Sukses

Dalai Lama Minta Maaf Setelah Diduga Minta Bocah Laki-laki Menghisap Lidahnya

Video viral memperlihatkan Dalai Lama mencium seorang anak laki-laki di bibirnya. Dia kemudian menjulurkan lidahnya dan terdengar meminta bocah itu untuk menghisapnya.

Liputan6.com, Tibet - Dalai Lama meminta maaf atas interaksinya dengan seorang anak laki-laki dalam video viral yang memicu kontroversi.

Video memperlihatkan Dalai Lama mencium anak laki-laki itu di bibirnya. Dia kemudian menjulurkan lidahnya dan terdengar meminta bocah itu untuk menghisapnya.

Kantor Dalai Lama mengatakan, dia meminta maaf kepada anak itu dan keluarganya atas luka yang mungkin ditimbulkan oleh kata-katanya.

Menurut pernyataan kantor Dalai Lama, anak laki-laki yang berinteraksi dengannya bertanya kepadanya apakah dia bisa memeluknya. Namun, mengutip BBC, hal tersebut tidak tergambarkan dalam klip 23 detik yang beredar online.

"Yang Mulia sering menggoda orang yang dia temui dengan cara yang polos dan lucu, bahkan di depan umum dan di depan kamera. Dia menyesali kejadian itu," sebut pernyataan kantor Dalai Lama seperti dilansir BBC, Senin (10/4/2023).

Tanggal dan tempat kejadian belum jelas. Namun, menjulurkan lidah disebut adalah salah satu cara menyapa di Tibet.

Dalai Lama adalah biksu kepala Buddha Tibet dan pemimpin spiritual yang dihormati secara luas. Dia tinggal di pengasingan di India sejak tahun 1959, setelah pemberontakan anti-China yang gagal di Tibet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini