Sukses

Cegah Peredaran Narkotika, Kepala BNN RI dan Dubes Iwan Bogananta Bertemu Mendagri Albania

Duta Besar Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta memfasilitasi pertemuan kepala BNN RI, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose dengan menteri Dalam negeri Albania Taulant Balla.

Liputan6.com, Sofia - Duta Besar LBBP RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta memfasilitasi pertemuan kepala BNN RI, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose dengan menteri Dalam negeri Albania Taulant Balla, Rabu (23/8).

Dalam pertemuan tersebut , Dubes RI membuka dengan mengatakan bahwa hubungan bilateral Indonesia - Albania sangat erat dalam segala hal, baik dalam lingkup ekonomi, politik dan sosial budaya.

Dalam lingkup Ekonomi, bilateral perdagangan Indonesia - Albania sejak saya menjabat terdapat kenaikan cukup signifikan 120% dengan nilai perdagangan US$ 29 juta, demikian ditulis dalam rilis yang diterim Liputan6.com dari KBRI Sofia, Kamis (24/8/2023).

"Pada 2022 lalu juga terjadi beberapa kesepakatan bisnis dan investasi Indonesia di Albania, dengan nilai investasi sebesar US$ 35 juta untuk pengembangan energi terbarukan (solar panel) dan peralatan rumah tangga utk masyarakat Albania", ujar Dubes Iwan.

Kepala BNN RI yang sekaligus memimpin delegasi Indonesia, menyebutkan bahwa pertemuan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pendekatan cooperation, yang merupakan salah satu strategi BNN RI dalam menanggulangi permasalahan narkotika di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedua Negara Punya Pandangan yang Sama Soal Narkoba

Kedua negara memiliki pandangan yang sama terhadap semua jenis narkotika, Indonesia dan Albania memandang perlu adanya kerja sama antar kedua negara dalam upaya pencegahan dan penanggulangan narkotika.

"Kerja sama sangat perlu dilakukan mengingat semakin kompleksnya kejahatan narkotika terutama dengan keterlibatan kelompok International Organized Crime," ungkap Petrus dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023).

Menteri Dalam Negeri Republik Albania menyambut baik peluang kerja sama yang dapat dijajaki dengan Indonesia dalam mengatasi permasalahan narkotika. Dia berharap ke depan kerja sama ini dapat ditindaklanjuti secara konkret.

Dalam Kunjungan kerja ke Tirana Kepala BNN RI didampingi anggota Kelompok Ahli BNN RI bidang kerja sama internasional, Ambassador Harry James Kandouw.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.