Sukses

Wamenlu Pahala Mansury Dapat Tugas Jadi Nakhoda Diplomasi Ekonomi Indonesia

Mantan Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury kini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI. Ia dilantik Presiden Joko Widodo pada Senin 17 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury kini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI. Ia dilantik Presiden Joko Widodo pada Senin 17 Juli 2023. 

Sebelumnya, Pahala juga merupakan Direktur Utama dari Garuda Indonesia. Menurut juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah, rekam jejak Pahala di bidang korporasi membuatnya diberi tugas di bidang diplomasi ekonomi.

Pahala Mansury juga disebut telah mulai bekerja dan melakukan rapat pertama dengan Menlu RI Retno Marsudi serta para jajaran pimpinan di Kementerian Luar Negeri.

"Bapak Wamenlu, melihat kepada kepakaran beliau di aspek korporasi, pengalaman di BUMN, sehingga sangat tepat untuk juga menakhodai nantinya aspek diplomasi ekonomi. Jadi itu yang tengah berproses saat sekarang," ujar Teuku Faizasyah di Kemlu RI, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Teuku Faizasyah mengungkap, Pahala Mansury telah mendapat penjelasan soal tugas-tugas dan pending issues yang sedang dihadapi Kemlu RI. Selain itu, mantan Dirut Garuda itu mendapat tugas spesifik dalam diplomasi ekonomi.

"Secara jelas, Bu Menlu telah memberi porsi penugasan yang lebih besar untuk isu-isu diplomasi ekonomi," ujar Teuku Faizasyah. 

Sebagai informasi, Teuku Faizasyah akan segera menjadi Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi Duta Besar RI untuk Kanada. 

Selama menjabat sebagai jubir Kemlu RI, Teuku Faizasyah turut menjadi bagian penting dari ajang-ajang internasional yang digelar di Indonesia, seperti G20 Summit dan ASEAN Summit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik Menkominfo dan 5 Wakil Menteri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet, Senin (17/7/2023). Jokowi melantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dam sejumlah wakil menteri (wamen) di Istana Negara Jakarta.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 62/P tahun 2023 tentang pengangkatan Menkominfo Kabinet Indonesia Maju. Sedangkan pelantikan wakil menteri berdasarkan Keppres Nomor 32 M tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju. 

Jokowi melantik Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Wakil Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi menjadi Menkominfo. Dia menggantikan posisi Johnny G. Plate yang menjadi tersangka kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Selain Menkominfo, Jokowi juga merombak beberapa jabatan wakil menteri. Posisi Budi Arie sebagai Wamendes diisi oleh Rektor Universitas Moestopo, Paiman Raharjo.

Kemudian, mantan wartawan Nezar Patria dilantik sebagai Wamenkominfo. Dia saat ini menjabat sebagai Staf Khusus V Menteri BUMN.

Selanjutnya, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury ditunjuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Posisi Pahala digantikan oleh pengusaha sekaligus Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani.

Lalu, Jokowi melantik Ketua DPW PPP DKI Jakarta Saiful Rahmat Dasuki menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag).

3 dari 3 halaman

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.