Sukses

Raja Charles III Makin Tajir Pasca Ratu Elizabeth II Meninggal, Kekayaannya Mencapai Rp34,2 Triliun

Kekayaan Raja Charles III saat ini bahkan diklaim melampaui Ratu Elizabeth II semasa hidupnya.

Liputan6.com, London - Sulit dibantah bahwa Raja Charles III dan anggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya merupakan salah satu magnet pemberitaan dunia. Gerak-gerik, selera fesyen, skandal masa lalu, hingga kekayaan mereka nyaris selalu menjadi topik menarik untuk dibahas.

Di tengah sorotan tanpa henti, faktanya, sejumlah laporan tidak menempatkan Monarki Inggris sebagai kerajaan paling tajir di dunia. Sebut saja laporan SCMP pada Juni 2022, yang menyebutkan bahwa kerajaan paling kaya adalah Arab Saudi dengan nilai taksiran US$ 1,4 triliun atau Rp20 kuadriliun.

Demikian pula dengan situs web therichest, yang mendudukkan Arab Saudi pada urutan pertama dengan perkiraan serupa.

SCMP dan therichest menempatkan Kerajaan Inggris pada posisi kelima dengan nilai taksiran US$ 88 miliar atau sekitar Rp1,3 kuadriliun.

Terlepas dari laporan itu, Raja Charles III sendiri disebut makin tajir. Menurut The Guardian, pasca Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022, kekayaan bersih ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry tersebut menjadi sekitar US$ 2,3 miliar atau Rp34,2 triliun.

CBS News mengklaim, kekayaan Raja Charles III saat ini bahkan melampaui Ratu Elizabeth II semasa hidupnya.

Forbes melaporkan, Raja Charles III mewarisi aset senilai US$ 500 juta atau sekitar Rp7,4 triliun pasca kematian sang ibu. Tidak diketahui persis apa yang dia warisi, namun spekulasi menyebutkan bahwa itu mencakup investasi pribadi Ratu Elizabeth II, perhiasan, kepemilikan real estate, dan banyak lagi.

Angka pasti kekayaan Raja Charles III jelas sulit diketahui publik. Namun, sejumlah aset bernilai fantastis berikut, mungkin cukup untuk menggambarkan limpah ruahnya harta dari mertua Kate Middleton dan Meghan Markle ini.

Berikut ulasannya seperti dilansir dari SCMP, Senin (22/5/2023):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kuda, Karya Seni, dan Prangko

Ratu Elizabeth II jelas sangat menghargai kuda. Berdasarkan laporan The Guardian, dia memiliki 70 kuda ras murni senilai US$ 34 juta atau sekitar Rp506 miliar.

Laporan yang sama menyatakan bahwa Raja Charles III memperoleh sekitar US$ 3 juta atau sekitar Rp44,6 miliar dari penjualan sejumlah kuda di pelelangan pasca kematian Ratu Elizabeth II.

Raja Charles III diyakini juga mewarisi koleksi prangko langka Ratu Elizabeth II. CBS News melaporkan bahwa itu merupakan koleksi prangko terbaik di dunia.

The Guardian mengungkapkan bahwa prangko-prangko tersebut berasal dari berbagai belahan dunia, termasuk Laos, Kanada, dan sejumlah negara lain, serta diperkirakan bernilai total US$ 125 juta atau sekitar Rp1,8 triliun.

Bila itu belum cukup mencengangkan, Raja Charles III turut mewarisi sejumlah karya seni dari Monet serta Chagall dan Dali senilai sekitar US$ 30 juta atau kira-kira Rp446 miliar.

3 dari 5 halaman

2. Properti

Raja Charles III memiliki kepemilikan pribadi atas sejumlah properti, termasuk kastil, di luar status kepemilikannya sebagai pemimpin monarki.

Dikutip dari Insider, beberapa properti pribadi Raja Charles III adalah Sandringham House yang ditaksir senilai US$ 73 juta atau sekitar Rp1 triliun dan Kastil Balmoral yang diperkirakan bernilai US$ 118 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

4 dari 5 halaman

3. Mobil

Raja Charles III disebut sebagai pecinta mobil. Menurut The Guardian, dia diyakini memiliki 23 mobil, namun tidak semuanya merupakan milik pribadi.

Konon mobil-mobil pribadi Raja Charles III bernilai US$ 8 juta atau Rp119 miliar. Aston Martins, Jaguars, Bentleys, dan Land Rovers dilaporkan menjadi deretan dari koleksinya.

Raja Charles III juga sekarang menjadi pemilik dari Rolls-Royce Phantom VI dan Bentley State Limousine, yang masing-masing dirancang untuk melambangkan ulang tahun perak dan emas Ratu Elizabeth II. Kedua supercar itu diklaim termasuk daftar mobil milik pemimpin dunia paling terkenal.

5 dari 5 halaman

4. Permata Mahkota

Salah satu sumber kekayaan utama Monarki Inggris adalah permata mahkota, yang merupakan berbagai berlian, perhiasan, mahkota, serta aksesoris kerajaan lainnya.

Menurut Elle, Raja Charles III mewarisi koleksi pribadi permata mahkota dari Ratu Elizabeth II senilai ratusan juta dolar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.