Sukses

Pemerintah Malaysia Bantah Isu Libur Nasional Atas Kemenangan Michelle Yeoh di Oscar 2023

Klarifikasi ini muncul setelah gambar artikel berita yang telah dimanipulasi beredar luas di media sosial.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia menegaskan bahwa pihaknya tidak menerapkan libur nasional atas kemenangan Michelle Yeoh di Oscar 2023

Klarifikasi ini muncul setelah gambar artikel berita yang telah dimanipulasi beredar luas di media sosial.

Gambar yang menyalahgunakan identitas kantor berita Malaysia The Star, menunjukkan potret Michelle Yeoh saat memberikan pidato kemenangannya usai meraih kategori Best Actress dengan disertai judul, "PM Anwar declares public holiday on Wednesday: 'This is the pride of a nation!'.

"Informasi yang dibagikan melalui tangkapan layar berita yang menjadi viral di media sosial adalah salah," kata kantor perdana menteri pada Senin malam. 

Maklumat melalui tangkap layar berita yang tular di media sosial tersebut adalah 𝐏𝐀𝐋𝐒𝐔. Orang ramai diminta agar tidak menyebarkan atau berkongsi sebarang maklumat yang tidak pasti atau palsu.TIDAK PASTI, JANGAN KONGSI! pic.twitter.com/OcRPw8OkMJ

— Jabatan Perdana Menteri (@jpmgov_) March 13, 2023

Star Media Group, yang memiliki portal online The Star, juga memberi tahu publik tentang gambar palsu tersebut pada Senin malam. 

"Telah menjadi perhatian perusahaan bahwa sebuah gambar yang dimanipulasi, menyalahgunakan identitas The Star, beredar di media sosial," demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (14/3).

Perusahaan tersebut juga menambahkan bahwa gambar tersebut adalah representasi yang salah dari liputan berita The Star.

"Pemeriksaan di bagian lifestyle media The Star... mengonfirmasi bahwa tidak ada artikel semacam itu yang dimuat di tengah banyaknya berita tentang kemenangan bersejarah Aktris Terbaik Michelle Yeoh di Oscar 2023," kata Star Media Group. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pujian untuk Michelle Yeoh dari PM Anwar Ibrahim

Michelle Yeoh telah berhasil memenangkan kategori Best Actress di Oscar 2023 atas perannya sebagai Evelyn Wang dalam film "Everything Everywhere All at Once". 

Atas kemenangan itu, Perdana Menteri Anwar Ibrahim pun memberikan apresiasi kepada Michelle Yeoh. 

Dalam sebuah unggahan di Facebook, PM Anwar memberi selamat dan penghormatan atas karier Michelle Yeoh.

"Dalam menciptakan sejarah dengan menjadi bukan hanya artis Malaysia pertama tetapi juga aktris Asia pertama yang menang dalam kategori ini, kami sangat bangga atas pencapaiannya, menambah daftar panjang kesuksesan dan menjadi pembuktian dalam karier aktingnya selama beberapa dekade," tulis PM Anwar.

"Ditambah dengan pencapaian terbaru ini, karir Michelle yang termasyhur dan patut dicontoh di bidang ini tentu akan terus menjadi sumber inspirasi dan motivasi besar bagi para aktor dan aktris lokal kita dan memberikan dorongan yang lebih besar lagi bagi pertumbuhan industri lokal kita." 

Banyak orang Malaysia juga memberi selamat kepada Michelle Yeoh lewat dunia maya. Mereka mengucapkan selamat dengan ungkapan lokal populer yang berbunyi, "Malaysia boleh", yang artinya "Malaysia bisa".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.