Sukses

Keju Termahal di Dunia dari Spanyol Terjual Rp493 Juta, Apa Istimewanya?

Keju Cabrales merupakan salah satu jenis keju yang dijual dengan harga cukup fantastis dan berhasil meraih rekor dunia ketika dilelang dengan harga nyaris menyentuh 500 juta rupiah.

Liputan6.com, Madrid - Keju menjadi bahan makanan kesukaan banyak orang. Rasanya yang gurih memanjakan sebagian lidah pecinta kuliner. Terlebih, keju mudah dikombinasikan dengan berbagai olahan makanan.

Namun, tahukah kamu jika keju di Spanyol berhasil pecahkan rekor dunia dalam kategori keju termahal? 

Dilansir dari United Press International pada Minggu (3/9/2023), The Cabrales blue cheese atau keju biru Cabrales merupakan salah satu jenis keju yang dijual dengan harga cukup fantastis. Tak terkecuali keju sejenis yang diproduksi oleh Guillermo Pendás di pabrik keluarganya di Los Puertos. Keju buatannya kemudian disimpan di gua pegunungan Asturias. 

Keju hasil produksi Pendás awalnya meraih penghargaan tertinggi di Kompetisi Keju Cabrales tahunan ke-51 di Las Arenas. Kemudian keju tersebut diajukan pada acara lelang dengan membandrol harga $32.408,10 atau setara Rp493 juta rupiah.

Bak pecah telor, satu roda keju asal Spanyol dengan berat 4,8 pon atau setara 2 kilogram tersebut berhasil meraih rekor dunia ketika dilelang dengan harga nyaris menyentuh 500 juta rupiah. 

Pembelinya adalah Ivan Suarez. Ia merupakan pemilik salah satu restoran yang rela mengocek kantong cukup dalam untuk satu buah keju produksi Pendás. 

Suarez sebelumnya juga sempat meraih penghargaan dari Rekor Dunia Guiness untuk keju termahal yang dijual di lelang, ketika ia membeli satu roda Cabrales seharga $22.129 atau setara Rp337 juta rupiah pada tahun 2019 lalu. 

Mengutip The Independent, diketahui bahwa harga umumnya keju cabrales adalah €35 hingga €40 (Rp575 ribu- Rp657 ribu) per kilogram. Keju dibuat menggunakan susu sapi mentah atau campuran susu sapi, domba, dan kambing dan dimatangkan di gua-gua di kawasan Cabrales di taman nasional Picos de Europa.

Keju matang dibawa turun gunung dari gua dengan berjalan kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keju Termahal di Dunia dari Susu Keledai

Berbeda dengan keju biru Cabrales yang kerap terjual dengan harga fantastis di acara lelang, kali ini ada keju cocok untuk Anda yang vegetarian!

Seperti dilansir dari Oddity Central, Rabu (22/7/2015), keju yang diproduksi di peternakan keledai di Serbia, tepatnya di Zasavica ini bukan berasal dari susu sapi, kambing maupun kerbau. Melainkan dari susu keledai yang per pon-nya di hargai US $1.000 atau sekitar Rp 13 juta, dikenal dengan nama 'Keju Pule'.

Mahal? Ya memang. Ini dikarenakan keledai di daerah Balkan tidak menghasilkan terlalu banyak susu dan proses memerahnya pun harus dilakukan 3 kali dalam sehari menggunakan tangan.

Dari 1 galon susu yang dihasilkan, dibutuhkan 15 keledai yang diperah. Sementara untuk membuat 1 pon keju pule dibutuhkan 3,5 galon. Inilah yang membuatnya sangat berharga dan sulit didapatkan.

"Karena kami memiliki banyak keledai dan susu keledai yang melimpah, kami pikir, mengapa tidak mencoba membuat keju dari susu keledai," kata Manajer Pertanian Jovan Vukadinovic kapada BBC.

Baca selengkapnya...

3 dari 3 halaman

Deretan Keju Termahal di Dunia

Kali ini ada keju yang diproduksi oleh keluarga dan keju putih dengan taburan emas asli yang turut dibandrol dengan harga cukup fantastis.

Melansir halaman Forbes pada Minggu (25/2/2018), berikut ini adalah 3 jenis keju yang paling mahal di dunia.

Wyke Farms Cheddar

Harga keju ini mencapai 200 dollar Amerika atau sekitar 2,8 juta rupiah per 500 gram. Keju ini diproduksi oleh keluarga Wyke di Inggris sejak tahun 1860an. Keju ini memiliki rasa yang kuat dan butuh waktu 12 bulan untuk mewujudkan rasa optimal. Produk keju ini merupakan yang paling terkenal di antara keju-keju lain buatan keluarga Wyke.

White Stilton Gold

Ilustrasi Foto Keju (iStockphoto)

White Stilton Gold merupakan keju buatan Long Clawson Dairy yang berlokasi di Leicestershire, Inggris. Produk tersebut tidak tersedia sepanjang waktu melainkan hanya selama musim liburan tiba. Produk ini adalah keju putih yang dibuat menggunakan elemen emas asli. Harganya adalah 400 dollar Amerika atau sekitar 5,7 juta rupiah per 500 gram.

Selengkapnya disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.