Sukses

50 WNI Naik Haji Undangan Khusus Raja Salman, Kuota Indonesia Terbanyak

Sebanyak 50 warga Indonesia mendapatkan undangan haji dari Raja Salman. Acara pelepasan jemaah haji dihadiri oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 50 warga negara Indonesia (WNI) mendapat undangan haji dari Raja Salman. Pelepasan keberangkatan mereka ke Tanah Suci dilakukan di Hotel St. Regis Jakarta pada Rabu (21/6/2023), oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H. Amodi.

"Merupakan kebahagiaan bagi saya untuk turut serta hadir dalam acara pelepasan tamu undangan," ucap Duta Besar Arab Saudi dalam sambutannya.

Adanya undangan haji dari Raja Salman untuk jemaah haji terpilih dari berbagai penjuru dunia menunjukkan komitmen Kerajaan Arab Saudi, dalam memberikan pelayanan haji semaksimal mungkin.

"Kerajaan Arab Saudi telah memanfaatkan potensi, serta semua kemampuan finansial dan SDM yang dimilikinya," ucap Faisal.

Segala upaya tersebut adalah untuk memfasilitasi, merawat, dan melayani jemaah haji dari seluruh dunia semaksimal mungkin mulai dari kedatangan hingga kembali ke tanah airnya masing-masing.

"Kehormatan bagi Arab Saudi untuk melayani dan memfasilitasi tamu Allah (jemaah haji)," kata Faisal.

Dari 231.000 kuota haji untuk Indonesia, 50 di antaranya adalah para tamu undangan yang terpilih berdasarkan hasil koordinasi antara otoritas Arab Saudi dan otoritas terkait di Indonesia.

"Sekitar 50 jemaah haji merupakan tamu khusus," ucap Dubes Faisal, "Setiap tahun mengundang orang-orang pilihan dari berbagai negara Islam."

Faisal juga menegaskan bahwa siapa pun berkesempatan menjadi tamu undangan Raja Salman. "Seluruh lapisan masyarakat dapat mengajukan permohonan undangan," ucap Faisal.

"Kriteria tamu undangan dikoordinasikan dengan otoritas terkait di Arab Saudi," tambahnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masyarakat Biasa Juga Bisa Diundang

Dalam acara pelepasan tersebut, Dubes Faisal juga mengimbau agar para jemaah haji mematuhi instruksi yang diberikan otoritas Kerajaan Arab Saudi.

"Komitmen saudara sekalian terhadap instruksi berkontribusi bagi kesuksesan musim haji tahun ini," ucapnya.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, yang juga merupakan salah satu tamu undangan Raja Salman tahun ini, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah tamu undangan khusus terbanyak dibandingkan dengan negara-negara Islam lainnya.

"Suatu kebanggaan, selalu mendapat undangan terbanyak," ucapnya.

Menurut Nasaruddin, selain mereka yang memiliki pengaruh di negerinya, warga yang memiliki jasa dalam berdakwah juga banyak yang mendapatkan undangan.

Baginya, ini merupakan pemerataan undangan yang baik oleh Kerajaan Arab Saudi.

Nasaruddin berharap Kerajaan Arab Saudi akan terus memberikan prioritas khusus untuk Indonesia.

Belakangan ini, Nasaruddin mengaku bahwa upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mendukung moderasi umat beragama sangat patut diapresiasi.

"Gagasan pemerintah Arab Saudi mendukung moderasi umat beragama, mengajak masyarakat Islam berpikiran maju," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Jemaah Haji 2023 dari Seluruh Dunia Mulai Tiba di Madinah, Otoritas Arab Saudi Sambut dengan Bunga Mawar dan Kurma

Tak sekedar komitmen, Arab Saudi tunjukkan keantusiasannya dalam menyambut para jemaah haji seluruh dunia yang mulai berdatangan di Madinah.

Para jemaah haji dilaporkan berbondong-bondong mulai tiba di Kerajaan Arab Saudi. Menurut laporan Saudi Gazette, Selasa (6/6/2023), jemaah dari berbagai penjuru dunia sudah mendarat di Bandara Internasional Mohammed bin Abdulaziz di Kota Madinah.

Banyak dari jemaah haji yang dilaporkan tertarik berkunjung ke Madinah untuk berkunjung ke Makam Nabi Muhammad SAW dan mengunjungi berbagi lokasi dan masjid bersejarah yang berlokasi di Madinah.

Pihak berwenang di Arab Saudi menyambut para jemaah di bandara dengan mawar dan kurma. Prosedur masuk juga dilaporkan berjalan lancar.

Tim kesehatan seperti Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi (SRCA) di Madinah juga mulai menerapkan rencana operasional untuk Haji musim ini. Rencana itu akan dioperasikan hingga 15 Muharram tahun 1445 Hijriyah.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Tunjukkan Toleransi, Komunitas Sikh Beri Kalung Bunga ke Warga Muslim Hendak Naik Haji

Tidak hanya otoritas Arab Saudi, komunitas Sikh juga ikut sambut para jemaah, tunjukkan toleransi umat beragama.

Pesan kerukunan antaragama ditunjukkan komunitas Sikh di perbatasan tehsil Karnah di Distrik Kupwara, Kashmir Utara. Pasalnya, mereka mengucapkan selamat tinggal kepada jemaah haji setempat yang hendak menunaikan ibadah ke Arab Saudi.

Anggota komunitas Sikh memberikan kalung bunga dan menyatakan solidaritas dan dukungan mereka untuk masyarakat Muslim yang hendak naik haji.

Jatinder Singh, seorang anggota komunitas Sikh, menekankan ikatan yang kuat antara komunitas Sikh dan Muslim di wilayah tersebut, dikutip dari laman thenewsmill.com, Selasa (20/6/2023).

"Kami hidup bersama Muslim dalam persaudaraan dan berpartisipasi secara setara dalam setiap kesempatan. Adalah tugas kita untuk menyampaikan harapan dan dukungan kepada saudara-saudari Muslim kita yang melakukan ibadah haji."

Jasvinder Singh menyampaikan doa untuk mereka yang melakukan perjalanan haji dan berkata; "Kami berdoa kepada Tuhan agar haji mereka diterima oleh Allah. Kita semua adalah saudara dan saudari, terlepas dari agama kita."

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini