Sukses

Senator AS Mitch McConnell Mendadak 'Freeze' Saat Konferensi Pers, Netizen Sorot Usia Lansia Politikus

Senator AS Mitch McConnell tampak terdiam di tengah-tengah konferensi pers. Memicu ragam spekulasi terkait usia atau efek samping cedera yang dialami olehnya pada Maret lalu

Liputan6.com, Washington, DC - Sebuah kejadian tak biasa dialami oleh Senator Amerika Serikat Mitch McConnell dari Partai Republik. Ketika memberikan konferensi pers, politikus senior berusia 81 tahun itu mendadak terdiam dengan sorot mata ke arah depan entah pada siapa.

Mitch McConnell baru saja mulai memberikan pernyataan di Capitol Hill pada Rabu 26 Juli 2023 waktu setempat. Mendadak, ia bungkam dan sorot matanya ke arah depan.

Berdasarkan video dari C-SPAN, Senator McConnell hanya bicara beberapa detik sebelum momen freeze (terdiam) terjadi.

"Selamat siang semua. Kita berada dalam perjalanan untuk menyelesaikan NDAA (National Defense Authorization Act). Pekan ini bagus dalam hal kerja sama, dan jalinan..." ujar Mitch McConnell lalu terdiam.

Senator dari Kentucky itu terdiam sekitar 20 detik, kemudian sekitar mulai khawatir, dan seorang wanita bertanya: "Pak, Anda baik-baik saja?" 

Kemudian salah satu kolega McConnell melangkah maju sambil memegang lengan kanan sang senator.

"Mitch, ada lagi yang ingin kau ucapkan atau haruskah kita kembali ke kantormu?" ujar pria tersebut. Mitch McConnell terlihat menoleh dan mendengar ucapan koleganya.

Pria itu lantas bertanya lagi, "Anda mau mengucapkan hal lain ke pers?"

McConell lalu merespons "tidak" lalu menyingkir. Politikus lain lantas mengambil alih konferensi pers tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembali Hadir

Menurut C-SPAN, Mitch McConnell kembali hadir lagi ke konpers sekitar 12 menit kemudian. Seorang jurnalis bertanya soal kondisinya, serta apakah insiden yang baru terjadi karena perawatan gegar otak yang dialami McConnell pada awal tahun ini. 

"Tidak, saya baik-baik saja," ujar McConnell.

Para netizen di kolom komenter video C-SPAN dan Associated Press di YouTube umumnya merespons agar ada batasan masa jabatan bagi anggota Kongres AS. 

"Contoh terjelas mengapa harus ada batas masa jabatan dan usia bagi siapa saja yang membuat keputusan di dalam pemerintah federal," tulis seorang netizen di kolom komentar video AP. 

"Inilah kenapa harus ada batas masa jabatan di Kongres," ujar netizen lain.

"Sungguh diperlukan usia pensiun bagi para politisi," ujar netizen di kolom komentar video C-Span.

Selain McConnell, ada juga Diamne Fenstein dari Partai Demokrat yang belakangan ini kondisinya sedang sakit, tetapi terus melanjutkan jabatannya sebagai senior. Feinstein sudah berusia 90 tahun.

Beberapa politikus usia lanjut di Kongres AS adalah Bernie Sanders (81 tahun), Chuck Grassley (89 tahun), Jim Risch (80 tahun), Ben Cardin (79 tahun), dan Dick Durbin (78 tahun),

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.