Sukses

Bikin Pesawat Malaysia Airlines Putar Balik Akibat Ancaman Bom, Pria Australia Terancam 10 Tahun Penjara

Seorang pria berusia 45 tahun ditangkap setelah diduga mengganggu penerbangan Malaysia Airlines dari Sydney ke Kuala Lumpur pada Senin 14 Agustus 2023 dengan mengklaim memiliki bahan peledak atau bom.

Liputan6.com, Sydney - Seorang pria berusia 45 tahun ditangkap setelah diduga mengganggu penerbangan Malaysia Airlines dari Sydney ke Kuala Lumpur pada Senin 14 Agustus 2023.

Pria asal Australia itu kemudian didakwa pada Selasa (15/8/2023) terkait ancaman bom palsu dalam penerbangan menuju Malaysia, dan membuat penumpang ketakutan hingga membuat pesawat tersebut putar balik dan mendarat kembali di Bandara Internasional Sydney.

Dilansir Channel News Asia (CNA), penerbangan Malaysia Airlines dengan rute Sydney ke Kuala Lumpur pada Senin 14 Agustus sore terpaksa putar balik ke destinasi awal ketika pria Australia itu gelisah dan mengaku memiliki bahan peledak di tasnya. 

Sebuah video yang diambil oleh salah satu penumpang memperlihatkan ketika pria yang mengenakan tas punggung itu mengancam penumpang dan awak pesawat

Polisi mengatakan penerbangan yang lepas landas dari Bandara Sydney Kingsford Smith pukul 13.00 waktu setempat dan mengangkut 199 penumpang serta 12 awak, kembali mendarat di landasan pacu Syndey sekitar pukul 15.45 usai insiden itu. 

"Demi keselamatan, komandan penerbangan membuat keputusan untuk kembali ke Sydney," kata juru bicara Malaysia Airlines kepada CNA

Pihak maskapai kemudian mengatakan bahwa para penumpang dan awak yang bertugas meninggalkan pesawat pada pukul 19.00. 

Setibanya di bandara Sydney, pria tersebut langsung ditangkap oleh polisi dan didakwa atas tuduhan membuat pernyataan palsu tentang ancaman bom terhadap pesawat. Polisi juga tidak menyebutkan kewarganegaraan pria tersebut, namun mengatakan bahwa ia merupakan penduduk Canberra Australia. 

Pria itu juga didakwa atas tuduhan tidak mematuhi instruksi keselamatan awak kabin, kata Polisi Federal Australia (AFP).

"AFP tidak akan membocorkan masalah operasional, namun, rencana tanggap darurat diberlakukan dan evakuasi dimulai setelah dianggap aman bagi penumpang dan awak," ungkap Polisi Federal Australia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Picu Penerbangan Domestik Lain Dibatalkan Hingga Ancaman Penjara 10 Tahun

Pria itu diperkirakan akan muncul di pengadilan pada Selasa, sementara pelanggaran tersebut kemungkinan menghadapi hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda lebih dari 15.000 dolar Australia atau sekitar Rp149 juta.

Meskipun polisi mengatakan tidak ada ancaman kepada penumpang lain, insiden tersebut menyebabkan 32 penerbangan domestik dibatalkan dan membuat sejumlah penerbangan lain tertunda hingga 90 menit. Sementara itu, tidak ada penerbangan internasional yang dibatalkan.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNN, Malaysia Airlines mengatakan penerbangan mendarat dengan selamat sekitar dua jam setelah lepas landas.

“Penerbangan Malaysia Airlines MH122 pada 14 Agustus 2023 kembali ke Bandara Internasional Sydney karena ada penumpang yang mengganggu. Demi keselamatan, komandan penerbangan membuat keputusan untuk kembali ke Sydney,” kata pihak maskapai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini