Sukses

Promosikan Budaya Indonesia, Dubes RI untuk Bulgaria Gelar Festival Harmonature

KBRI Sofia dengan bangga mempersembahkan "Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara," sebuah konser tak terlupakan untuk merayakan persahabatan dan kekayaan warisan budaya Indonesia dan Bulgaria.

Liputan6.com, Sofia - Konser bertemakan "Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara", akan diselenggarakan di Bulgaria oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di bulan Juni mendatang.

Tepatnya pada 8 Juni 2023, mulai pukul 21.00, di Ancient Theater Plovdiv - sekitar 90 menit dari Kota Sofia, ibu kota negara Bulgaria. Dipersembahkan untuk merayakan persahabatan dan kekayaan warisan budaya Indonesia dan Bulgaria.

Acara ini akan diisi dengan serangkaian penampilan dari artis Indonesia, maupun Bulgaria. Seperti Ethnochestra, konser okestra yang dipimpin oleh konduktor ternama Erwin Gutawa, dan kelompok musiknya yang terdiri dari hampir 50 pemain dari Indonesia.

Ethnochestra sudah pernah beberapa kali menampilkan tradisi musik kepulauan Indonesia yang dinamis. Melalui melodi tradisional yang berpadu dengan musik kontemporer, penonton akan dibawa ke lanskap Indonesia yang menawan.

Selain itu, akan ada juga beberapa penampilan dari penyanyi ternama Indonesia dan Bulgaria, proyeksi pemetaan 3D spektakuler, tarian, dan peragaan busana.

Konser Harmonature terbuka untuk umum, tanpa biaya tiket. 

Acara ini diperkirakan akan menarik penonton sebanyak 3.000 hingga 4.000 orang, dan juga akan disiarkan langsung di youtube : Indonesiainsofia.

Di bawah binaan Duta Besar RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta, diharapkan "Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara" dapat mendorong pertukaran budaya dan mempererat ikatan.

Acara ini disponsori oleh Artha Graha, Bella Group Bulgaria, Kementerian Investasi RI, Sido Muncul, Vaya Group Bulgaria, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Christian of Roma Bulgaria. Serta didukung oleh Pemerintah Kota Plovdiv dan Euronews Bulgaria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rangkaian Acara

Harmonature adalah harmonisasi keeratan hubungan alam dengan musik, menawarkan perpaduan yang memukau antara musik tradisional dan kontemporer Indonesia.

Maka dari itu, penampilan dari Ethnochestra akan menjadi inti acaranya.

Perpaduan modern dan sejarah kuno juga akan tampak pada proyeksi pemetaan 3D spektakuler oleh Jay Subiakto dan Taba. Proyeksi pada pilar dan dinding Ancient Theater ini akan menampilkan alam Indonesia dan menyoroti Nusantara. Sajian visual ini akan menjadi jembatan antara sejarah kuno dan seni kontemporer.

Kemudian, Petya Paneva, penyanyi Bulgaria dan pemenang The Voice of Bulgaria 2021, akan berkolaborasi dengan penyanyi Indonesia, Woro Mustika (Indonesian Idol 2021) untuk memadukan kekayaan tradisi musik Bulgaria dan Indonesia.

Dua penyanyi ternama Indonesia lainnya juga akan ambil bagian, Sandhy Sundhoro, pemenang International Contest of Young Pop Singer New Wave 2009, dan Gabriel Harvionto. 

Semua penampil akan mengenakan Batik Indonesia yang sangat indah oleh Iwan Tirta Private Collection.

Konser juga akan menampilkan penampilan memukau dari Pesona Mawar Nusantara, satu-satunya kelompok tari Indonesia di Bulgaria, serta Bidadari, kelompok tari Indonesia dari Serbia. 

Selain itu, Harmonature akan menampilkan peragaan busana oleh Sejauh Mata Memandang, jenama Indonesia yang terkenal dengan batik ramah lingkungannya. Peragaan busana ini ini akan menyoroti perpaduan busana modern yang ramah lingkungan dan budaya, menunjukkan komitmen Indonesia untuk melestarikan kerajinan tradisional.

3 dari 4 halaman

Tujuan Acara

Acara ini mempunyai tiga tujuan utama.

Pertama, untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran tentang budaya Indonesia, dan Nusantara, kepada masyarakat Bulgaria. Sekaligus sebaliknya, memperkenalkan dan mempromosikan Bulgaria, khususnya Plovdiv sebagai kota budaya, kepada masyarakat Indonesia.

Kedua, dengan meningkatkan people-to-people contact, konser ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman budaya antara orang Indonesia dan Bulgaria. Hal ini akan mendorong hubungan pariwisata dan ekonomi antara kedua negara.

Terakhir, Harmonature berfungsi sebagai wadah untuk memfasilitasi pertemuan bisnis, menciptakan peluang akses pasar baik dari Indonesia maupun Bulgaria.

 

4 dari 4 halaman

Dipersiapkan Selama Hampir Satu Tahun

Harmonature pertama kali diinisiasi oleh Duta Besar Iwan Bogananta tahun 2021. Bersama dengan seluruh tim KBRI Sofia, mereka mempersiapkan secara detail acara ini selama hampir satu tahun untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung.

Tema “Harmonizing the Nature of Nusantara” sendiri dipilih untuk menjalankan fokus program Pemerintah RI dalam mempromosikan Nusantara, sebagai sustainable forest city ke masyarakat internasional.

Jadi dapat dibilang bahwa acara ini mempererat persahabatan dan warisan budaya dari Indonesia dan Bulgaria melalui harmonisasi hubungan alam dengan musik, mau itu musik tradisional ataupun kontemporer.

Perpaduan tampilan antara warga negara Bulgaria dan Indonesia akan membuktikan persahabatan kedua negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini