:50 waktu setempat (07:50 GMT) pada Kamis 21 September 2023.

Mobil Sedan putih yang ditumpangi sepasang bocah tersebut itu dilaporkan hilang oleh ibu mereka di North Port, Florida, sebuah kota yang berjarak lebih dari 200 mil (320 km) dari Alachua.

Petugas mengetahui bahwa "kedua anak tersebut kesal terhadap ibu mereka karena dia mengambil perangkat elektronik mereka, yang diyakini dilakukan karena mereka tidak menggunakannya dengan benar", kata kantor sheriff.

Polisi menambahkan, tidak ada alasan untuk percaya bahwa mereka dianiaya di rumah.

Ibu dari anak-anak tersebut berkendara selama tiga jam ke utara menuju Alachua untuk menjemput anak-anaknya.

"Detektif kami berbicara panjang lebar dengan ibu mereka yang jelas-jelas melakukan yang terbaik untuk membesarkan dua anak kecil, dan dia sangat menerima rekomendasi yang mereka berikan dalam membantunya mendapatkan bantuan," kata polisi.

Usia sah untuk mendapatkan izin tahap pertama belajar mengemudi di Florida, AS adalah 15 tahun, sedangkan pengemudi harus berusia 18 tahun untuk mengajukan izin penuh mengemudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocah 10 Tahun Tertangkap Kamera Mengemudi

Bocah 10 tahun mengemudi juga pernah dilaporkan terjadi di China. Hal itu tepergok oleh seorang pengguna jalan raya di yang tercengang melihat sebuah kendaraan lain di jalan raya yang dikemudikan oleh seorang anak. Di samping anak itu, tampak seorang dewasa sibuk bermain dengan gawainya. Pengemudi itu kemudian merekam kejadian itu.

Mengutip keterangan video dari Newsflare.com, Selasa (5/01/2016), disebutkan bahwa kejadian ini berlangsung di kota Chengdu di provinsi Sichuan pada Kamis lalu, 24 Desember 2015. 

 Kecepatan kendaraan yang dikemudian anak itu kira-kira mencapai 30 kilometer per jam. Pria dewasa di sampingnya seakan tidak peduli dengan keadaan saat itu.

Penelusuran lebih lanjut melalui news.qq.com, menyebutkan bahwa anak itu diduga masih berusia 10 tahun. Seorang warga bernama Han merekam kejadian itu ketika berada di persimpangan jalan Pei Feng dan jalan Wu Qing.

Kendaraan yang dikendarai oleh anak kecil itu bertuliskan nama sebuah kursus mengemudi, lengkap dengan nomor telepon di kota Sichuan.

Warga tersebut mengutarakan bahayanya seorang anak berusia 10 tahun mengemudikan mobil di tengah jalan, katanya, “Anak yang memegang kemudi itu hanya sedikit lebih tinggi dari kemudinya dan penglihatannya terbatas. Dalam keadaan darurat, akibatnya bisa parah.”

Polisi kemudian melakukan penyelidikan lanjutan atas kejadian tersebut.

3 dari 4 halaman

Nekat, Bocah 12 Tahun Nyetir Mobil Lintasi Pantai Timur Australia

Kasus lainnya, bocah 12 tahun ditangkap di Broken Hill, New South Wales (NSW) saat hendak mengemudi dari Kendall, Porth Macquarie, New South Wales di pantai timur Australia, untuk menuju Perth, pantai barat Australia. Ia ditangkap setelah menyelesaikan sepertiga dari total perjalanan panjangnya untuk melintas Negeri Kanguru Tersebut.

Petugas Jalan Raya Broken Hill, NSW, menghentikan mobil yang dikemudikan oleh si bocah di Barrier Highway pada pukul 11.00 , Sabtu, 22 April 2017, waktu setempat. Kendaraan itu dihentikan setelah polisi melihat sejumlah kecacatan pada badan mobil yang membahayakan jalan saat melintas. Demikian seperti dikutip dari HuffingtonPost, Senin (24/4/2017). 

Pada sebuah konferensi pers, Kepolisian NSW mengatakan bahwa pengemudi kendaraan merupakan bocah 12 tahun yang hendak bepergian dari pantai timur Australia, ke Perth, di pantai barat Negeri Kanguru.

Saat ini, bocah nekat itu telah ditahan di kantor kepolisian NSW. Proses penyelidikan tengah berlangsung dan polisi tidak dapat membeberkan lebih banyak informasi karena status pengemudi yang masih anak-anak.

Penangkapan tersebut dilakukan pada hari kedua 'Operation Go Slow'. Sebuah operasi razia lalu-lintas yang diselenggarakan oleh Kepolisian NSW untuk menekan angka pelanggaran lalu-lintas yang disebabkan oleh penggunaan telepon genggam saat mengemudi, pengemudi yang terpengaruh zat alkohol dan narkotika, mengemudi di bawah rasa kantuk, serta sopir dan penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengamanan.

Lebih dari 83.000 pengemudi diperiksa, dan 88 di antaranya ditahan karena dugaan menyetir sambil mabuk.

"Mereka yang di belakang kemudi-lah yang mampu menjaga diri mereka sendiri di jalan," tutup Asisten Komisioner Michael Corboy dari Patroli Lalu-Lintas dan Jalan Raya, NSW.

 

4 dari 4 halaman

Balita 3 Tahun Viral Gara-Gara Mengendarai Supercar

Berbeda dengan tiga kasus di atas, bocah ini jadi sorotan karena di usianya yang baru menginjak tiga tahun, balita asal Turki ini bisa mengemudikan dengan baik mobil jenis supercar.

Porsche, Ferrari, McLaren, Lamborghini adalah beberapa contoh dari mobil supercar yang seringkali terdengar. Bisa dibilang mobil paling unggul dan berperforma tinggi, supercar menjadi impian banyak orang dari seluruh kalangan.

Akan tetapi penawaran harga yang tinggi membuat mobil ini semakin eksklusif dan sulit digapai.

Dilansir dari Oddity Central, Kamis (23/2/2023), keahlian Zayn Sofuoğlu  mengemudikan supercar bahkan sempat membuat orang garuk-garuk kepala. Mengesankan! Kemudian ia jadi viral.

Supercar mempunyai banyak keunggulan, seperti model desain yang modern, rendah, dan pipih. Soal performa tidak perlu diragukan lagi, karena mesinnya bertenaga 500 sampai dengan 800 hp.

Walaupun mobil supercar ini berkualitas tinggi dan merupakan salah satu tipe mobil paling mahal di dunia, terkadang mobil ini bisa sedikit sulit untuk ditangani pengemudi. Berbeda dengan mobil yang dipakai sehari-hari, mobil ini lebih cocok untuk orang yang sudah mahir menyetir.

Dengan tinggi badan Zayn yang hampir tidak bisa mencapai pedal mobil, dan bahkan kesulitan untuk melihat di atas setir, dia masih dapat mengemudi lebih daik daripada kebanyakan orang.

Keahlian bocah itu ternyata berkat lingkungan yang mendukung. Putra bungsu dari pembalap motor Turki Kenan Sofuoğlu, Zayn menghabiskan sebagian besar masa pertumbuhannya di sekitar kendaraan motor dan supercar yang tangguh dan canggih. Dia mungkin mempunyai pengalaman yang lebih banyak dengan kendaraan tersebut dibandingkan orang dewasa lain pada umumnya.

Menjelang Zayn umur 2 tahun, sang ayah sudah memegang rekor lima gelar juara Dunia Supersport dan seringkali mengunggah video dirinya mengendarai kendaraan tersebut. Semenjak itu, balita tersebut rajin mengasah kemampuannya.

Dan kini, Zayn mampu bermanuver dan memarkir berbagai supercar meski ia kesulitan melihat melalui kaca depan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini