Sukses

Badai Idalia Hantam Bagian Tenggara AS, Presiden Biden Minta Warga Tetap Waspada

Pihak berwenang melaporkan setidaknya dua orang tewas dalam kecelakaan mobil terkait Badai Idalia.

Liputan6.com, Washington - Badai Idalia yang dahsyat menghantam Amerika Serikat bagian tenggara pada Rabu (30/8/2023), membanjiri kota-kota pesisir Teluk Meksiko di Negara Bagian Florida sebelum anginnya melemah di daratan dan badai bergerak cepat ke arah timur laut menuju Negara Bagian Georgia.

Pihak berwenang melaporkan setidaknya dua orang tewas dalam kecelakaan mobil terkait Badai Idalia.

Badai mendorong ketinggian gelombang hingga hampir dua setengah meter lebih tinggi dari biasanya di Cedar Key, dekat tempat Badai Idalia mencapai daratan. Namun, badai tersebut datang ke pantai ketika air surut, meminimalkan dampak buruk gelombang air banjir. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (31/8).

Idalia kemungkinan menjadi badai terkuat yang pernah melanda kawasan Big Bend di Florida sama seperti badai pada 1896. Badai tersebut bergerak ke arah utara pada Rabu dini hari, membanjiri banyak wilayah pesisir di sepanjang garis pantai Florida barat. Kecepatan angin Idalia mencapai 195 kilometer per jam ketika mencapai daratan dan pada sore hari kecepatan angin berkurang menjadi 150 kilometer per jam.

Sebagai persiapan untuk upaya penyelamatan dan perbaikan, sekitar 5.500 pasukan Garda Nasional diaktifkan, dan lebih dari 30.000 pekerja utilitas berjaga-jaga menjelang datangnya badai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biden Minta Warga Tetap Waspada

Presiden Joe Biden pada Rabu memperingatkan bahwa Badai Idalia masih sangat berbahaya meski melemah setelah mendarat di Florida.

Berbicara di Gedung Putih, Biden mendesak penduduk mulai dari Florida hingga South dan North Carolina agar tetap waspada. Dia berjanji bahwa pemerintah federal akan membantu pemulihan negara bagian-negara bagian tersebut.

Biden mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan gubernur Florida, Georgia, South Carolina, dan North Carolina. Dia juga telah mengarahkan kepala Badan Manajemen Darurat Federal Deanne Criswell untuk ke Florida dan berkeliling negara bagian itu pada Kamis bersama Gubernur Ron DeSantis.

Lebih dari 365.000 pelanggan di Florida dan Georgia kehilangan aliran listrik karena pohon-pohon tumbang tertiup angin dan air mengubah jalan-jalan menjadi sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini