Sukses

Ratusan Orang Akan Gelar Pencarian Terbesar untuk Monster Loch Ness, Ajang Pembuktian Mitos atau Fakta Hampir 1 Abad

Ratusan orang akan bergabung dalam apa yang digambarkan sebagai pencarian terbesar untuk Monster Loch Ness dalam lebih dari 50 tahun.

Liputan6.com, Danau Loch Ness - Ratusan orang akan bergabung dalam apa yang digambarkan sebagai pencarian terbesar untuk Monster Loch Ness dalam lebih dari 50 tahun.

Dua ratus sukarelawan akan merekam gejala pemandangan alam yang tak biasa di Danau Loch Ness dari sudut pandang di darat, untuk mencari tanda-tanda monster yang telah menjadi mitologi populer tersebut, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (26/8/2023).

Hampir 300 orang telah mendaftar untuk memantau streaming langsung dari pencarian, yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu.

Sudah 90 tahun sejak mitos modern Nessie --julukan akrab Monster Loch Ness-- dimulai.

Pada April 1933, manajer hotel Aldie Mackay mengklaim melihat makhluk mirip paus di danau itu.

Surat kabar Inverness Courier melaporkan penampakan itu dan editor pada saat itu, Evan Barron, menyarankan makhluk itu digambarkan sebagai "monster".

Sejak itu misteri Nessie telah menginspirasi buku, acara TV dan film, serta menjadi daya tarik industri pariwisata.

Pencarian akhir pekan ini telah diselenggarakan oleh Loch Ness Center di Drumnadrochit dan tim peneliti sukarela yang disebut Loch Ness Exploration.

Drone yang dilengkapi dengan kamera inframerah akan diterbangkan di atas danau, dan hidrofon akan digunakan untuk mendeteksi suara bawah air yang tidak biasa.

Alan McKenna, dari Loch Ness Exploration, mengatakan kepada program Good Morning Scotland BBC Radio: "Kami mencari dari darat dan meminta sukarelawan untuk merekam segala macam perilaku alami di danau."

Dia mengatakan danau itu bisa mempermainkan mata dan pikiran orang.

"Tidak setiap riak atau gelombang adalah beastie. Beberapa di antaranya bisa dijelaskan, tapi ada segelintir yang tidak bisa," tambahnya.

Manajer umum Loch Ness Center Paul Nixon menambahkan: "Minat pada kegiatan akhir pekan kami sangat fantastis, dan untuk melihat bagaimana orang-orang dari seluruh dunia masih terpesona oleh kisah danau dan Nessie.

"Kami ingin siapa pun di dunia dapat membantu, itulah sebabnya kami mencari pemburu monster pemula dari mana saja untuk masuk ke streaming langsung danau selama akhir pekan dan melihat apakah mereka menemukan sesuatu yang misterius.

"Kami tidak sabar untuk melihat apa yang kami temukan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Pencarian Terbesar untuk Monster Loch Ness

Penyelenggara mengatakan upaya itu akan menjadi pencarian terbesar untuk monster itu sejak Biro Investigasi Loch Ness melakukan penelitian pada tahun 1972.

Biro ini didirikan pada 1960-an untuk menemukan bukti binatang besar di perairan.

Itu berakhir pada tahun 1977 setelah tidak berhasil mengungkap bukti signifikan untuk atau melawan keberadaan monster.

Legenda Nessie berasal dari Abad Pertengahan ketika biarawan Irlandia St Columba dikatakan telah menemukan seekor binatang buas di Ness, sebuah sungai yang mengalir dari Loch Ness.

Upaya sebelumnya untuk menemukan monster itu termasuk Operasi Deepscan tahun 1987, ketika 24 kapal yang dilengkapi dengan gema sounder menyapu seluruh panjang danau.

Pada tiga kesempatan terdeteksi sesuatu yang tidak dapat segera dijelaskan. Puing-puing besar adalah salah satu penjelasan yang ditawarkan untuk "kontak" terkait Monster Loch Ness

 

3 dari 3 halaman

Belut Raksasa

Pada 2019, para ilmuwan mengatakan makhluk di balik penampakan berulang Monster Loch Ness yang terkenal mungkin adalah belut raksasa.

Para peneliti dari Selandia Baru mencoba membuat katalog semua spesies hidup di danau dengan mengekstraksi DNA dari sampel air.

Setelah analisis, para ilmuwan mengesampingkan keberadaan hewan besar yang dikatakan berada di balik laporan monster.

Tidak ada bukti reptil laut prasejarah yang disebut plesiosaurus atau ikan besar seperti sturgeon yang ditemukan.

Loch Ness adalah danau air tawar terbesar di Skotlandia berdasarkan volume.

Ini dapat menampung lebih banyak air - 7.452 juta meter kubik - daripada semua danau Inggris dan Wales.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.