Sukses

Daripada ke Dukun Pengganda Uang Mbah Slamet, Ini 6 Cara Investasi Kekayaan

Sedang ramai jadi pembahasan, penangkapan dukun pengganda uang berinisial TH (Slamet Tohari) alias Mbah Slamet (45) di Banjarnegara.

Liputan6.com, Jakarta - Sedang ramai jadi pembahasan, penangkapan dukun pengganda uang berinisial TH (Slamet Tohari) alias Mbah Slamet (45) di Banjarnegara.

Diduga, ia menggunakan racun potasium untuk menghabisi para korbannya.

Berdasarkan penyidikan sementara, sambung Luthfi, korban sengaja dicekoki minuman yang ternyata mengandung racun potasium. Hal ini berdasarkan temuan botol berisi potasium di lubang tempat korban dikubur oleh Mbah Slamet.

"Dugaan sementara pelaku memberi korban minuman yang mengandung potasium, tapi ini masih didalami kandungan racun yang digunakan," kata Luthfi dilansir dari Antara, Rabu (5/4/2023).

Kepolisian, lanjut dia, telah membentuk Posko DVI untuk menghimpun data ante mortem guna pencocokan DNA korban. Luthfi mempersilakan, masyarakat yang kehilangan anggota keluarga atau anggota keluarganya belum pulang untuk melapor ke Polres Banjarnegara.

Luthfi menambahkan, beberapa korban pembunuhan dukun pengganda uang ST di Kabupaten Banjarnegara diketahui merupakan pasangan laki-laki dan perempuan.

Praktik tipu daya menggandakan uang memang bukan hal baru. Namun, daripada tertipu dengan trik ini, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menggandakan uang, yaitu dalam bentuk investasi.

Dikutip dari laman milennialmoney.com, Rabu (5/4/2023) berikut 6 cara menggandakan uang dalam bentuk investasi:

1. Cari tau seberapa banyak yang dapat Anda investasikan

Pertama, Anda harus mencari tau berapa banyak gaji atau penghasilan yang dapat diinvestasikan. Semakin banyak uang yang diinvestasikan, semakin banyak uang yang akan bekerja untuk Anda.

Banyak orang membuat kesalahan dengan mencoba menabung apa yang tersisa setiap bulan dan kemudian tidak pernah berakhir dengan berinvestasi. Anda harus mencoba untuk "membayar diri sendiri terlebih dulu," yang berarti, harus menginvestasikan uang Anda dahulu sebelum membelanjakannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pisahkan investasi jangka pendek dari strategi investasi jangka panjang

Langkah selanjutnya adalah memisahkan investasi jangka pendek dan strategi investasi jangka panjang. Jangan membuat kesalahan dengan memasukkan semua investasi ke dalam akun yang sama.

Investasi Jangka Pendek (5 tahun atau lebih cepat) : Contoh uang yang mungkin dibutuhkan dalam 5 tahun ke depan atau kurang adalah uang muka rumah, biaya pendidikan, uang untuk mobil, atau uang untuk bepergian. Namun sebenarnya, menyimpan uang di rekening tabungan memiliki tingkat bunga kurang dari 0,01 persen, sehingga Anda sebenarnya merugi karena inflasi.

Investasi Jangka Panjang (5+ tahun ke depan) : Investasi jangka panjang adalah uang apa pun yang akan Anda miliki dalam 10+ tahun ke depan. Ini terutama akan menjadi uang pensiun sehingga Anda ingin memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang. Artinya, Anda tidak ingin memasukkan uang ini ke dalam rekening tabungan namun ke rekening pensiun.

3. Perhatikan tingkat risiko

Biasanya investasi ditawarkan melalui pemberi kerja dan seringkali terdapat pilihan investasi terbatas dan biaya tinggi. Ini berarti sangat penting untuk memilih investasi dengan bijak. Direkomendasikan untuk investor baru adalah memilih model portofolio berdasarkan tingkat risiko yang Anda rasa nyaman.

Ini dikenal sebagai alokasi aset yang merupakan persentase saham dan obligasi yang dimiliki dalam portofolio investasi Anda. Alokasi aset khas yang masuk akal bagi seorang milenial adalah sekitar 90 persen saham atau 10 persen obligasi. Setelah Anda mencapai 35 atau bahkan 40, yang terbaik adalah menyesuaikan alokasi ini mendekati 80 persen saham atau 10 persen obligasi.

 

3 dari 4 halaman

4. Pilih ke akun investasi pensiun jangka panjang

Ada banyak sekali pilihan saat Anda mulai berinvestasi, tetapi sebagian besar pilihan sederhana adalah pilihan terbaik.

Direkomendasikan untuk memasukkan dana investasi ke dalam dana pensiun. Dana tanggal target secara alami menyesuaikan alokasi investasi antara saham dan obligasi saat mendekati masa pensiun sehingga Anda tidak perlu berbuat banyak.

Bagi investor baru, sebenarnya tidak ada banyak pilihan yang lebih baik daripada dana pensiun dengan alokasi saham 90 persen. Sementara beberapa investor percaya bahwa dana pensiun tanggal target terlalu sederhana.

5. Investasi di rekening yang sedikit pajak

Pajak adalah salah satu penguras terbesar hasil investasi, jadi minimalkan pajak Anda sebanyak mungkin.

Bagi sebagian besar investor baru, tujuan nomor satu adalah menginvestasikan uang sebanyak yang Anda bisa ke dalam rekening yang diuntungkan pajak di mana uang dapat tumbuh bebas pajak dalam jangka waktu yang lama. Maka, pilihlah rekening yang pajaknya ringan.

 

4 dari 4 halaman

6. Berinvestasi lebih awal, sesering mungkin, dan sebanyak yang Anda bisa

Waktu adalah elemen investasi yang paling penting karena butuh waktu agar uang tumbuh dan semakin banyak waktu, semakin banyak kesempatan uang Anda harus tumbuh karena bunga majemuk.

Anda terus menghasilkan lebih banyak uang dari bunga yang semakin besar dan ketika menambahkan ke kumpulan uang itu, uang itu semakin bertambah seiring waktu dan dapat menghasilkan uang dari uang yang diinvestasikan. Ide yang cukup sederhana inilah yang membuat investasi menjadi begitu kuat dari waktu ke waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.