Sukses

PM Jepang Pecat Sang Anak Shotaro Kishida dari Jabatan Sekretarisnya Karena Perilaku Tidak Pantas

Shotaro Kishida merupakan anak sulung dari PM Jepang Fumio Kishida yang sekaligus menjabat sebagai sekretaris politiknya.

Liputan6.com, Tokyo - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengumumkan bahwa putranya, Shotaro Kishida, akan dicopot sebagai sekretarisnya. Pengumuman itu muncul setelah foto-foto Shotaro dan kerabatnya berdiri di podium resmi dengan gaya seolah-olah sedang menggelar konferensi pers memicu keributan publik.

PM Kishida mengatakan bahwa pencopotan Shotaro per Kamis (1/6/2023), dilakukan atas perilaku tidak pantasnya di kediaman resmi perdana menteri. 

Dilansir Channel News Asia, Selasa (30/5/2023), foto-foto tersebut diterbitkan oleh sebuah majalah mingguan pekan lalu.

"Perilakunya di ruang publik tidak pantas sebagai seseorang yang menduduki posisi resmi sebagai sekretaris politik. Saya telah memutuskan untuk menggantinya sebagai bentuk pertanggungjawaban," ujar PM Kishida.

Peristiwa ini kemudian mengundang kritik dari Seiji Osaka, anggota parlemen senior dari partai oposisi terbesar, Partai Demokratik Konstitusional Jepang. Dia mengatakan bahwa pemecatan seharusnya dilakukan lebih awal.

"Ini sudah terlambat. Saya menduga (Kishida) menunjuk seseorang yang tidak mampu (menjadi) pembantu perdana menteri untuk jabatan itu," kata Osaka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Skandal Terbaru

Shotaro yang berusia 32 tahun sebelumnya juga sempat memicu kehebohan publik. 

Pria yang merupakan putra sulung PM Kishida itu dilaporkan pergi belanja dan jalan-jalan di Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat menggunakan kendaraan resmi saat dia menemani ayahnya melawat ke sana pada Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini