Sukses

Penobatan Raja Charles III dalam Angka: Penantian Selama 70 Tahun

Raja Charles akan menjadi monarki Inggris Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya saat ibunya, Ratu Elizabeth, wafat pada September.

Liputan6.com, London - Hari ini, semua mata akan tertuju kepada keluarga kerajaan Inggris yang akan menghadiri upacara penobatan Raja Charles bersama sekitar 100 kepala negara dan tamu-tamu kehormatan asing lainnya.

Raja Charles akan menjadi monarki Inggris Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya saat ibunya, Ratu Elizabeth, wafat pada September.

Pada Sabtu (6/5), Charles akan mengucapkan sumpah untuk menegakkan hukum dan Gereja Inggris dan akan diurapi dengan minyak suci dari Yerusalem. Dia kemudian akan diberikan sejumlah barang dari Mahkota Permata Britania Raya yang melambangkan, antara lain kekuasaan Monarki.

Dia kemudian akan dimahkotai oleh Uskup Agung Canterbury sebelum kembali ke Istana Buckingham dengan menaiki Kereta Kencana Emas dalam prosesi arak-arakan sepanjang satu mil.

Berikut ini dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (6/5/2023), Penobatan Raja Charles III dalam angka:

Usia Raja Charles Saat Ini

Raja Charles III saat ini berusia 74 tahun 5 Bulan dan 21 hari. Dengan usia tersebut, Charles menjadi penguasa Kerajaan Inggris dengan usia tertua saat ini.

Sosok yang menjadi pemimpin tertua yaitu; Mary, Ratu Skotlandia yang kala itu berusia 9 bulan saat dinobatkan pada tahun 1543.

2.200 Lebih Tamu Undangan

Nantinya, saat penobatan Penobatan Raja Charles III tamu yang diundang sebanyak 2.200 lebih. Ini meliputi 100 kepala negara dan perwakilan dari 203 negara.

Ratusan ribu orang akan padati kota London dan jutaan orang akan menonton via TV.

Meski begitu, ada 1.500 lebih demonstran akan mengenakan atribut "Bukan Raja Kami" menurut pemimpin kelompok antikerajaan 'Republik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

0 Kepala Negara AS

Tak pernah ada presiden Amerika Serikat yang hadir dalam acara sakral ini. Menurut sejarawan, ini seperti jadi sebuah 'tradisi'.

Meski Joe Biden diundang namun tidak datang, Ibu Negara AS, Jill Biden lah yang akan hadir.

29.000 Lebih Polisi

Akan ada 29 ribu lebih polisi yang mengamankan prosesi penobatan Raja Charles II. Di antaranya yang akan terlibat yaitu 7.000 personil angkatan bersenjata.

Kemudian ada 4.000 lebih band militer yang ikut terlibat.

5 Pemimpin Agama

Budhha, Hindu, Islam, Sikh dan Yahudi akan dilibatkan dalam prosesi untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Charles telah lama ingin dikenal sebagai 'pembela keyakinan (the defender of faiths)' bukan lagi 'pembela iman (defender of the faith)'. 

3 dari 3 halaman

2,07 Kilogram Untuk Mahkota Raja Charles III

Berat mahkota St. Edward - yang terdiri dari rangka emas padat, berhias batu permata: rubi, kecubung dan safir yang akan dipakai di kepala Charles.

Mahkota lain: Imperial State Crown yang berhias 2.868 berlian, 17 safir, 11 zamrud, hingga 269 mutiara.

4 Ton Kereta Kencana Emas

Berat kereta Kencana Emas ditarik oleh 8 kuda kerajaan 'Windsor Greys' -- kelak dinaiki Charles dan permaisuri, Camilla.

Berusia 260 tahun, kereta ini terkenal kurang nyaman dalam menahan goncangan di jalan.

Namun sebelum prosesi, keduanya naik Kereta Kencana Diamond Jubilee --lebih modern, dilengkapi AC, jendela otomatis, dan suspensi hidraulis.

Rp1,84 Triliun

Diperkirakan biaya yang digelontorkan menurut laporan menembus angka Rp1,84 Triliun. Biaya aslinya akan dipublis nanti setelah acara.

Di lain sisi, Istana Buckingham sodorkan laporan yang klaim penobatan raja bisa genjot ekonomi senilai 1 miliar pound sterling.

62 Persen Warga Inggris Setuju Kerajaan Dipertahankan

62 persen warga Inggris setuju Kerajaan Inggris dipertahankan. 25 persen ingin republik dan 12 persen tidak tahu.

Namun jika didalami, semakin muda kelompik usianya, semakin rendah pula dukungan pada monarki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.