Sukses

Dulu Mesra Kini Polandia dan Ukraina Pecah Kongsi, Apa Penyebabnya?

Polandia telah mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan lagi memasok senjata ke Ukraina karena perselisihan diplomatik.

Liputan6.com, Jakarta - Polandia telah mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan lagi memasok senjata ke Ukraina karena perselisihan diplomatik mengenai produksi biji-bijian.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan, pihaknya akan fokus pada mempersenjatai diri dengan senjata yang lebih modern.

Langkah ini dilakukan ketika ketegangan antara kedua negara meningkat, dikutip dari laman BBC, Kamis (21/9/2023).

Pada Selasa (19/9/2023) Polandia memanggil Duta Besar Ukraina atas komentar yang dibuat oleh Presiden Volodymyr Zelensky di PBB.

Dia mengatakan, beberapa negara telah berpura-pura melakukan solidaritas dengan Ukraina.

Kemudian hal ini dikecam Warsawa sebagai hal yang "tidak dapat dibenarkan sehubungan dengan Polandia, yang telah mendukung Ukraina sejak hari-hari pertama perang".

Mateusz Morawiecki mengumumkan keputusan untuk tidak lagi memasok senjata ke Ukraina dalam pidato yang disiarkan televisi pada Rabu (20/9) setelah seharian ketegangan meningkat dengan cepat antara kedua negara mengenai impor gandum.

“Kami tidak lagi mentransfer senjata ke Ukraina, karena kami kini mempersenjatai Polandia dengan senjata yang lebih modern,” kata Morawiecki.

Sengketa gandum dimulai setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina yang menutup jalur pelayaran utama Laut Hitam dan memaksa Ukraina mencari rute darat alternatif.

Hal ini pada gilirannya menyebabkan sejumlah besar biji-bijian berakhir di Eropa tengah.

Akibatnya, Uni Eropa untuk sementara waktu melarang impor gandum ke lima negara; Bulgaria, Hungaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia akan melindungi petani lokal, yang khawatir gandum Ukraina akan menurunkan harga di dalam negeri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Larangan Berakhir pada 15 September 2023

Larangan tersebut berakhir pada 15 September dan UE memilih untuk tidak memperbaruinya, namun Hungaria, Slovakia, dan Polandia memutuskan untuk terus menerapkannya.

Komisi Eropa telah berulang kali menyatakan bahwa kebijakan perdagangan untuk blok tersebut tidak bergantung pada masing-masing anggota UE.

Awal pekan ini, Ukraina mengajukan tuntutan hukum ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terhadap negara-negara tersebut atas larangan tersebut, yang menurut mereka merupakan pelanggaran terhadap kewajiban internasional.

Menteri Ekonomi Ukraina Yulia Svyrydenko mengatakan bahwa "sangat penting bagi kami untuk membuktikan bahwa masing-masing negara anggota tidak dapat melarang impor barang-barang Ukraina".

Namun Polandia mengatakan, mereka akan tetap menerapkan larangan tersebut, dan "keluhan di hadapan WTO tidak membuat kami terkesan".

Morawiecki mengatakan, mereka akan meningkatkan jumlah produk terlarang dari Kyiv jika Ukraina meningkatkan perselisihan gandum.

 

3 dari 3 halaman

Ukraina Minta Polandia Kesampingkan Emosi

Kementerian Luar Negeri Polandia menambahkan bahwa “menekan Polandia di forum multilateral atau mengirimkan pengaduan ke pengadilan internasional bukanlah metode yang tepat untuk menyelesaikan perbedaan di antara negara kita”.

Meski ada larangan, ketiga negara tersebut mengatakan mereka masih mengizinkan pengiriman biji-bijian melalui negara tersebut ke pasar lain.

Kyiv menyerukan Polandia untuk “mengesampingkan emosi” setelah duta besar mereka dipanggil dan sebaliknya menyarankan agar semua pihak mengadopsi pendekatan konstruktif untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

Polandia telah memberikan banyak dukungan kepada Ukraina ketika negara itu membela diri melawan Rusia, mendesak Jerman untuk menyediakan tank tempur Leopard 2 kepada Kyiv, menjaminkan jet tempur ke negara tersebut dan menerima lebih dari 1,5 juta pengungsi dari Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.