Sukses

Michelle Yeoh Menang Oscar: Dulu Main Film Bareng Jackie Chan dan Maggie Cheung

Michelle Yeoh menuliskan sejarah sebagai aktris Asia pertama yang menang Oscar kategori aktris terbaik.

Liputan6.com, Los Angeles - Aktris Michelle Yeoh menulis sejarah sebagai aktris Asia pertama yang meraih Piala Oscar kategori aktris terbaik di Academy Awards. Ia menang lewat film fiksi ilmiah Everything Everywhere All At Once yang disutradarai Daniel Kwan dan Daniel Scheinert. 

Film tersebut menang besar di Academy Awards ini, termasuk di kategori film terbaik (Best Picture) and aktris pendukung terbaik yang dibawa pulang Jamie Lee Curtis.

Nama Michelle Yeoh mungkin baru eksis di kalangan millennial di film Crazy Rich Asians. Setelahnya, ia bermain di serial The Schools for Good and Evil.

Karier Michelle Yeoh sebetulnya telah bergulir selama puluhan tahun. Salah satu film pertamanya adalah Yes, Madam yang bergenre action. Film itu rilis pada tahun 1985. 

Popularitas Michelle Yeoh semakin bersinar setelah adu akting dengan Jackie Chan dan Maggie Cheung di film action Police Story 3. Yeoh berperan sebagain Inspektur Jessica.

Tak hanya di film action, Michelle Yeoh juga bermain di genre drama seperti The Soong Sisters (1997) dan Moonlight Express (1999).

Michelle Yeoh bermain sebagai Soong Ai-ling, salah satu dari tiga Soong bersaudari. Soong menikahi bankir H.H. Kung yang dulu merupakan orang terkaya di China.

Di film Moonlight Express, Michelle Yeoh bermain dengan mendiang aktor legendaris Leslie Cheung. Dan setahun kemudian Yeoh tampil di Crouching Tiger, Hidden Dragon yang disutradarai Ang Lee.

Penampilan Yeoh di film laga tersebut menjadi landasan baginya untuk terbang semakin tinggi di industri Hollywood. Ia kemudian bermain di film Memoirs of a Geisha (2005), The Mummy (2008), hingga Kungfu Panda 2 (2011).

Selanjutnya, aktris kelahiran Malaysia ini akan hadir di film Transformers: Rise of the Beasts, Wicked, dan Avatar 3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Everything Everywhere All At Once

Film Everything Everywhere All at Once berhasil membawa pulang tujuh Piala Oscar 2023.

Penghargaan tertinggi yang film ini dapatkan adalah kategori Best Picture sekaligus telah mengalahkan sejumlah film terkenal lainnya. Adapun film-film tersebut yaitu film Avatar: The Way of Water, All Quiet on the Western Front, hingga Top Gun: Maverick.

Tidak hanya itu, sejumlah aktor dari film ini pun berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi di ajang Piala Oscar 2023. Seperti aktor Ke Huy Quan yang mendapatkan penghargaan Supporting Actor serta Jamie Lee Curtis yang mendapatkan Supporting Actress.

Michelle Yeoh juga berhasil menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Oscar 2023. Kemenangan Yeoh di acara yang digelar di Hollywood, California, Amerika Serikat pada Minggu, 12 Maret 2023 ini, menjadikan dirinya perempuan keturunan Asia pertama yang memenangkan trofi tersebut.

Dikutip dari CNN, Senin (13/3/2023), Michelle Yeoh juga mencetak sejarah sebagai artis kelahiran Malaysia pertama yang dianugerahi Piala Oscar untuk Aktris Terbaik. Yeoh adalah orang kelima keturunan Asia yang memenangkan Oscar dalam kategori akting dan yang pertama menang dalam kategori akting utama.

"Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya menonton malam ini, ini adalah sesuatu yang menjanjikan harapan dan sesuatu yang mungkin terjadi. Ini adalah bukti untuk bermimpi besar dan mimpi menjadi kenyataan," kata Yeoh saat menerima Piala Oscar.

Adapun sejumlah penghargaan lain yang berhasil film ini dapatkan yaitu Original Screenplay, Editing, Director, dan Lead Actress. Para warganet juga turut gembira atas penghargaan yang didapatkan film ini dan disebut sangat layak mendapatkan sejumlah penghargaan.

3 dari 4 halaman

Everything Everywhere All at Once Berjaya di Oscar 2023, Hampir Ditolak Michelle Yeoh

 

Dalam Everything Everywhere All at Once, Yeoh memerankan Evelyn Wang, seorang imigran Asia-Amerika yang terkepung yang menjalankan laundry. Ia dihadapkan pada prospek yang mengejutkan dari kemungkinan kehidupan yang tak terbatas sebagai bagian dari multiverse.

Dikutip dari Variety, Senin (13/3/2023), di balik kesuksesan besar di Oscar 2023, Everything Everywhere All at Once ternyata nyaris ditolak oleh Michelle Yeoh karena nama karakternya. Berbicara kepada Cate Blanchett sebagai bagian dari serial "Actors on Actors" dari Variety, Yeoh mengungkapkan bahwa nama asli karakternya dalam naskah adalah Michelle Wang.

"Ini seperti roller coaster, kan?" Yeoh memberi tahu Blanchett. "Singkirkan telepon Anda, kenakan sabuk pengaman Anda. Dengan Daniels, saya harus melihat apakah mereka benar-benar gila, dengan cara terbaik. Sangat penting bahwa saya merasa sutradara adalah seorang visioner dan saya adalah salah satu alat mereka."

Yeoh melanjutkan, "Satu-satunya hal yang saya katakan kepada mereka adalah, 'Karakternya tidak bisa disebut Michelle Wang.' Mereka seperti, 'Tapi kenapa? Ini kamu.' Saya menjawab, 'Tidak, saya bukan ibu imigran Asia yang menjalankan laundry. Dia butuh suaranya sendiri.' Itu satu-satunya. Saya seperti, 'Jika Anda tidak mengubah nama, saya tidak akan masuk.'"

Nama karakter tersebut akhirnya diubah menjadi Evelyn Wang. "Saya selalu ingin bekerja dengan sutradara yang lebih muda," kata Yeoh kepada Blanchett di awal percakapan tentang mengapa dia memilih untuk film tersebut.

"Karena mereka memberikan tantangan kepada Anda yang tidak sering menghampiri Anda. Saya sangat bersyukur bahwa akhirnya saya mendapatkan naskah dengan perempuan yang sangat tidak mencolok, perempuan imigran, dan dia sudah lama berada di sekitar kita, mencoba mewujudkan impian Amerika dan membuat perempuan biasa menjadi luar biasa, itu sangat memuaskan, karena menurut saya itu adalah kita semua," jelas Yeoh.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemenang Oscar 2023

Berikut sejumlah pemenang Piala Oscar 2023:

  • Best Picture : Everything Everywhere All At Once - Daniel Kwan, Daniel Scheinert dan Jonathan Wang
  • Best Director : Daniel Kwan dan Daniel Scheinert - Everything Everywhere All At Once
  • Best Actor : Brendan Fraser - The Whale
  • Best Actress : Michelle Yeoh - Everything Everywhere All At Once
  • Best Supporting Actor : Ke Huy Quan - Everything Everywhere All At Once
  • Best Supporting Actress : Jamie Lee Curtis - Everything Everywhere All At Once
  • Best Adapted Screenplay : Women Talking Best Original Screenplay : Everything Everywhere All At Once
  • Best Original Score : All Quiet on the Western Front
  • Best Original Song : Naatu Naatu - RRR
  • Best Sound : Top Gun Maverick

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.