Sukses

Pengalaman Ikut Bukber Bareng Dubes Arab di Indonesia, Pertama Kali Ketemu JK

Tim Liputan6.com berkesempatan untuk ikut bukber, yang diadakan oleh Dubes Arab untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodin di Hotel ST Regis Rasuna Said.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa 28 Maret 2023, tim Liputan6.com berkesempatan untuk ikut buka puasa bersama alias bukber, yang diadakan oleh Dubes Arab untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodin di Hotel St. Regis Rasunan Said.

Acara ini juga dihadiri oleh tokoh penting Indonesia mulai dari Jusuf Kalla, Sandiaga Uno, Ustaz Yusuf Mansur, Dubes Iran, beserta sejumlah pejabat dari Indonesia dan negara sahabat.

Pada awalnya saya mengira acara ini akan ada pidato dari Dubes Arab Saudi, Faisal Abdullah H. Amodin, ternyata tidak. Dengan kata lain acara ini hanya pure untuk buka bersama bareng tokoh-tokoh penting, tamu negara, serta media-media. 

Momen ini baru pertama kali saya rasakan selama menjadi anak magang di Liputan6.com, tentu saja menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Apalagi untuk pertama kalinya saya bertemu dengan wakil presiden Jusuf Kalla, secara face to face, dan beliau sangat ramah kepada para wartawan.

Hal itu terbukti dari cara beliau pergi untuk meninggalkan area acara bukber, banyak wartawan yang masih bertanya, padahal waktunya sudah selesai, tetapi tetap beliau jawab dengan baik dan profesional. 

Pada kesempatan kali ini saya juga berkesempatan untuk mencicipi berbagai makanan khas Arab Saudi, mulai dari moroccan chicken tagine, hingga daging kambing khas Arab tersaji dengan lengkap.

Dengan banyaknya kursi yang bersebaran, saya kira akan mendapatkan tempat duduk untuk buka bersama, tapi ternyata tidak, karena banyaknya tamu yang datang, dan berantusias dalam acara ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Khas Arab yang Dicoba

Beberapa makanan yang telah saya cicipi kebanyakan makanan pembuka seperti hazelnut praline tart, brownie caramelized cake, dates delight, tiramisu verrine, dan buah-buahan. 

Mungkin karena berkaitan dengan Arab Saudi yang suka menjamu tamu dengan kopi, maka makanan yang saya cicipi tersebut semua rasanya seperti kopi, kecuali buah-buahan.

Makanan yang paling terenak yang ada di acara ini menurut saya gorengan risol yang disi dengan full udang dan ayam. Saya bersama editor Liputan6.com sampai mencari keberadaan risol ini di mana-mana, karena di tempat yang pertama sudah tidak ada lagi.  

Saya juga berkesempatan mencicipi makanan pokok yaitu marrocan chicken tagine, makanan ini adalah hidangan khas Maroko. Tentu saja jika berkaitan dengan negara timur, maka bayangan saya yaitu makanan yang kaya akan bumbu, berwarna merah pedas, tapi ternyata tidak. Saya malah merasakan rasa asin yang berlebihan, orang zaman dahulu biasanya mengatakan 'yang masak mau menikah lagi' jika merasakan terlalu asin.

 

 

3 dari 3 halaman

Suasana Buka Bersama

Suasana tempat bukber ini, benar-benar menyuguhkan vibes Arab Saudi, mulai dari wewangian yang tercium di seluruh ruangan, hingga ruangan yang dihiasi dengan bergaya Timur Tengah, dan serba berwarna putih.

Banyak tamu dari berbagai kalangan, saya juga melihat ada orang India yang mendatangi acara ini. Saya bisa mengetahui hal itu karena cara berpakaiannya yang menggunakan kain sari khas India.

Selama acara berlangsung sebelum menjelang adzan, Dubes Arab Saudi untuk Indonesia selalu berada di depan pintu untuk menyambut para tamu yang datang.

Setelah adzan dikumandangkan, saya merasa acara ini tiba-tiba berubah menjadi sakral, karena mereka melakukan shalat Magrib berjamaah. Karena disisi panggung disediakan karpet untuk sholat bersama.

Terlepas dari itu, sambil menyaksikan sholat berjamaah, saya juga memperhatikan orang-orang yang sibuk sana-sini mengambil makanan yang disajikan seperti prasmanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.