Sukses

AS Minta Kerja Sama China untuk Atasi Krisis Iklim Bersama, Kedua Negara Penyumbang Gas Rumah Kaca Terbesar

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen telah meminta China untuk bekerja dengan Washington untuk memerangi "ancaman eksistensial" perubahan iklim.

Liputan6.com, Beijing - Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen telah meminta China untuk bekerja dengan Washington untuk memerangi "ancaman eksistensial" perubahan iklim.

Yellen mengatakan kedua negara, yang merupakan penghasil gas rumah kaca terbesar, memiliki tanggung jawab bersama untuk memimpin jalan dalam aksi iklim. Dia meminta China untuk mendukung Dana Iklim Hijau yang dipimpin AS.

Menkeu AS itu sedang dalam perjalanan empat hari ke Beijing dalam upaya untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara.

Wakil Perdana Menteri China He Lifeng, yang termasuk di antara mereka yang bertemu dengan Yellen, mengatakan dia menyesalkan "insiden tak terduga", seperti perselisihan tentang balon mata-mata, telah merusak hubungan dengan Amerika Serikat.

Belum ada kerja sama formal antara China dan AS mengenai perubahan iklim sejak pemerintahan mantan Presiden Donald Trump.

Dan China secara singkat menangguhkan pembicaraan iklim sepenuhnya dengan AS tahun lalu setelah Demokrat senior Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan yang bersengketa dengan Beijing. Taipei memiliki pemerintahan sendiri tetapi Beijing melihat pulau itu sebagai provinsi yang memisahkan diri yang pada akhirnya akan bersatu.

Tetapi sebagai tanda bahwa kerja sama dapat segera dilanjutkan, Yellen meminta China untuk bekerja sama dengan AS untuk memerangi perubahan iklim dan mengurangi dampaknya terhadap negara-negara miskin.

Selama pertemuan meja bundar di Beijing dengan para ahli keuangan, dia meminta China untuk mendukung lembaga-lembaga yang dipimpin AS seperti Dana Iklim Hijau, yang dibentuk untuk membantu negara-negara berkembang beradaptasi dengan perubahan iklim dan mengurangi dampaknya.

"Sebagai dua penghasil emisi gas rumah kaca terbesar di dunia dan investor terbesar dalam energi terbarukan, kami memiliki tanggung jawab bersama dan kemampuan untuk memimpin," kata Yellen seperti dikutip dari BBC (9/7/2023).

AS, sementara itu, telah menginvestasikan miliaran dolar dalam beberapa tahun terakhir ke dalam inisiatif yang bertujuan mengatasi krisis iklim tetapi juga melihat emisinya sedikit meningkat tahun lalu, menurut Badan Energi Internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan China

China berargumen bahwa mereka masih negara berkembang dan berpikir dua kali untuk bergabung dengan AS dalam mendanai transisi dunia ke energi terbarukan.

Beijing mengatakan terserah AS dan Eropa untuk membayar transisi energi, karena mereka secara historis menciptakan sebagian besar emisi.

Yellen adalah pejabat senior Washington kedua yang mengunjungi Beijing dalam dua bulan terakhir. Kehadirannya di sana bertujuan untuk meredakan ketegangan dan memulihkan hubungan antara dua negara adidaya dunia.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Beijing bulan lalu, menjadikannya pejabat Washington berpangkat tertinggi yang mengunjungi ibu kota China dalam hampir setengah dekade. Dia bertemu Presiden Xi Jinping dan menteri luar negeri Qin Gang.

Di akhir perjalanannya, Blinken mengatakan bahwa meskipun masih ada masalah besar di antara kedua negara, dia berharap mereka akan memiliki "komunikasi yang lebih baik, keterlibatan yang lebih baik ke depan."

Namun, keesokan harinya Presiden Joe Biden menyebut Xi sebagai "diktator" - memicu kemarahan dari Beijing.

Dalam tanda lain, sengketa perdagangan antara kedua negara masih jauh dari diselesaikan, China minggu ini mengumumkan akan memperketat kontrol atas ekspor dua bahan penting untuk memproduksi chip komputer.

Mulai bulan depan, lisensi khusus akan diperlukan untuk mengekspor galium dan germanium dari China, yang merupakan produsen logam terbesar di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini