Sukses

Tentara Niger Umumkan Kudeta Lewat Siaran Televisi, Tahan Presiden Mohamed Bazoum

Jika dikonfirmasi, kudeta Niger ini akan menjadi percobaan kudeta kelima di Afrika barat dalam empat tahun terakhir.

Liputan6.com, Niamey - Tentara Niger mengumumkan bahwa mereka telah melakukan kudeta melalui siaran di TV nasional.

Mengutip laporan BBC, Kamis (27/7/2023), mereka mengatakan telah membubarkan konstitusi, menangguhkan semua institusi dan menutup perbatasan negara Afrika Barat itu.

Presiden Niger Mohamed Bazoum telah ditahan oleh pasukan dari pengawal presiden sejak Rabu 26 Juli 2023 pagi.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyampaikan "dukungan tak tergoyahkan" Washington dalam telepon kepada Bazoum.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga mengatakan dia telah berbicara dengan presiden dan menawarkan dukungan penuh PBB untuknya.

Presiden Bazoum adalah sekutu kunci Barat dalam perang melawan militansi Islam di Afrika Barat.

Laporan The Guardian menyebut, tentara di Niger mengatakan mereka telah menggulingkan Presiden Mohamed Bazoum dari kekuasaan, setelah pasukan bersenjata sebelumnya memblokade istana presiden di Niamey, ibu kota di salah satu negara paling tidak stabil di dunia.

Sekelompok tentara muncul di televisi nasional negara Afrika barat itu pada Rabu malam, beberapa jam setelah Presiden Bazoum ditahan.

Membaca sebuah pernyataan, Kolonel Amadou Abdramane, duduk dan diapit oleh sembilan perwira lainnya yang mengenakan seragam, mengatakan pasukan pertahanan dan keamanan telah memutuskan untuk "mengakhiri rezim yang Anda kenal karena situasi keamanan yang memburuk dan pemerintahan yang buruk".

Kolonel Amadou Abdramane mengatakan perbatasan negara ditutup dan semua institusi republik ditangguhkan, dan mengumumkan jam malam nasional. Para prajurit memperingatkan terhadap intervensi asing.

Kudeta itu dikatakan dipimpin oleh kepala kelompok politik dan keamanan regional.

Para prajurit, termasuk anggota pengawal presiden Bazoum, sebelumnya dikatakan terlibat dalam negosiasi dengan presiden – yang digambarkan "aman dan sehat" meskipun lokasinya tidak jelas.

Langkah pasukan pengawal elit dengan cepat ditentang oleh tentara yang lebih luas dan penjaga nasional, yang mengancam akan menyerang pasukan kepresidenan kecuali mereka mundur.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemarahan Pasukan Elit

Sebuah sumber yang dekat dengan Bazoum menggambarkan langkah itu sebagai "kemarahan" oleh pasukan elit, menambahkan bahwa "pembicaraan" sedang berlangsung setelah tentara memblokir akses ke istana pada Rabu 26 Juli sekitar pukul 06.30 pagi.

Seorang wartawan Reuters melihat kendaraan militer memblokir pintu masuk ke istana di ibu kota Niamey. Akses ke kementerian di sebelah istana juga telah diblokir, kata sumber keamanan. Warga di bagian lain kota menggambarkan lalu lintas bergerak bebas dan tidak ada bukti orang bersenjata di jalanan.

Seorang pejabat kepresidenan mengatakan staf di dalam istana tidak memiliki akses ke kantor mereka, sementara pernyataan yang dikeluarkan oleh kepresidenan di Twitter menunjukkan bahwa pengawal presiden telah mencoba untuk mendapatkan dukungan dari beberapa anggota angkatan bersenjata dalam tindakan mereka.

Ketua Komisi Uni Afrika, H E Moussa Faki Mahamat, mengutuk apa yang disebutnya sebagai “percobaan kudeta”. Jika dikonfirmasi, itu akan menjadi percobaan kudeta kelima di Afrika barat dalam empat tahun terakhir.

Bola Tinubu, presiden negara tetangga Nigeria dan ketua Economic Community of West African States (Ecowas) atau Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat menyebut peristiwa itu sebagai "perkembangan yang tidak menyenangkan" dan mengatakan dia sudah "berkonsultasi erat" dengan para pemimpin lain di wilayah tersebut tentang situasi tersebut.

"Kepemimpinan Ecowas tidak akan menerima tindakan apa pun yang menghalangi kelancaran fungsi otoritas yang sah di Niger atau bagian mana pun dari Afrika barat… kami akan melakukan segala daya kami untuk memastikan demokrasi ditanam, dipelihara, berakar dengan baik, dan tumbuh subur di wilayah kami,” katanya dalam sebuah pernyataan.

 

3 dari 4 halaman

Sekilas Soal Niger

Terletak di jantung Sahel, Niger adalah dua pertiga gurun pasir dan terus-menerus berada di dekat atau di bawah indeks pembangunan manusia PBB, tolok ukur kemakmuran. Ini memiliki pertumbuhan populasi 22,4 juta, didorong oleh angka kelahiran rata-rata tujuh anak untuk setiap wanita.

Negara ini berjuang dengan dua kampanye militan– satu di barat daya, yang menyapu dari negara tetangga Mali pada tahun 2015, dan yang lainnya di tenggara, yang melibatkan jihadis yang berbasis di timur laut Nigeria.

Militer Niger telah menerima pelatihan dan dukungan logistik dari AS dan Prancis, yang memiliki pangkalan militer di sana.

"Ini adalah kemarahan dari pengawal presiden tetapi pembicaraan sedang dilakukan dengan presiden," kata sumber itu kepada kantor berita AFP, yang berbicara tanpa menyebut nama.

"Presiden baik-baik saja, dia aman dan sehat," kata sumber itu. "Dia dan keluarganya ada di kediaman."

Alasan perilaku penjaga dan apa yang dibicarakan dalam pembicaraan tidak diberikan.

Seorang anggota parlemen dari partai PNDS Bazoum berkata: "Saya berbicara dengan presiden dan teman-teman yang merupakan para menteri, mereka baik-baik saja."

 

4 dari 4 halaman

Dua Kudeta Sebelumnya Terhadap Presiden Niger Bazoum

Bazoum, yang terpilih secara demokratis pada 2021, adalah sekutu dekat Prancis. Kudeta terakhir negara itu terjadi pada Februari 2010, menggulingkan presiden saat itu, Mamadou Tandja.

Namun, ada percobaan kudeta beberapa hari sebelum pelantikan Bazoum pada April 2021, menurut sumber keamanan saat itu. Beberapa orang ditangkap, termasuk tersangka biang keladi, seorang kapten angkatan udara bernama Sani Gourouza. Dia ditangkap di negara tetangga Benin dan diserahkan ke otoritas Niger.

Ousmane Cisse, mantan menteri dalam negeri di bawah pemerintahan transisi militer yang berlangsung dari 2010 hingga 2011, ditahan pada April 2022 karena dugaan perannya. Dia dibebaskan pada Februari tahun ini, tetapi lima orang lainnya, termasuk Gourouza, dipenjara selama 20 tahun.

Upaya kedua untuk menggulingkan Bazoum terjadi pada Maret tahun ini ketika presiden berada di Turki, menurut seorang pejabat Niger, yang mengatakan penangkapan telah dilakukan.

Pihak berwenang tidak pernah berkomentar secara terbuka tentang insiden tersebut.

Pada Januari 2018, sembilan tentara dan seorang warga sipil dijatuhi hukuman penjara lima hingga 15 tahun oleh pengadilan militer karena berusaha menggulingkan pendahulu Bazoum, Mahamadou Issoufou, pada 2015.

Mereka yang dihukum termasuk Jenderal Souleymane Salou, mantan kepala staf angkatan darat dan anggota junta yang memaksa Tandja keluar pada 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini