Sukses

10 Makanan Khas Jepang yang Wajib Dicoba Para Pecinta Kuliner

Jepang terkenal dengan menu makanan yang banyak disajikan secara mentah atau dimasak dengan cara sederhana.

Liputan6.com, Tokyo - Setiap negara memiliki makanan khasnya masing-masing. Indonesia, misalnya, terkenal dengan masakan yang terbuat dari berbagai rempah dan bumbu. Cita rasa tersebut disesuaikan dengan selera warga lokal.

Berbeda halnya dengan Jepang, yang terkenal dengan menu makanan yang banyak disajikan secara mentah atau dimasak dengan cara sederhana. 

Salah satu contohnya adalah sushi, makanan khas Jepang di mana protein laut segar seperti ikan atau udang, disajikan secara mentah di atas nasi dan dimakan bersama dengan kecap asin dan wasabi. 

Namun rupanya, kuliner khas Jepang tidak sekadar sushi saja. 

Berikut adalah sejumlah makanan khas Jepang yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner, seperti dikutip dari laman Travel Dudes, Jumat (18/8/2023). 

1. Ramen

Ramen adalah mie khas Jepang yang disajikan berbeda dari satu daerah dengan daerah lain. Namun biasanya, ramen disajikan dengan kuah kaldu dengan rasa yang kuat dan dilengkapi bahan makanan segar lainnya seperti daging, ikan dan sayuran.

2. Unagi 

Unagi merupakan hidangan khas Jepang yang terbuat dari belut. Meski sepertinya hidangan ini tidak disukai semua orang, namun unagi memiliki kandungan protein yang tinggi. 

3. Soba

Berbeda dengan ramen, soba merupakan hidangan mie khas Jepang yang disajikan secara polos tanpa topping apapun. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah sejenis panekuk yang digoreng langsung di atas meja di atas piring besi panas. Adonannya terdiri dari tepung, kol, telur, air, dan dashi, tetapi banyak bahan lain yang ditambahkan tergantung daerahnya.

5. Tempura

Tempura adalah sajian gorengan sayuran dan makanan laut. Adonannya terbuat dari telur, tepung dan air es lalu digoreng dengan minyak panas hingga renyah.

6. Udon

Udon adalah mie gandum dengan kaldu yang terbuat dari ikan, kecap dan mirin, serta ditambahkan daun bawang.

Hidangan ini cocok dimakan saat musim dingin. 

3 dari 3 halaman

7. Sup Miso

Sup miso merupakan makanan yang banyak ditemukan di Jepang dan dimakan sepanjang hari, baik untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Sup ini berisikan rumput laut dan potongan tahu. 

8. Takoyaki

Takoyaki adalah makanan ringan yang sangat populer di Jepang, terutama di sekitar Osaka. Ini adalah adonan tepung dengan isian gurita yang dibentuk bulat-bulat. 

9. Yakitori

Yakitori merupakan sajian seperti sate ayam yang dipanggang. Penyajiannya pun sederhana, biasanya hanya dengan menggunakan garam atau campuran kecap.

10. Yakiniku

Yakiniku adalah sajian berbagai jenis daging hingga sayuran yang dipanggang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.