Sukses

Penampakan Putri Diana 62 Tahun Versi Rekayasa AI, Disebut Lebih Cantik Aslinya

Para seniman menggunakan kehebatan Artificial Intelligence (AI) untuk memprediksi seperti apa rupa mendiang Putri Wales saat ini pada usia 62 tahun. Hasilnya, karya itu justru menuai protes netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Putri Diana? Bangsawan bergelar Princess of Wales (Putri Wales) ini merupakan salah satu anggota keluarga kerajaan Inggris.

Putri Diana meninggal pada 31 Agustus 1997 ketika menginjak usia 36 tahun. Tahun ini adalah 26 tahun sejak pengumuman kematiannya yang menggemparkan pada tahun 1997 lalu.

Hingga dua dekade kemudian, Putri Diana masih memiliki warisan mulia atas karya kemanusiaan dan gaya ikoniknya, yang kemudian menjadi sasaran rekayasa menggunakan artificial intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan.

Mengutip dari situs The Express, Senin (4/9/2023), diketahui bahwa para seniman menggunakan kehebatan Artificial Intelligence (AI) untuk memprediksi seperti apa rupa mendiang Princess of Wales saat ini pada usia 62 tahun. Gaya ikonik sang Putri kini direka ulang menggunakan AI.

Alper Yesiltas, seorang fotografer yang telah menghasilkan serangkaian gambar buatan AI memamerkan seperti apa rupa selebritas yang telah meninggal jika mereka hidup sampai usia tua.

Koleksinya meliputi mantan vokalis Queen yaitu Freddy Mercury, aktor Joker Heath Ledger, Michael Jackson, serta mantan Putri Wales ini.

Menurut seniman di balik proyek tersebut, gambar terkenal itu dibuat menggunakan berbagai program perangkat lunak untuk mencapai hasil akhir yang realistis.

Gambar yang mampu menggugah pikiran ini menunjukkan potret ilustrasi bagaimana rupa menua Diana setelah 26 tahun dari kabar kematiannya. 

Alper merepresentasikan sosok mendiang Putri Diana dengan warna kulit sunkissed complexion, warna kulit coklat keemasan nan sehat yang kontras dengan rambut pendek berwarna putih. 

Dalam gambar, kulitnya tampak memiliki bintik-bintik penuaan dan kerutan, dengan mata birunya yang masih bersinar meski berkantung mata.

Rahang tajam Putri Diana juga tampil lebih lembut dalam foto yang dihasilkan perangkat kecerdasan buatan (AI), sedangkan wajah bulat mudanya diganti dengan struktur tulang yang lebih ramping. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggemar Kerajaan Sebut Putri Diana Asli Akan Tampil Jauh Lebih Baik

Fotografer tersebut membagikan gambar mantan istri Pangeran Charles itu di halaman Instagram miliknya setahun yang lalu, memicu hebohnya komentar dari penggemar kerajaaan. 

Banyak yang mengklaim bahwa putri paling terkenal di dunia ini akan terlihat "lebih baik" aslinya daripada yang divisualisasikan oleh gambar AI.

"Diana tidak akan terlihat setua itu dan saya setuju bahwa rambutnya akan jauh lebih rapi. Rambutnya tidak akan putih melainkan tetap pirang," komentar seseorang.

Seakan satu suara, netizen lain menulis, "Saya pikir Diana akan lebih anggun, dengan rutinitas perawatan kulit yang lebih baik dan tidak ada rambut putih. Tidak. Tidak. Tidak!"

Foto interpretasi lainnya tentang Putri Diana yang digambarkan berumur 62 tahun menunjukkan kulit dengan airbrushed complexion dan rambut pirang yang lebih gelap dengan kombinasi warna abu-abu. Sementara itu tetap mempertahankan struktur tajam dari tulang rahang dan pipinya yang tinggi, meski tetap menunjukkan sedikit pipi yang berisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.