Sukses

Pakar Kecantikan Jadi Tersangka Mata-Mata Rusia di Inggris

Pakar kecantikan Vanya Gaberova terjerat hukum di Inggris karena dituduh sebagai mata-mata Rusia.

Liputan6.com, London - Seorang pakar kecantikan menjadi salah satu tersangka kasus mata-mata Rusia di Inggris. Wanita bernama Vanya Gaberova itu terjerat kasus bersama empat orang lainnya.

Vanya Gaberova (29) merupakan pakar kecantikan dan pernah juga menjadi juri di kompetisi bulu mata.

Dilaporkan BBC, Jumat (22/9/2023), lima tersangka itu merupakan warga Bulgaria. Mereka dituduh mengumpulkan informasi yang berguna bagi musuh Inggris. Tindakan mereka diduga dilakukan antara Agustus 2020 hingga Februari 2023.

Identitas kelima orang itu adalah Orlin Roussev, Bizer Dzhambazov, Katrin Ivanova, Ivan Stoyanov, dan Vanya Gaberova. Mereka semua akan datang ke Magistrat Westminster pada Selasa mendatang.

Mereka berlima diduga bekerja dalam sel operasional untuk layanan keamanan Rusia. Salah satu tugas mereka adalah melakukan surveilans kepada target.

Properti-properti milik Roussev (45), Dzhambazov (41), dan Ivanova (31) di London dan Norfolk telah digeledah aparat. Dokumen yang diduga paspor palsu hingga resmi ditemukan.

Roussev diduga memalsukan dokumen-dokumen palsu. Ia juga  diduga sebagai link antara pihak yang menginginkan informasi dari Inggris.

Dalam pekerjaannya, Roussev disebut pernah punya urusan bisnis dengan Rusia. Ia pindah ke UK pada 2009 dan bekerja tiga tahun di sektor keuangan.

Profil LinkedIn Roussev menunjukkan bahwa ia memiliki bisnis yang menjurus ke ranah intelijen, yakni terkait intersepsi komunikasi dan sinyal elektronik.

Sementara, Bizer Dzhambazov disebut sebagai supir rumah sakit. Katrin Ivanova menulis di LinkedIn bahwa ia adalah asisten lab untuk bisnis kesehatan swasta. Keduanya pindah ke UK sekitar satu dekade lalu.

Dokumen dari pemerintah Bulgaria menyebut bahwa keduanya juga bekerja di bidang pemilu di London untuk membantu voting pemilu Bulgaria yang ada di luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diam-Diam Rakyat Rusia Membantu Korban Perang Ukraina

Tidak semua warga Rusia mendukung kebijakan Vladimir Putin untuk menyerang Ukraina. Terbukti, ada warga Ukraina yang diam-diam memberikan bantuan. 

Dilansir VOA Indonesia, Kamis (21/9), salah satu orang Rusia yang menggalang dana untuk Ukraina adalah Galina Artyomenko dari St. Petersburg. Ia menggalang dana untuk membantu para pengungsi dari Ukraina setelah Kremlin mengirim pasukan tentara ke negara pro-Barat itu.

Namun pada Juli lalu, ia mendapati bahwa salah satu kartu banknya, serta kartu bank milik dua relawan lainnya telah diblokir.

“Menurut bank tersebut, tujuan penggalangan dana yang kami lakukan ‘dipertanyakan’,” ujar perempuan berusia 58 tahun itu. Ia pun menegaskan bahwa ia dapat menjustifikasi setiap lembaran rubel yang digunakannya.

Setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukan ke Ukraina tahun lalu, pihak berwenang Rusia memberlakukan tindakan tegas bagi mereka yang berbeda pendapat. Warga yang mengkritik serangan negara itu ke Ukraina akan menghadapi hukuman penjara yang lama.

Sama halnya dengan sukarelawan lainnya yang membantu pengungsi Ukraina, Artyomenko berhati-hati untuk tidak mengutarakan pendapatnya mengenai konflik yang tengah berlangsung itu, karena operasi kemanusiaan pun bisa dicurigai di Rusia.

3 dari 4 halaman

Tak Gentar Menolong

Terlepas dari kendala tersebut, Artyomenko tetap mengumpulkan sumbangan secara daring dan menggunakan uangnya untuk membeli pakaian, obat-obatan, dan makanan bagi orang-orang yang terpaksa mengungsi ke Rusia atau wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina.

Ia secara rutin menyambut warga Ukraina yang tiba dengan kereta api di Saint Petersburg, lalu membantu mereka mendapatkan akomodasi, bekerja, atau mengatur perjalanan selanjutnya dari Rusia ke Uni Eropa. 

“Faktanya, ribuan orang membantu (warga Ukraina yang terpaksa mengungsi ke Rusia). Namun, karena khawatir akan keamanan mereka sendiri dan keselamatan orang yang mereka bantu, mereka tidak membicarakannya. Tidak ada undang-undang (di Rusia) yang melarang Anda membantu orang yang tertimpa musibah. Tidak ada undang-undang yang (membolehkan Anda) melanggar firman Tuhan untuk 'jangan membunuh’. Tidak ada undang-undang yang melarang Anda memberikan bantuan kepada mereka yang ditinggal sendirian,” ungkap Artyomenko.

Banyak sukarelawan menolak untuk bicara soal serangan Rusia ke Ukraina maupun bantuan mereka kepada pengungsi. Mereka takut hal itu akan mengundang perhatian pihak berwenang, yang rutin menangkap orang-orang yang dituduh bekerja sama dengan Ukraina atau “mendiskreditkan” tentara Rusia. 

Lyudmila (43 tahun) yang tidak ingin disebutkan nama belakangnya, mengatakan para sukarelawan tersebut adalah “pasifis”, alias mereka yang menentang adanya perang atau kekerasan. Mereka tidak dapat secara terbuka mengungkapkan posisi mereka dalam isu itu, dan mereka memilih untuk membantu para korban perang demi menenangkan hati.

“Kami tidak bisa berpangku tangan. Kami harus membantu mereka yang menderita dan kondisinya lebih buruk dari kami,” kata Lyudmila.

Artyomenko juga menambahkan, “Ini adalah satu-satunya cara yang tersisa bagi kami agar tetap selamat. Hanya ini yang masih bisa kami lakukan.”

4 dari 4 halaman

Jaringan Solidaritas

Jaringan-jaringan solidaritas yang membantu pengungsi, seperti yang melibatkan Artyomenko, telah beroperasi di Rusia sejak dimulainya perang negara itu dengan Ukraina pada tahun 2022. 

Baru-baru ini, Artyomenko membeli dan mengantarkan beberapa produk rumah tangga ke gudang bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Ukraina. Sepatu, pakaian, produk makanan, dan perlengkapan rumah tangga lainnya terlihat tersimpan di rak kayu di tempat penampungan yang dikunjungi hingga sepuluh keluarga setiap harinya itu.

Artyomenko juga membeli kacamata untuk seorang perempuan dari kota Bakhmut, Ukraina timur, yang direbut Rusia pada musim semi lalu.

Mayak.fund adalah salah satu badan amal yang paling terkenal di Moskow. Badan itu menampung hingga 50 orang setiap harinya, menurut salah satu relawan, Yulia Makeyeva.

Makeyeva, bersama anak-anaknya yang masih berusia tujuh dan tiga tahun, meninggalkan kota Kupyansk di timur laut Ukraina hampir setahun yang lalu. Makeyeva mengungkapkan rasa pilunya saat melihat penderitaan para pengungsi. Saat wartawan kantor berita AFP mengunjunginya, ia mulai terisak ketika menceritakan kisah bagaimana para pengungsi bertahan hidup saat Ukraina diserang.

“Ketika kami berbicara dengan para pengungsi dan mendengar cerita mereka, hal tersulit bagi saya adalah menjaga diri agar tidak emosional, karena jika tidak, saya tidak akan bisa bekerja, bahkan tidak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya akan duduk dan menangis,” ujarnya.

Kupyansk dan daerah sekitarnya di wilayah Kharkiv direbut kembali oleh Ukraina pada bulan September lalu, setelah enam bulan berada di tangan Rusia. Namun, Rusia kini mulai melakukan perlawanan.

“Saya hanya ingin perdamaian,” kata Makeyeva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.