Sukses

Istri Presiden Pertama RI Ratna Sari Dewi ke Indonesia, Kunjungi Pameran Tetap Arsip Statis Sukarno

Istri Presiden pertama RI, Ratna Sari Dewi berkesempatan mengunjungi Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Sukarno.

Liputan6.com, Jakarta - Istri Presiden pertama RI Sukarno, Ratna Sari Dewi tengah berkunjung ke Indonesia. Di sela-sela kunjungannya ke Tanah Air, ia berkesempatan mengunjungi Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Sukarno yang dibangun Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Gedung ANRI, jalan Gajah Mada nomor 111, Jakarta Barat.

Kedatangannya, sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang telah melestarikan arsip dan memori Presiden Sukarno.

"Ini sangat luar biasa, saya sangat berterima kasih untuk pemerintah dan masyarakat Indonesia yang telah mewujudkan pusat studi dan pameran tetap Bapak Sukarno. Saya akan mengunjungi tempat ini lagi dengan hati yang hangat," ujar Ratna Sari Dewi yang pada kunjungannya ini didampingi Dewan Penasihat ANRI Bidang Kemaritiman, Connie Rahakundini.

Pameran tersebut mulai dibangun ANRI pada 2019, terdiri dari empat lantai dengan luas interior sekitar 3.211 m2.

Pada pameran tetap ini menampilkan arsip Sukarno sebagai Bapak Bangsa yang terdiri atas empat hall yaitu:

  • Hall 1 Aku Indonesia (kisah Sukarno dari lahir hingga berpulang)
  • Hall 2 Jalan Politik (perjuangan dan dedikasi politik)
  • Hall 3 Patron Budaya (estetika dan peradaban)
  • Hall 4 Kesejahteraan dan Kerakyatan (ekonomi dan kemandirian)

Pada Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Sukarno, terdapat arsip yang menjadi memori dunia yang telah ditetapkan UNESCO pada Mei 2023, yakni Arsip pidato Presiden Sukarno di Sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, 1960 To Build the World Anew dan arsip Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) I.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Serahkan Arsip yang Disimpan Pribadi ke ANRI

Pada kesempatan ini, Ratna Sari Dewi juga berpesan akan menyerahkan arsip tentang Sukarno yang masih disimpan sebagai koleksi pribadinya kepada ANRI, sehingga pada kesempatan yang akan datang bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

Connie Rahakundini akan menyampaikan pesan ini kepada Pimpinan ANRI untuk dapat mengagendakan serah terima arsip tersebut secara resmi.

 

3 dari 3 halaman

Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Sukarno untuk Masyarakat

Berlokasi stategis dekat dengan Kota Tua Jakarta, diharapkan Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Sukarno tidak hanya dikunjungi masyarakat lokal. Wisatawan mancanegara pun dapat menikmati sajian informasi pameran ini, mengingat Sukarno pun merupakan seorang tokoh yang mendunia.

Sebagai informasi, penyelenggaraan pameran arsip statis sejalan dengan salah satu misi ANRI, yakni memberikan akses arsip kepada publik untuk kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian, dan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan rakyat sesuai peraturan perundang-undangan dan kaidah-kaidah kearsipan demi kemaslahatan bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini