Sukses

Potret Putri Anne Gagah Menunggangi Kuda Saat Mengawal Raja Charles III dan Ratu Camilla Usai Penobatan

Ketika anggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya menaiki kereta kencana atau mobil usai acara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, Putri Anne dengan gagahnya menunggangi kuda untuk mengawal sang kakak kembali ke Istana Buckingham.

Liputan6.com, London - Masih banyak fakta menarik yang tersisa dari penobatan Raja Charles III (74) dan Ratu Camilla (75) pada Sabtu 6 Mei 2023. Salah satunya, terkait dengan saudara perempuan satu-satunya Raja Charles III sekaligus putri kerajaan sesungguhnya, Putri Anne (72).

Anak kedua mendiang Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip itu tercatat sebagai satu-satunya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang meninggalkan Westminster Abbey, pusat prosesi penobatan, dengan menunggang kuda. Bukan menaiki kereta kencana atau mobil seperti yang lainnya.

Putri Anne memang punya peran penting dalam penobatan kakaknya. Dia berperan sebagai "Gold-Stick-in-Waiting", posisi yang secara historis diserahkan kepada seseorang yang dipercayakan atas keselamatan pribadi penguasa.

Atas perannya itu, Putri Anne menunggang kuda tepat di belakang posisi Raja Charles III dan Ratu Camilla yang menaiki Gold State Coach dari Westminster Abbey untuk kembali ke Istana Buckingham. Dalam prosesi itu, dia memimpin 6.000 personel angkatan bersenjata melalui jalan-jalan utama Kota London.

Dilansir People, Minggu (7/5/2023), dalam wawancaranya dengan CBC News, Putri Anne sempat bercanda atas perannya sebagai "Gold-Stick-in-Waiting".

"Sebagai Kolonel Blues and Royal di Resimen Kavaleri Rumah Tangga saya memegang peran 'Gold-Stick-in-Waiting'... Jadi, saya ditanya apakah saya bersedia mengambil peran itu saat penobatan, saya jawab 'bersedia'," ujar Putri Anne.

"Paling tidak, itu memecahkan persoalan saya soal busana."

Sepanjang penampilannya di publik, Putri Anne jauh dari kesan glamor. Ibu dari Peter Phillips dan Zara Tindall itu lekat dengan gayanya yang simpel.

Tidak hanya bangsawan perempuan pertama yang memegang peran "Gold-Stick-in-Waiting", Putri Anne juga membuat sejarah pada pemakaman Ratu Elizabeth II. Dia menjadi bangsawan perempuan pertama yang berpartisipasi dalam prosesi yang disebut "Vigil of the Princes", di mana anak-anak raja/ratu berdiri secara simbolis untuk mengawasi peti mati.

Pada tahun 2022, Putri Anne dinobatkan sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja paling keras. Pasalnya, Putri Anne menghadiri acara paling banyak dibanding anggota keluarga lain sepanjang tahun itu, yaitu 214 acara.

Desember 2022, Putri Anne dan adik laki-lakinya, Pangeran Edward, dinobatkan sebagai penasihat negara. Itu artinya, keduanya dapat menjalankan tugas konstitusional mewakili Raja Charles III jika dia sedang tidak sehat atau berada di luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuai Pujian

Penampilan Putri Anne pada hari penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla panen komentar positif. Sejumlah warganet menilainya keren.

"Putri Anne... benar-benar MENAKJUBKAN hari ini. Dia anggota keluarga kerajaan yang luar biasa. Kami mencintaimu Anne..," twit pemilik akun @Mofoman360

"Putri Anne benar-benar tulang punggung di keluarga kerajaan yang menjalankan perannya dengan sungguh-sungguh," twit pemilik akun @BritterrC

"Putri Anne di penobatan. Dia tangguh," twit pemilik akun @aldepal

"Ya ampun Putri Anne...," tulis pemilik akun @CambridgeGarden

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini