Sukses

Meski Hadapi 37 Dakwaan, Donald Trump Tetap Akan Maju Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia akan melanjutkan pencalonannya pada Pilpres AS 2024, bahkan jika dia didakwa secara federal atas 37 tuduhan.

Liputan6.com, New York - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia akan melanjutkan pencalonannya pada Pilpres AS 2024, bahkan jika dia didakwa secara federal atas 37 tuduhan terkait dengan penanganannya terhadap dokumen rahasia.

"Saya tidak akan pernah mundur," kata Trump (76) ketika ditanya Politico soal kans-nya dalam pilpres mendatang.

"Dengar, jika saya mundur, saya akan mundur sebelum pemilu pada tahun 2016," lanjut mantan presiden AS itu pada Sabtu 10 Juni 2023 dalam sebuah wawancara dengan Politico di pesawat pribadinya, dikutip dari New York Post (11/6/2023).

Berdasarkan peraturan di AS, dakwaan, dan bahkan hukuman, tidak secara hukum mendiskualifikasi Trump dari mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024 atau bahkan melayani negara jika terpilih, kata Chris Edelson, asisten profesor di American University yang berspesialisasi dalam kekuasaan presiden, dikutip dari Axios.

Trump, yang membantah melakukan kesalahan dan mengecam dakwaan itu sebagai "perburuan penyihir bermotif politik" mengatakan kepada Politico bahwa dia tidak berharap untuk dihukum dan bahwa dia tidak berencana untuk mengambil kesepakatan pembelaan kecuali ada skenario "di mana mereka membayar saya beberapa kerusakan."

Ketika ditanya tentang prospek mengampuni dirinya sendiri jika dia memenangkan Gedung Putih lagi, dia berkata: "Saya tidak berpikir saya harus melakukannya. Saya tidak melakukan kesalahan apa pun."

Dakwaan setebal 49 halaman terhadap mantan Presiden Donald Trump dibuka di Miami pada Jumat 9 Juni 2023. Itu merupakan dakwaan kedua dalam beberapa bulan dan menandai pertama kalinya dalam sejarah AS seorang mantan presiden menghadapi dakwaan federal.

Tuduhan itu mencakup 31 dakwaan soal kesalahan dalam penyimpanan dokumen pertahanan nasional dan berkonspirasi untuk menghalangi keadilan.

Sebelumnya pada April, Trump juga didakwa atas dugaan pemalsuan catatan bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump Kecam Dakwaan terhadap Dirinya

Dalam sebuah pidato, Trump mengecam dakwaan yang dialamatkan terhadap dirinya. Ia mengkritik Kementerian Kehakiman AS dan pemerintahan Presiden AS Joe Biden saat ini sebagai "korup" dan menyebut dakwaan tersebut "tidak berdasar" serta bentuk dari "campur tangan pemilu".

FBI menyita banyak dokumen yang diduga disimpan secara tidak sah di perkebunan Mar-A-Lago Trump pada Agustus 2022.

Penyelidik menemukan kotak-kotak berisi dokumen di seluruh properti, termasuk "ballroom, kamar mandi dan pancuran, ruang kantor, kamar tidurnya, dan ruang penyimpanan," menurut dakwaan.

Semua 37 dakwaan terhadapnya berpotensi atas hukuman mulai dari 5 hingga 20 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.