Sukses

6 Potret Putra Mahkota Yordania dan Rajwa Alseif, Ternyata Istrinya Keturunan Keluarga Raja Salman

Pewaris takhta Yordania pada hari Kamis menikah dengan salah satu keluarga pebisnis terkemuka Arab Saudi, dari keluarga Raja Salman, dalam sebuah upacara mewah yang dihadiri oleh bangsawan internasional dan kepala negara.

Liputan6.com, Amman - Upacara pernikahan yang meriah antara pewaris takhta Yordania dan wanita dari salah satu keluarga pebisnis terkemuka Arab Saudi diselenggarakan pada Kamis 1 Juni 2023 lalu. Dihadiri sejumlah bangsawan internasional dan kepala negara.

Mengutip dari media CNN, Jumat (2/6/2023), diketahui sejumlah tamu yang hadir mulai dari Pangeran Inggris dan Putri Wales hingga ibu negara AS Jill Biden.

Ada hampir 140 tamu yang tiba di Istana Zahran di ibu kota Yordania, Amman, untuk menyaksikan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II yang berusia 28 tahun dan tunangannya Rajwa Alseif menikah.

Sang pengantin wanita, Rajwa Alseif ternyata berasal dari keluarga penguasa Saudi. Berikut ini delapan potret kedua pengantin royal wedding Yordania tersebut, merangkum sejumlah sumber:

1. Dari Keluarga Terkemuka Al-Sudairi, Keluarga Raja Salman

Rajwa Alseif sang pengantin wanita itu memiliki hubungan dengan putra mahkota dan penguasa de facto Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Ibu Rajwa berasal dari keluarga terkemuka Al-Sudairi, keluarga yang sama dengan Raja Salman. Sudairi Seven atau Tujuh Sudairi adalah nama yang diberikan kepada aliansi tujuh pangeran dalam keluarga kerajaan Saudi, yaitu anak-anak dari Raja Abdulaziz dan Hussa binti Ahmed Al Sudairi yang dianggap sebagai istri kesayangannya. Oleh karena itu, keluarga Al Sudairi sangat menonjol di Arab Saudi.

Raja Salman dari Arab Saudi adalah salah satu dari apa yang disebut "Tujuh Sudairi".

(Sumber: ROYAL HASHEMITE COURT)

2. Calon Ratu Yordania

Rajwa Alseif yang berusia 29 tahun, merupakan seorang arsitek Saudi lulusan Universitas Syracuse di New York. Mulai saat ini, Rajwa akan dikenal sebagai Yang Mulia Putri Mahkota Yordania, dan ketika Putra Mahkota naik takhta, gelarnya akan berubah menjadi Ratu Rajwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pengantin Wanita Berasal dari Keluarga Terkemuka dan 4 Bersaudara

Rajwa lahir di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, pada 28 April 1994. Ia memiliki tiga kakak yaitu Faisal, Nayef, dan Dana.

Hanya sedikit yang diketahui tentang bagaimana Rajwa dan Hussein bertemu, tetapi mereka mengumumkan pertunangan pada Agustus 2022. Walaupun begitu, Rajwa baru mulai sering terlihat bersamaan dengan para bangsawan pada tahun 2023 ini.

4. Pakai Flat Shoes

(Sumber: Twitter/@RHCJO)

Dalam resepsi pernikahannya, Rajwa Alseif tampil menawan dengan gaun rancangan desainer asal Lebanon Elie Saab dan flat shoes berwarna putih. Jika biasanya pengantin wanita memakai hak tinggi, Rajwa memilih untuk tampil sederhana, namun apa yang dipakainya tetap terlihat mewah dan elegan.

 

3 dari 4 halaman

5. Proses Pesta Pernikahan

Acara dimulai pukul 09.00 (ET), ketika raja dan ratu Yordania mulai menerima tamu di Istana Zahran. Angkatan bersenjata Yordania memainkan musik saat hadirin datang untuk menyambut dan memberi selamat kepada keluarga kerajaan.

Acara kemudian dipindahkan ke gazebo di taman istana, di mana pasangan dan ayah mereka menandatangani akad nikah dalam upacara Islam yang dikenal dengan "Katb Al-Kitab" dan bertukar cincin.

Yang Mulia Putra Mahkota Al Hussein dan Putri Rajwa Al Hussein dalam iring-iringan dalam mobil merah. (Sumber: Twitter/@RHCJO)

Di luar istana, kerumunan yang gembira bersorak dan melambai-lambaikan bendera saat mereka menunggu iring-iringan yang membawa pengantin baru sepanjang rute enam mil melintasi ibu kota.

Jalanan telah dihiasi selama berhari-hari dengan foto pasangan itu dan bendera Yordania.

4 dari 4 halaman

6. Pangeran MBS Absen

Sejumlah tamu yang datang ke pernikahan anak sulung Raja Abdullah II dan Ratu Rania itu antara lain Pangeran William dan Kate Middleton atau Putri Catherine, Putri Beatrice dan suaminya dari Inggris; Raja Philippe dan Putri Mahkota Elisabeth dari Belgia; Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden dan putrinya Ahsley Biden; Putra Mahkota Denmark Pangeran Frederik dan Putri Mary; Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda; Putri Mahkota Swedia Victoria dan Pangeran Daniel serta banyak lagi.

Dari sekian bangsawan yang hadir, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dilaporkan absen.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.