Sukses

6 Hadiah yang Diterima Ratu Elizabeth II dari Para Pemimpin Arab, Ada Pohon Palem hingga Kuda

Kuda merupakan salah satu hewan kesayangan Ratu Elizabeth II. Mendiang ibu dari Raja Charles III itu pernah mendapatkan dua ekor kuda dari penguasa Bahrain.

Liputan6.com, London - Selama 70 tahun memimpin Kerajaan Inggris, mendiang Ratu Elizabeth II telah menerima begitu banyak hadiah diplomatik dari para pemimpin dunia. Hadiah-hadiah tersebut didapatnya baik ketika menjamu para pemimpin asing maupun ketika melakukan kunjungan kenegaraan.

Sebut saja hadiah yang diterima Ratu Elizabeth II dari Barack Obama dan Michelle Obama saat pasangan itu melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris tahun 2011, yaitu sebuah bros bunga beraksen berlian dan batu akik.

Selain itu, ada pula choker atau kalung mutiara yang dihadiahkan oleh pemerintah Jepang pada tahun 1980-an. Hamengkubuwono IX yang merupakan sultan dan gubernur pertama Yogyakarta dan juga salah satu mantan wakil presiden Republik Indonesia turut memberikan Ratu Elizabeth II hadiah dalam lawatan kenegaraannya ke Indonesia tahun 1974, yaitu hiasan berupa wayang golek.

Demikian pula halnya dengan sejumlah penguasa Arab. Beberapa pernah memberikan Ratu Elizabeth II hadiah berupa perhiasan, namun ada juga yang memberikan salah satu hewan kesayangan sang ratu: kuda.

Seperti dikutip dari Arab News, Senin (3/4/2023), berikut sejumlah kecil hadiah diplomatik yang diterima Ratu Elizabeth II dari para pemimpin Arab, termasuk Arab Saudi, Mesir hingga Qatar:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kuda dari Raja Bahrain

Raja Bahrain Hamad bin Isa Al-Khalifa menghadiahkan Ratu Elizabeth II dua kuda ras Arab murni di pertunjukan kuda yang diselenggarakan kerajaan, Royal Windsor Horse Show, tahun 2013.

Situs resmi Kerajaan Inggris melansir bahwa berkuda merupakan salah satu hobi Ratu Elizabeth II.

"Yang Mulia sangat berpengetahuan sebagai penunggang, pemilik, dan peternak kuda dan hasratnya terhadap kuda terlihat jelas pada balapan yang dihadirinya secara rutin," ungkap Kerajaan Inggris.

3 dari 7 halaman

2. Vas dan Hiasan Telur Emas dari Sultan Oman

Pada tahun 2010, sultan Oman saat itu Qaboos bin Said menghadiahkan Ratu Elizabeth II sebuah vas berukuran 12 inci yang diukir dengan emas 21 karat dan hiasan berbentuk telur emas karya perusahaan perhiasan Faberge.

Telur emas itu dapat dibuka untuk menunjukkan mainan kuda kecil di dalamnya. 

4 dari 7 halaman

3. Kalung Berlian dari Emir Qatar

Pada tahun 1985, emir Qatar saat itu, Sheikh Khalifa bin Hamad Al-Thani, memberi Ratu Elizabeth II sebuah kalung berlian dengan dua batu rubi besar di tengahnya. 

5 dari 7 halaman

4. Perhiasan hingga Pohon Palem dari Penguasa Dubai

Pada tahun 1979, Sheikh Rashid bin Saeed Al-Maktoum, penguasa Dubai saat itu, menghadiahkan satu set perhiasan berlian dan safir (termasuk kalung, anting, bros, dan cincin), patung unta dari emas murni, serta dua pohon palem kepada Ratu Elizabeth II.

6 dari 7 halaman

5. Kalung dengan 300 Berlian dari Raja Arab Saudi

Pada tahun 1967, Raja Faisal dari Arab Saudi menghadiahkan Ratu Elizabeth II kalung yang terdiri dari 300 berlian dengan berat 80 karat.

Kalung itu dibuat pada tahun 1950-an oleh produsen perhiasan mewah Amerika Serikat, Harry Winston. 

7 dari 7 halaman

6. Kalung Emas dari Raja Mesir

Raja Farouk dari Mesir memberi Ratu Elizabeth II sebuah kalung emas pada tahun 1947, di mana saat itu dia masih menjadi putri mahkota. Kalung yang dimasukkan salah satu koin Mesir paling awal itu dilaporkan berasal dari Abad ke-3.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.