Sukses

Penampakan Misterius Mirip Otak Warna Putih Terdampar di Pesisir Pantai Inggris Bikin Bingung, Fenomena Apa?

Sepasang suami istri sedang berjalan-jalan dengan anjing mereka di Anglesey, Wales, ketika mereka menemukan benda misterius yang mirip dengan "barisan otak berwarna putih".

Liputan6.com, Anglesey - Sebuah benda misterius yang menyerupai barisan otak berwarna putih dilaporkan terdampar di pantai Inggris.

Ini adalah penampakan fenomena terbaru dari benda-benda aneh yang muncul di pantai seluruh negeri Inggris, namun bukan yang pertama.

Melansir dari Mirror.co.uk, Selasa, (11/4/2023), orang-orang mengatakan mereka melihat apa yang tampaknya seperti "barisan panjang otak" di pantai Anglesey minggu lalu.

Penampakan itu terlihat tepatnya di Treath Mawr, Aberffraw, oleh pasangan dari Beaumaris, yang sedang berjalan-jalan dengan anjing mereka.

Penemuan misterius berupa gumpalan materi putih yang tak dikenal itu bikin mereka garuk-garuk kepala alias bingung. Setelah memposting foto temuan mereka di media sosial, orang-orang mulai berkomentar tentang apa itu sebenarnya.

Beberapa dari mereka berspekulasi bahwa benda aneh itu hanyalah bentuk yang terbuat oleh buih laut. Tetapi salah satu saran yang paling populer adalah yang mengatakan benda tersebut sebagai telur whelk.

Whelk adalah siput laut terbesar yang tinggal di Laut Inggris, dan bola kering dari telur siput yang kosong seringkali ditemukan terdampar dalam formasi seperti barisan panjang.

Menurut The Wildlife Trust, whelk hidup di dasar laut berpasir, di bawah tanda air surut. Mereka bertelur di massa spons hingga 2.000 telur di dasar laut.

Setelah menetas, bola kapsul telur kosong ini sering terdampar di pantai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penemuan Diduga Alien

Namun, penemuan tidak biasa ini bukan yang pertama kalinya terjadi di pantai Inggris.

Pada tahun lalu, sebuah gumpalan besar goose neck barnacles (teritip leher angsa) langka muncul di pantai Pembrokeshire. 

Dianggap sebagai kelezatan di beberapa negara Eropa, tentakelnya yang panjang, merah muda, seperti cacing, mungkin terlihat aneh dan bersifat sci-fi bagi sebagian orang di Inggris daripada sekedar lezat.

Selain itu, sebuah makhluk laut misterius dengan ekor berduri juga sempat membingungkan penduduk setempat setelah ditemukan mati terdampar di sebuah pantai yang terletak di Littlehampton, West Sussex.

Marilyn Inglis, 72, menemukan hewan "mirip alien" itu saat berjalan-jalan tahun lalu.

Sejak saat itu, dia menyadari kemiripannya dengan makhluk lain yang juga sempat terlihat di sepanjang pantai Dorset pada bulan Desember.

Kedua makhluk tersebut memiliki kepala tembus cahaya - mirip dengan ubur-ubur - dan setidaknya memiliki dua sirip dengan ukuran berbeda, serta ekor panjang.

Masing-masing tubuhnya berwarna abu-abu gelap, sedangkan yang ditemukan di Sussex tampaknya memiliki duri yang menjalar dari kepalanya sampai ke tulang punggungnya.

Marilyn mengatakan kepada Mirror, "Anda tidak melihat terlalu banyak hal seperti itu - kami hanya berdiri di sana untuk melihatnya sebentar. Tampaknya seperti alien. Saya telah menunjukkan gambarnya kepada banyak orang tetapi sepertinya tidak ada yang tahu pasti juga apa itu sebenarnya."

3 dari 4 halaman

Penemuan Makhluk Laut Misterius Lain

Sementara itu, Desember 2022 lalu, gambar sebuah makhluk laut misterius yang terdampar mati di sebuah pantai di Inggris muncul di internet.

Makhluk itu dijuluki 'bayi Monster Loch Ness' oleh beberapa pengguna Reddit, karena kemiripannya dengan makhluk dari cerita rakyat Skotlandia.

Pada tema yang serupa, beberapa orang menyarankan itu bisa menjadi "dinosaurus".

Ada juga pengguna lain yang lebih spesifik dan menebak itu "liopleurodon", reptil laut karnivora yang punah pada Periode Jurassic Akhir.

Orang lain berspekulasi, "Itu pari tanpa sayap. Melihat dari claspers-nya, itu mungkin pari jantan. Kemungkinan binatang ini diproses di laut dan bangkainya dibuang kembali."

4 dari 4 halaman

Penemuan Bangkai Misterius Tahun 2018

Satu tema dengan mahkluk misterius yang ditemukan di pantai Inggris, bangkai makhluk seperti alien sepanjang 1,5 meter ditemukan terdampar oleh anjing milik Beth Jannetta.

Wanita 41 tahun itu terkejut ketika melihat monster misterius yang memiliki kepala panjang, rahang raksasa dan ekor ramping. Ia kemudian memotretnya dan meneruskan foto-fotonya kepada para ahli.

Sejauh ini ahli kelautan belum dapat mengidentifikasi makhluk misterius itu, tetapi memperkirakan bahwa binatang itu bisa jadi sejenis ikan paus, lumba-lumba, atau porpoise.

"Aku tengah lari dengan anjing ketika menemukan makhluk misterius itu. Tampak seperti cetaceayang sudah lapuk bagiku. Orang lain pikir itu adalah sesuatu yang berbeda, seperti buaya. Akan sangat menarik untuk mengetahui spesies apa itu," ujar Jannetta yang menemukan kerangka makhluk misterius itu di Pantai Rhossili, Gower.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.