Sukses

Seperti Kasus Teddy Minahasa, 3 Polisi dari Nigeria hingga AS Ini Terjerat Kasus Narkoba dan Ditangkap

Mirip kasus Teddy Minahasa, berikut adalah tiga kasus yang sama mengenai polisi asing yang terjerat kasus narkoba dan ditangkap. Sejumlah di antaranya juga dijebloskan ke penjara.

Liputan6.com, Jakarta - Inspektur Jenderal (Irjen) Teddy Minahasa, mantan Kapolda Sumatera Barat, yang terlibat kasus peredaran narkoba menjalani sidang putusan atau vonis pada Selasa, 9 Mei 2023.

Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar) menjatuhkan vonis terhadap terdakwa kasus peredaran narkoba, Irjen Teddy Minahasa dengan pidana penjara seumur hidup. Keputusan itu pun justru tidak sesuai dengan apa yang dituntutkan oleh Jaksa yang meminta agar dihukum mati.

 

Sebanyak 35 kilogram sabu dimusnahkan dari total 41,4 kg hasil pengungkapan Polres Bukit Tinggi. Adapun, 30.000 gram merupakan narkotika jenis sabu, sedangkan, 5.000 gram-nya merupakan tawas yang sebelumnya telah ditukar oleh Syamsul Ma'arif pada 14 Juni 2022.

Teddy ditangkap pada Jumat siang 14 Oktober 2022 lalu. Penangkapan jenderal bintang dua itu diketahui saat dirinya tidak hadir dalam pertemuan sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah Polri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Kabar penangkapan Teddy langsung diumumkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kapolri menyebut, Teddy Minahasa diduga tersangkut masalah penjualan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 5 kg dengan tawas.

Keputusan Irjen Teddy menjadi Kapolda Jatim langsung dibatalkan Kapolri Listyo Sigit. Teddy kemudian dimutasi menjadi pati di Yanma Polri dalam rangka pemeriksaan. Empat anggota polisi lainnya pun kemudian ditetapkan sebagai tersangka karena turut ikut berpartisipasi dalam kasus tersebut.

Perbuatan Teddy Minahasa sangat kontradiksi dengan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Kapolda. 

Kasus seperti Teddy Minahasa di Indonesia ternyata juga pernah terjadi di negara lain. Melansir dari sejumlah sumber, Selasa (9/5/2023), berikut ini ulasan kasus polisi di negara asing yang terjerat kasus kejahatan narkoba:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Abba Kyari

Seorang perwira polisi Nigeria yang sangat dihormati ditangkap menyusul tuduhan bahwa ia adalah anggota kartel narkoba internasional, kata polisi.

Abba Kyari, yang sudah pernah diskors karena diduga membantu penipu yang mengaku diri Hushpuppi untuk mencuci uangnya di Amerika Serikat (AS), dituduh melakukan plot kartel kokain.

Para pejabat mengatakan Abba meminta seorang kolega untuk membantunya menyedot sebagian dari kokain. Mereka mengatakan ia tertangkap kamera menyerahkan uang tunai $61.400, dilansir dari BBC.

Penangkapan Abba terjadi beberapa jam setelah Badan Penegakan Hukum Narkoba Nasional (NDLEA) Nigeria menyatakan ia sebagai buronan, menuduhnya sebagai "anggota kartel narkoba yang mengoperasikan jaringan obat terlarang Brazil-Ethiopia-Nigeria".

Ia ditangkap pada Senin, 14 Februari 2022 bersama dengan empat petugas lainnya, Sunday Ubuah, Bawa James, Simon Agrigba dan John Nuhu, setelah penyelidikan "rahasia tingkat tinggi", kata sebuah pernyataan polisi.

Pernyataan itu juga menyebut bahwa satu petugas lainnya, John Umoru, tetap "bebas". Sebagai bagian dari penyelidikannya, polisi Nigeria juga mengatakan sejumlah petugas anti-narkoba di bandara internasional kota tenggara Enugu ditemukan "dalam daftar gaji" dari kartel yang sama yang dituduhkan kepada Abba.

3 dari 4 halaman

2. Arturo Durazo

Arturo Durazo yang meninggal pada usia 80 tahun adalah kepala polisi ibu kota di Meksiko selama enam tahun yakni dari 1976 hingga 1982.

Ia dikenang oleh banyak orang sebagai pria yang metode mano dura (lengan kuat) membuat jalan-jalan di Mexico City aman bagi warga biasa.

Kejatuhan Durazo terjadi pada 1982 dengan naiknya kursi kepresidenan Miguel de la Madrid, yang menjadikan pembaruan moral sebagai tema kampanyenya. Durazo kemudian dengan hati-hati meninggalkan negara itu, tetapi detail kekayaannya, dan asal-usulnya, diungkapkan dalam sebuah buku oleh mantan asisten pribadinya, José Gónzalez, yang kemudian menjadi buku laris.

Durazo kemudian memenangkan kasus pencemaran nama baik terhadap Gónzalez, dari dalam sel penjaranya.

Selama kekuasaannya, Durazo telah membangun sendiri sebuah rumah mewah senilai $2,5 juta di pinggiran Mexico City, dengan trek balap kuda dan replika diskotek Studio 54 di New York. Di resor pantai Pasifik Zihuatanejo, tempat peristirahatannya di puncak tebing, lengkap dengan tiang-tiang klasik, dijuluki Parthenon, dilansir dari The Guardian.

Pada Januari 1984, ia akhirnya didakwa (in absentia) dengan penggelapan pajak. Dua bulan kemudian, dakwaan diperluas hingga mencakup pemerasan, penyelundupan, dan kepemilikan senjata ilegal, dan pemerintah secara resmi meminta ekstradisinya dari AS.

Durazo ditangkap di Puerto Rico akhir tahun itu, diekstradisi ke Meksiko dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara, meskipun sebenarnya ia menjalani hukuman kurang dari delapan tahun. Istananya di Mexico City dibuka sebagai museum korupsi dan terbukti menjadi daya tarik yang populer.

Dibebaskan pada 1992, ia pensiun ke Acapulco dan menurut beberapa catatan, menghabiskan waktu membantu pecandu alkohol untuk menghilangkan kebiasaan itu.

Pada upacara peringatannya, mantan presiden López Portillo (dirinya sendiri salah satu tokoh politik paling dicerca di negara itu) membela Durazo. Memuji keberanian dan kejujurannya, Portillo berkata bahwa ia telah kehilangan "seorang teman dan kolaborator yang hebat. Ia (Durazo) adalah seorang polisi yang luar biasa, karena panggilan dan pengabdiannya."

4 dari 4 halaman

3. Rafael Pérez

Rafael Pérez seharusnya melindungi publik dengan membongkar geng secara sah. Sebaliknya, ia dan lusinan petugas lainnya di Divisi Rampart Departemen Kepolisian Los Angeles, AS turun ke jalanan dengan memeras anggota geng untuk mendapatkan narkoba dan uang serta mencuri dan memalsukan bukti polisi.

Ditugaskan ke satuan tugas anti-geng Community Resources Against Street Hoodlums (CRASH) LAPD pada 1995, Pérez dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai petugas agresif yang memiliki 'telinga' di lingkungan di sebelah barat pusat kota Los Angeles yang berada di bawah yurisdiksi Rampart, dikutip dari All That's Interesting.

Namun pada Agustus 1998, Pérez dipenjara karena mencuri kokain senilai $800.000 dari ruang bukti. Lalu pada 2000, ia telah membuat kesepakatan pembelaan dan melibatkan 70 rekan petugas CRASH dalam pelanggaran mulai dari minum alkohol saat bekerja hingga pembunuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.