Sukses

Gempa Magnitudo 7,6 Guncang Tonga, Getaran Terasa Hingga Samoa

Gempa bumi berkekuatan 7,6 mengguncang negara kepulauan Pasifik Tonga pada Kamis 11 Mei 2023 dini hari.

Liputan6.com, Nuku'alofa - Gempa bumi berkekuatan 7,6 mengguncang negara kepulauan Pasifik Tonga pada Kamis 11 Mei 2023 dini hari. Kendati demikian sejauh ini belum ada laporan korban luka atau kerusakan.

"Gempa tersebut terjadi pada pukul 16.02 GMT sekitar 100 km dari pulau vulkanik terpencil Niuatoputapu di Tonga pada kedalaman 210 km," kata Survei Geologi AS seperti dikutip dari AFP.

Sejauh ini kata USGS, tidak ada risiko tsunami.

"Kami mendapat telepon pagi-pagi sekali dari orang-orang yang merasakannya (gempa bumi), tetapi belum ada laporan kerusakan," kata Gary Vite, kepala ahli meteorologi di Layanan Meteorologi Tonga di dekat ibu kota Nuku'alofa.

Gempa bumi Tonga juga dirasakan sekitar 360 km dari pusat gempa di ibu kota Samoa, Apia.

Juru bicara Badan Meteorologi Samoa mengatakan "getaran kuat" mengguncang kantor di dekat Apia, tetapi tidak ada laporan kerusakan.

Tonga dan Samoa terletak di jalur "Cincin Api" Pasifik, tempat lempeng tektonik sering bergeser. Oleh sebab itu kedua wilayah tersebut sering mengalami aktivitas seismik.

September tahun 2023 lalu, gempa berkekuatan magnitudo 7,3 dilaporkan melanda dekat Tonga. Peringatan tsunami sempat dikeluarkan untuk pulau-pulau terdekat.

Mengutip Japan Times, Sabtu 12 November 2022, pemerintah Tonga sempat mengeluarkan peringatan tsunami dan mendesak penduduk untuk pindah ke daratan, ke tempat yang lebih tinggi pada Jumat 11 November setelah gempa bumi berkekuatan 7,3 melanda laut sekitar 207 km dari ibu kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini