Sukses

Siput Pelangi Langka Ditemukan di Pantai Inggris, Seperti Gumpalan Berwarna-Warni

Makhluk yang tidak biasa - dikenal sebagai Babakina anadoni - biasanya ditemukan di perairan yang lebih hangat, tetapi baru-baru ini ditemukan oleh penyelam di sekitar Inggris. Siput laut ini berwarna-warni.

Liputan6.com, Falmouth - Spesies siput laut yang sangat langka dan tidak biasa - dikenal sebagai Babakina anadoni -- ditemukan di sebuah pantai di Inggris.

Makhluk ini ditemukan oleh seorang pemandu safari yang menjelajahi kolam pasang surut atau kolam batu yang terletak di Falmouth, Cornwall pada awal Mei lalu.

Spesies ini sering disebut sebagai siput laut pelangi. Memiliki ciri khas warna cerah dan bentuk yang tidak normal.

Melansir dari media Mirror, Senin (5/6/2023), spesies ini adalah anggota dari keluarga nudibranch aeolid dan biasanya ditemukan di perairan yang lebih hangat, seperti pantai barat Spanyol dan jauh di bagian selatan Atlantik.

Tapi baru-baru ini, spesies itu ditemukan di sekitar Inggris oleh seorang penyelam. Sedangkan, penampakan pertamanya ada pada bulan Agustus tahun 2022 lalu oleh dilaporkan sukarelawan Seasearch di Kepulauan Scilly.

Beberapa minggu kemudian, satu lagi ditemukan oleh seorang wanita yang sedang snorkeling di West Cornwall.

Penemuan terakhir dilaporkan oleh Vicky Barlow, yang menjadi sukarelawan untuk perusahaan kepentingan komunitas The Rock Pool Project. Sebelumnya ia menemukan kepiting besar yang bisa dimakan, bulu babi berwarna hijau, dan beberapa bintang bantal. Siput pelangi adalah temuan terbarunya.

Vicky Barlow menulis dalam blognya, "Jika Anda sudah sering kali memburu makhluk di kolam pasang surut seperti yang saya lakukan tahun lalu, Anda mulai bisa merasakan batu mana yang kemungkinan besar memiliki sesuatu yang menarik di bawahnya."

"Batu terakhir yang saya cek cukup besar dan berat, ditutupi dengan berbagai rumput laut, dan ketika diangkat, sesuatu yang sangat terang warnanya menarik perhatian saya. Karena sudah banyak membaca tentang nudibranch baru-baru ini, saya tahu persis apa gumpalan warna-warni di depan saya itu!".

"Rainbow Sea Slug (Siput Laut Pelangi) yang sangat langka! Setelah ditempatkan dengan hati-hati di dalam wadah untuk dilihat, hewan cantik itu membentangkan dan menampakkan dirinya dengan penuh warna."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diabadikan dan Datanya Dibagikan untuk Peneliti

Baru-baru ini, Vicky memenuhi syarat sebagai pemandu safari kolam batu, dan membantu penduduk setempat serta turis untuk menemukan margasatwa kolam batu Falmouth.

Setelah semua orang mengambil beberapa foto dan menghabiskan sedikit waktu menontonnya, kami mengambil makhluk yang sangat kecil ini, menaruhnya ke kolam.

"Saya menyertakan salah satu gambar siput laut pelangi yang baru saat kami mengunggah data BioBlitz ke database Rock Pool Project.

"Catatan ini dibagikan melalui IRecord dan National Biodiversity Network (Jaringan Keanekaragaman Hayati Nasional) dan oleh karena itu akan tersedia secara bebas untuk peneliti, konservasionis, dan masyarakat umum. Saat ini tidak ada catatan untuk spesies ini di Biodiversity Network, maka dari itu ini harus menjadi yang pertama!".

3 dari 4 halaman

Siput Laut

Nudibranch, sering dikenal sebagai siput laut, adalah hewan laut bertubuh lunak yang dikenal dengan warna yang sangat cerah dan bentuknya yang mencolok.

Mereka sangat mirip dengan kerabat mereka yang tinggal di kebun darat dan memiliki pola makan yang terdiri dari rumput laut, anemon, dan siput laut lainnya.

Siput laut dapat memasukkan sel penyengat dari mangsanya ke dalam tubuh mereka sendiri, memberikan mereka pertahanan terhadap predator.

Spesies Babakina anadoni ini dapat bertumbuh panjang sekitar 2 cm, pertama kali dideskripsikan pada tahun 1979.

4 dari 4 halaman

Penemuan Aneh di Pantai Inggris

Masih tentang penemuan di pantai Inggris, sebelumnya sebuah makhluk laut misterius ditemukan terdampar dan membuat para ahli bingung.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (25/5/2018), bangkai makhluk mirip alien sepanjang 1,5 meter itu ditemukan terdampar di atas pasir oleh anjing milik Beth Jannetta.

Wanita 41 tahun itu terkejut ketika melihat monster misterius yang memiliki kepala panjang, rahang raksasa dan ekor ramping. Ia kemudian memotretnya dan meneruskan foto-fotonya kepada para ahli.

Sejauh ini ahli kelautan belum dapat mengidentifikasi makhluk misterius itu, tetapi memperkirakan bahwa binatang itu bisa jadi sejenis ikan paus, lumba-lumba, atau porpoise.

"Aku tengah lari dengan anjing ketika menemukan makhluk misterius itu. Tampak seperti cetacea yang sudah lapuk bagiku. Orang lain pikir itu adalah sesuatu yang berbeda, seperti buaya. Akan sangat menarik untuk mengetahui spesies apa itu," ujar Jannetta yang menemukan kerangka makhluk misterius itu di Pantai Rhossili, Gower.

Untuk baca selengkapnya klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini