Sukses

Ceko Setujui Perjanjian Pertahanan dengan AS, PM Fiala: Demi Meningkatkan Keamanan Negara

Waktu penandatanganan kesepakatan oleh menteri pertahanan kedua negara belum ditetapkan.

Liputan6.com, Praha - Pemerintah Ceko pada Rabu (26/4/2023) menyetujui perjanjian kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat (AS). Pakta tersebut akan menetapkan kerangka hukum atas kemungkinan pengerahan pasukan AS di wilayah Ceko dan kerja sama mereka dengan angkatan bersenjata Ceko.

Langkah tersebut jelas mempermudah setiap pergerakan di tengah masih berlangsungnya invasi Rusia ke Ukraina.

"Tidak diragukan lagi ini merupakan langkah untuk meningkatkan keamanan negara kami," ungkap Perdana Menteri Petr Fiala seperti dikutip dari AP, Kamis (27/4/2023).

Waktu penandatanganan kesepakatan oleh menteri pertahanan kedua negara belum ditetapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepentingan Vital

Menteri Pertahanan Ceko Jana Cernochova melabeli AS sebagai sekutu terpenting dalam pertahanan. Oleh karena itu, meningkatkan hubungan transatlantik adalah kepentingan vital Ceko.

AS sendiri memiliki perjanjian serupa dengan 24 negara anggota NATO lainnya, termasuk Polandia, Hongaria, Lithuania, Latvia, Estonia, Romania, dan Bulgaria, yang membentuk sayap timur aliansi tersebut.

Pengerahan pasukan AS secara khusus masih memerlukan persetujuan dari pemerintah dan parlemen Ceko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.