Sukses

Daftar Anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang Mendampingi Raja Charles III dan Ratu Camilla Menyapa Rakyat dari Balkon Istana Buckingham

Seluruh anggota keluarga kerajaan yang tampil berstatus working royal. Ada Pangeran William dan keluarga hingga empat sepupu mendiang Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Hari penobatan Raja Charles III (74) dan Ratu Camilla (75) menyedot tidak hanya perhatian publik Inggris, tapi juga dunia. Bagaimana tidak, prosesi megah yang sarat nilai-nilai sejarah itu baru digelar kembali setelah 70 tahun berlalu, tepatnya penobatan Ratu Elizabeth II pada 2 Juni 1953.

Dikuti dari Time, Minggu (7/5/2023), Raja Charles III sendiri masih berusia empat tahun ketika penobatan sang ibu.

Salah satu momen yang paling ditunggu publik dari rangkaian prosesi penobatan Kerajaan Inggris adalah kemunculan raja dan ratu baru di balkon Istana Buckingham untuk menyapa rakyat. Pada penobatan Ratu Elizabeth II, balkon sedikit padat karena jumlah dayang-dayang ratu saja sudah enam orang, belum lagi ditambah dengan kehadiran anggota keluarga kerajaan lain.

Sementara itu, pada penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, balkon sedikit lengang karena yang muncul hanyalah mereka yang berstatus working royal, yaitu bangsawan yang dapat mewakili kerajaan dalam acara-acara resmi.

Lantas, siapa saja anggota keluarga Kerajaan Inggris yang muncul di balkon Istana Buckingham mendampingi Raja Charles III dan Ratu Camilla pada Sabtu 6 Mei 2023? Berikut ulasannya:

1. Keluarga Pangeran Wales

Sebagai putra mahkota, jelas kehadiran Pangeran William (40) beserta istrinya, Putri Catherine (41), dan ketiga anak mereka, Pangeran George (9), Putri Charlotte (8), dan Pangeran Louis (5) adalah yang utama.

2. Putri Anne dan Suami

Putri Anne (72) merupakan adik perempuan satu-satunya Raja Charles III. Dia dinobatkan sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja paling keras. Pasalnya, anak kedua Ratu Ezalibeth II itu menghadiri acara paling banyak dibanding anggota keluarga lain pada tahun 2022, yaitu 214 acara.

Suami Putri Anne, Sir Timothy Lawrence (68), memang bukan working royal, namun sosoknya setia mendampingi sang istri bertugas.

Tidak satupun dari dua anak Putri Anne dari suami terdahulunya, Peter Phillips (45) dan Zara Tindall (41), ikut muncul di balkon Istana Buckingham. Meski demikian, keduanya tercatat hadir dalam upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey.

3. Keluarga Duke of Edinburgh

Pangeran Edward (59), anak bontot Ratu Elizabeth II, yang bergelar Duke of Edinburgh muncul di prosesi balkon Istana Buckingham bersama istrinya, Sophie, atau Duchess of Edinburgh (59) serta kedua anak mereka Lady Louise Windsor (19) dan James atau Earl of Wessex (15).

Baik Pangeran Edward maupun istrinya berstatus working royal. Banyak yang menilai bahwa Edward dan Sophie merupakan aset penting bagi keluarga Kerajaan Inggris karena jauh dari pemberitaan negatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cucu Camilla hingga Sepupu Ratu Elizabeth II

4. Pendamping Kehormatan Raja Charles III

Dalam upacara penobatannya di Westminster Abbey, Raja Charles III memiliki empat pendamping kehormatan. Salah satunya adalah cucunya sendiri, Pangeran George.

Tiga pendamping kehormatan lainnya adalah Lord Oliver Cholmondeley (13), Master Nicholas Barclay (13), dan Master Ralph Tollemache (12). Ketiganya masih merupakan anak kerabat atau teman dekat keluarga Kerajaan Inggris.

5. Pendamping Kehormatan Ratu Camilla

Tiga dari empat pendamping kehormatan Ratu Camilla adalah cucu kandungnya, yaitu si kembar Gus dan Louis Lopes (14) serta Freddy Parker Bowles (14). Seorang lagi adalah Arthur Elliot (11), yang merupakan anak dari keponakannya.

6. Pendamping Ratu Camilla

Selain didampingi oleh empat bocah laki-laki yang membantu mengangkat jubah kebesarannya, Ratu Camilla juga diiringi oleh dua pendamping lainnya saat penobatan, yaitu Annabel Elliot (74) dan Fiona Mary Petty-Fitzmaurice atau Lady Landsdowne (68).

Annabel adalah adik kandung Ratu Camilla, sementara Lady Landsdowne adalah sahabat lamanya yang juga ibu baptis dari putrinya satu-satunya, Laura Lopes.

7. Sepupu Ratu Elizabeth II

Working royal lainnya yang muncul di balkon Istana Buckingham adalah empat anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Mereka ini adalah para sepupu Ratu Elizabeth II alias sama-sama cucu dari Raja George V.

Masing-masing adalah Putri Alexandra dari Kent (86), Pangeran Edward atau Duke of Kent (87), Pangeran Michael dari Kent (80), dan Pangeran Richard atau Duke of Gloucester (78) serta istrinya Duchess of Gloucester. Menariknya, keempat bangsawan tersebut juga hadir saat penobatan Ratu Elizabeth II.

Putri Alexandra dari Kent, Pangeran Edward atau Duke of Kent, dan Pangeran Michael dari Kent adalah kakak beradik kandung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini