Sukses

Ilusi Optik Ungkap Kamu Pemikir Logis atau Intuitif, Gambar Apa yang Kamu Lihat Pertama Kali?

Sebuah ilusi optik terbaru mengklaim dapat mengungkap apakah kamu adalah seorang pemikir logis atau orang yang intuitif, berdasarkan apa yang kamu lihat pertama kali dalam sebuah gambar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah ilusi optik terbaru mengklaim dapat mengungkap apakah kamu adalah seorang pemikir logis atau orang yang intuitif berdasarkan apa yang kamu lihat pertama kali dalam sebuah gambar.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (14/7/2023), akun TikTok @PsychologyLove100 yang berbasis di Amerika Serikat, membagikan gambar yang membingungkan ini. 

Gambar ilusi optik tersebut menampilkan beberapa elemen, dan pertanyaannya adalah, elemen mana yang pertama kali kamu perhatikan saat melihatnya?

Menurut akun media sosial tersebut, apa yang kamu bayangkan pertama kali dalam gambar tersebut akan menentukan apakah kamu adalah tipe orang yang intuitif atau logis, serta bagaimana pola pikir kamu dalam menghadapi situasi. 

Ayo lihat kembali gambar tersebut untuk mengetahui apa yang menarik perhatian kamu pertama kali!

Dari video akun @PsychologyLove100 disampaikan, jika kamu pertama kali melihat tiga beruang, itu berarti kamu memiliki pikiran analitis. Kamu terampil dalam menganalisis fakta dan angka, serta memiliki pendekatan logis. Kamu juga tidak bertindak secara impulsif, melainkan lebih memilih pendekatan bertahap dalam segala hal.

Video tersebut juga menjelaskan bahwa orang yang berpikir logis cenderung menggunakan aturan dan konvensi untuk mengorganisir proses berpikir mereka. 

Dalam debat dan argumen, orang yang berpikir logis cenderung memiliki proses berpikir yang lebih terperinci daripada orang lain. 

Mereka juga cenderung memecah masalah menjadi konsep-konsep terpisah untuk memudahkan penyelesaiannya, berbeda dengan kaum intuitif. Kemampuan ini membuat mereka terampil dalam memecahkan masalah dengan memperhatikan detail.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang Intuitif Cenderung Melihat Gambar Gunung Terlebih Dahulu

Lain makna juga untuk kamu yang melihat gambar kedua; gunung.

Jika kamu melihat gunung terlebih dahulu sebelum beruang, itu berarti kamu adalah seorang pemikir intuitif, seperti yang dijelaskan dalam video di akun TikTok @PsychologyLove100. 

Orang-orang dengan tipe pemikiran ini cenderung mengikuti naluri mereka dalam menghadapi masalah dan biasanya benar.

Mereka juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam mengandalkan intuisi mereka, bahkan ketika orang lain memberikan saran yang berbeda.

Meskipun pemikiran intuitif ini sering kali membawa hasil yang tepat, namun kadang-kadang mereka dapat melewatkan fakta-fakta dan lebih mengandalkan pengalaman masa lalu dalam pengambilan keputusan. 

Namun, ini tidak berarti bahwa orang-orang intuitif cenderung ragu-ragu. Mereka efisien dalam membuat keputusan untuk diri mereka sendiri, cerdas dalam mengevaluasi situasi secara keseluruhan, dan cenderung berpikir di luar kebiasaan dalam memecahkan masalah.

3 dari 4 halaman

Lihat Tangan atau Garpu Tebak Gaya Bekerja

Apakah kamu seorang 'master of control' (penguasa kendali) atau 'ultimate procrastinator' (penunda sejati)? Sebuah ilusi optik ini telah muncul untuk mengungkapkan gaya bekerjamu. 

Ilusi optik ini dapat membantu mengidentifikasi apakah kamu seorang workaholic yang selalu menyelesaikan tugas tepat waktu atau sebaliknya.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Kamis (13/7/2023), foto ini pertama kali dibagikan oleh Mia Yilin, seorang pembuat konten di TikTok dan karenanya telah mendapatkan lebih dari 39.000 penonton. 

Di dalam gambar tersebut, terdapat tangan dan garpu. Tergantung pada apa yang pertama kali kamu lihat, hal ini dapat mengungkapkan sifat kepribadianmu.

Tangan yang digambarkan pada foto ilusi optik tersebut memiliki jari-jari yang membentuk garis luar dari garpu. Mia menjelaskan bahwa jika kamu melihat tangan terlebih dahulu, ini menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang sangat disiplin dan memiliki penguasaan diri. 

Kamu juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur waktu dan pekerjaan, hal ini merupakan hal yang penting bagimu.

Namun, Mia menyarankan agar mereka yang melihat gambar tangan terlebih dahulu, untuk mencoba bersantai dan tidak selalu mengejar kesempurnaan terus-menerus.

Sementara itu, bagi mereka yang melihat garpu terlebih dahulu, Mia menyatakan bahwa mereka adalah penunda sejati. 

Mereka cenderung selalu menunda-nunda dan menyelesaikan tugas-tugas pada menit terakhir. Mia menambahkan bahwa mereka memiliki kemampuan luar biasa dalam mencari distraksi dan meyakinkan diri sendiri bahwa mereka akan mengerjakan tugas-tugas tersebut nanti.

Meskipun demikian, Mia juga menyatakan bahwa mereka yang melihat garpu terlebih dahulu sebenarnya menyadari bahwa jika mereka benar-benar fokus dan berkomitmen, mereka memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan yang besar.

Jadi, berdasarkan ilusi optik ini, kamu dapat mengenali pola atau gaya bekerja milikmu dan mungkin menemukan area yang perlu ditingkatkan dalam pengaturan waktu dan pencapaian tugas-tugas. 

 

4 dari 4 halaman

Hewan Mana Yang Mewakilkan Caramu Melihat Dunia?

Tes kepribadian terbaru belakangan ini tengah marak juga menggunakan tema binatang. Di mana seseorang ditanya gambar apa yang pertama terlihat, itulah yang dianggap mengungkapkan bagaimana caranya melihat dunia --terutama jika Anda berani dan logis serta kreatif.  

Gambar yang dibagikan FreshersLive mengutip Mirror.co.uk, Rabu (12/7/2023) menyajikan beberapa ciri hewan untuk membuat satu gambar yang membingungkan - tetapi gambar tersebut menonjol. Anda harus benar-benar jujur dengan diri sendiri untuk mendapatkan jawaban yang paling realistis - tidak ada yang benar atau salah di sini, jadi jangan panik.

Jadi, apa yang Anda lihat? Hewan apa yang langsung membuat Anda tertarik? Singa atau burung?

Jika Anda melihat moncong singa, itu artinya Anda pemberani. Menurut FreshersLive, itu berarti Anda memiliki rasa ingin tahu yang melekat dan kecenderungan alami untuk memahami segala sesuatu secara menyeluruh, yang memotivasi Anda untuk menyelidiki semua aspek dan memperoleh pemahaman mendalam tentang apa pun yang Anda minati.

Anda tidak akan menyerah sampai Anda mencapai apa yang ingin Anda lakukan, ini merupakan sifat yang hebat.

Tapi, multitasking mungkin bukan kekuatan Anda. Meski demikian Anda mungkin merasa menangani beberapa tugas sekaligus rasanya sedikit menantang.

Anda ulet, bisa keras kepala, dan juga tidak takut, artinya Anda tidak takut menghadapi ketakutan terbesar Anda.

Namun, jika Anda melihat seekor burung melebarkan sayapnya terlebih dahulu saat melihat gambar tersebut, Anda adalah orang yang kreatif.

Orang mungkin melihat Anda sebagai sosok periang dan tidak bertanggung jawab, tetapi Anda imajinatif dan memiliki keinginan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Anda juga memiliki perspektif unik tentang dunia yang berarti Anda dapat berpikir di luar kebiasaan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.