Sukses

5 Ide Hadiah Lebaran Idul Fitri untuk Anak, Sajadah Hingga Parsel Camilan

Mari memberikan hadiah terbaik untuk anak di hari raya Lebaran Idul Fitri! Jadikanlah hari spesial tersebut berkesan dan tak terlupakan bagi mereka. Simak 5 ide hadiah berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Akhir ibadah puasa Ramadhan akan segera tiba. Hari raya Lebaran Idul Fitri dinanti.

Penentuan Lebaran Idul Fitri ini berdasarkan pengamatan bulan (melihat hilal). Di Indonesia sendiri, penentuan oleh pemerintah baru akan dilaksanakan Kamis 20 April 2023 mendatang.

Kebahagiaan dan kemeriahan di hari raya Idul Fitri adalah untuk merayakan keberhasilan umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Di pagi hari, setiap umat Muslim akan menuju masjid terdekat untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri.

Setelahnya, mereka akan kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk merayakan hari lebaran. 

Di Indonesia, hari istimewa ini identik dengan acara makan besar, pergi mengunjungi keluarga dan tetangga, juga saling berbagi hadiah.

Jika kamu senang membagi-bagikan hadiah di hari raya, simak terus artikel ini untuk mendapatkan ide hadiah, khususnya untuk anak-anak.

Memberikan hadiah berkesan untuk anak di hari Lebaran dapat berarti banyak hal. Sang anak dapat merasa terapresiasi setelah berhasil melewati satu bulan puasa, yang bagi mereka mungkin tidaklah mudah.

Selain itu, mereka juga dapat semakin bersemangat untuk kembali menjalankan ibadah puasa di tahun selanjutnya.

Jadikanlah hari Idul Fitri ini tak terlupakan bagi mereka dengan memberikan hadiah Lebaran yang tak hanya berkesan, tetapi juga menyenangkan dan bermanfaat.

Berikut ini, melansir USA Today, Rabu (19/4/2023), beberapa ide menarik untuk hadiah anak-anak di hari raya Idul Fitri:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sajadah Khusus Anak

Jika anakmu sudah memasuki umur di mana mereka sudah harus mulai belajar sholat, kado ini sangat tepat!

Sebuah sajadah dengan desain bordir yang menarik khas anak-anak dan dengan warna yang mereka sukai, mungkin kamu bisa memilih antara warna biru atau merah muda.

Ini tidak hanya dapat membuat mereka semangat berpuasa di tahun depan, tetapi juga bersemangat melaksanakan sholat hingga tahun-tahun selanjutnya.

2. Parsel Camilan

ilustrasi popcorn camilan anak | pexels.com/@gabby-k

Tidak ada yang lebih menarik bagi mereka selain camilan!

Pakailah kantong dengan desain menggemaskan dan isi dengan camilan hingga penuh. Dijamin, anak-anak itu akan sangat senang.

Jangan lupa untuk selipkan kartu ucapan lebaran dengan doa dan kata-kata mutiara, agar hadiah ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat memberikan sedikit ilmu kepada mereka.

3. Gantungan Kunci

<p>Gantungan Kunci dari Polymer Clay (Sumber: raisingnobles)</p>

Biasanya, anak-anak senang mengoleksi benda kecil dengan desain menggemaskan. Mereka dijamin akan selalu membawa hadiah ini ke mana pun.

Jadikan gantungan kunci ini sebagai hadiah sekaligus pengingat bagi mereka untuk selalu menerapkan nilai-nilai baik dan penting dalam Islam. 

Buatlah gantungan kunci kustom dengan tulisan-tulisan pengingat tercetak di permukaannya. Pilihlah bentuk-bentuk yang mereka sukai, seperti bunga, bola, atau tokoh kartun. 

3 dari 4 halaman

4. Paket Melukis DIY (Do It Yorself)

Hadiah ini cocok jika anakmu senang bermain dengan cat air! 

Kamu cukup menyiapkan alat lukis beserta catnya, sedangkan untuk media lukisnya kamu bisa membuatnya atau membelinya di jasa kustom.

Jika ingin membuatnya sendiri, kamu bisa memanfaatkan barang bekas di rumah, loh! Gabus, karton, atau triplek tak terpakai adalah beberapa opsi yang dapat kamu pilih.

Bentuklah media lukis dengan pola khas Ramadhan, seperti bulan sabit, lentera, kubah masjid, dan lainnya. 

5. Puzzle Khas Ramadhan

Ilustrasi Bermain Puzzle (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)

Anak-anak tidak mungkin menolak mainan, bukan? Hadiah ini sudah pasti dapat membuat mereka senang dan tidak sabar untuk merayakan Idul Fitri di tahun depan!

Pilihlah puzzle dengan gambar bertemakan Ramadhan. Agar mereka selalu teringat dengan bulan suci ini setiap mereka sedang bermain.

Jumlah puzzle dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan anak. Ini juga bisa menjadi aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama orangtua!

4 dari 4 halaman

40 Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin Menjelang Lebaran Idul Fitri 2023 untuk Orang Terdekat

Selain menyiapkan hadiah, jangan lupa untuk siapkan kartu ucapan lebaran, ya! Berikut ini beberapa ucapan yang bisa kamu pakai untuk meriahkan hari raya Idul Fitri.

Ucapan mohon maaf lahir batin sangat penting dikirimkan pada orang-orang terdekat menjelang Lebaran ini. Apalagi bagi seorang muslim yang sedang pergi merantau dan jauh dari keluarga. Kata-kata mohon maaf lahir batin dapat mewakilkan perasaan kamu.

Kamu tentunya ingin mengucapkan ucapan mohon maaf lahir batin yang enak didengar dan dibaca oleh keluarga, sahabat, ataupun kenalan lainnya. Dengan begitu, ucapan Lebaran yang kamu kirimkan bukan sekadar ucapan biasa yang mudah terlupakan.

Ucapan mohon maaf lahir batin menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan ungkapan perasaan terdalam seorang muslim. Dengan saling bermaaf-maafan, hati kembali suci dan kembali ke fitrah di hari raya Idul Fitri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/4/2023) tentang ucapan mohon maaf lahir batin.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini