Sukses

Profil Suga BTS di Dunia Musik, Sosoknya Disorot Usai Donasi Ulang Tahun Rp 1 M ke Korban Gempa Turki Suriah

Suga BTS telah merayakan ulang tahunnya dengan donasi yang murah hati untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah. Baca lebih lanjut tentang profil Suga BTS dan karya lagu solonya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu personel BTS Suga ulang tahun ke-30 pada 9 Maret. Sosok rapper, penulis lagu, dan produser, yang sering muncul di jalur rap BTS ini pun langsung jadi sorotan.

Pasalnya, Min Yoon-gi, yang lebih dikenal dengan nama panggung Suga, merayakan ulang tahunnya secara live melalui aplikasi Weverse bersama penggemarnya. Dalam live streaming tersebut, dia mengumumkan tur dan beberapa hadiah simbolis dari penggemarnya.

Selain menyanyikan lagu akustik dan mengobrol dalam sesi live perayaan ulang tahunnya, Suga BTS juga mengumumkan donasi kepada korban gempa Turki dan Suriah.

Disadur oleh Liputan6.com dari Soompi, Jumat (10/3/2023), sebuah organisasi non-pemerintah (LSM) Save the Children mengungkapkan, “Anggota BTS Suga telah menyumbangkan 100 juta won (sekitar Rp 1,1 miliar) untuk bantuan darurat bagi korban gempa Turki dan Suriah yang mengalami kerusakan parah".

Dia berharap donasi yang diberikan dapat berguna bagi para korban bencana terutama anak-anak. “Begitu banyak anak dan keluarga yang menderita kerusakan parah akibat gempa ini. Saya menyampaikan belasungkawa kepada para penyintas dan korban. Saya berharap ini setidaknya menjadi sedikit bantuan untuk anak-anak yang terkena dampak gempa dan semoga donasi ini digunakan untuk menyediakan barang-barang bantuan untuk anak-anak.”

Organisasi Save the Children akan memanfaatkan donasi Suga untuk selimut musim dingin, kasur, perlengkapan sekolah, dan berbagai keperluan lainnya yang dibutuhkan di daerah terdampak.

Profil Singkat Min Yoon-gi di Dunia Musik

Min Yoon-gi merupakan nama asli dari Suga BTS.

Suga sudah mengenal MIDI (Musical Instrument Digital Interface) dan mulai menulis lirik pada usia 13 tahun. Namun pada saat itu orang tuanya tidak mendukung keinginannya untuk menjadi seorang rapper. Dia juga sempat mengalami kesulitan finansial, sehinnga Suga giat mencari pekerjaan paruh waktu sebelum menjadi bagian dari BTS.

Bahkan dia pernah mencoba menjual salah satu lagunya untuk membeli makanan. Hal itu menjadi salah satu alasan para penggemarnya begitu mengagumi dirinya, Suga merupakan sosok pekerja keras dan pantang menyerah.

Pada tahun 2010, Suga mendapat pekerjaan paruh waktu di Big Hit Entertainment, di mana dia bekerja sebagai pengantar barang untuk membayar biaya kuliahnya.

Akhirnya, Suga debut sebagai anggota BTS pada tahun 2013. 

Setelah dua tahun bersama BTS, Suga mendapatkan solo pertamanya, 'The Most Beautiful Moment In Life', tentang ketakutannya mendekati masa dewasa. Dengan karya solonya, Suga menggunakan alias Agust D, berasal dari tahun 2016 ketika ia merilis sebuah lagu berjudul "Agust D" di SoundCloud.

Tidak butuh waktu lama bagi Agust D untuk memenangkan penghargaan pertamanya di Melon Music Awards 2017 untuk Best Soul/R&B Track of the Year.

Kini grup boyband Korea tersebut telah meraih penghargaan "Favorite Social Artist" atau "Artis Sosial Favorit" di American Music Awards 2018, mengalahkan beberapa artis papan atas seperti Cardi B dan Ariana Grande.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suga BTS Memberikan Donasi Setiap Ulang Tahunnya

Suga BTS telah memberikan donasi pada hari ulang tahunnya sepanjang karirnya. Di antaranya untuk membantu korban kebakaran hutan, pasien kanker anak, upaya pencegahan COVID-19, dan lebih banyak lagi selama bertahun-tahun.

Pada tanggal 6 Februari, dua gempa dahsyat melanda Turki dan Suriah, dengan dua gempa bumi susulan yang melanda daerah tersebut di akhir bulan itu.

Mengikuti bencana gempa yang pertama, agensi BTS, HYBE, mendonasikan 500 juta won (5.842.130.000,00 rupiah) kepada Save the Children. Sementara anggota BTS yang lain serperti J-Hope dan Jimin, membagikan donasi masing-masing 100 juta won kepada Komite Korea untuk UNICEF.

Kini pada bulan Maret setelah susulan gempa, Suga BTS yang memberikan donasi sejumlah 100 juta won kepada organisasi Save the Children.

3 dari 4 halaman

Apresiasi Lagu Solo Suga BTS di Hari Ulang Tahunnya

Karya solo Suga termasuk lagu-lagu seperti “Daechwita” dan “People”.

Untuk merayakan ulang tahunnya Suga di 2023, para penggemarnya memberikan hadiah ulang tahun kreatif dengan menetapkan sejumlah target streaming, khusus untuk lagu yang menampilkan rapper tersebut.

Di Spotify, penggemar menargetkan 235 juta pemutaran di lagu “Daechwita”, 100 juta pemutaran di lagu “People”, dan 180 juta pemutaran di lagu “That That” milik PSY.

Pada bulan Februari sebelumnya, ARMY (sebutan penggemar boyband BTS) juga membuat inisiatif amal bersama untuk memperingati ulang tahun J-Hope dan Suga. Para ARMY membuat proyek amal kilat selama 5 hari yang menguntungkan sebuah organisasi nirlaba, Another Way of Seeing, yang "menciptakan jalur bagi tunanetra untuk berkomunikasi dengan dunia".

Kini, tiket untuk tur solo Suga (alias Agust D) yang berlangsung tahun 2023 sudah dapat diakses.

4 dari 4 halaman

Konser Agust D Tahun 2023

Untuk pertama kalinya, Suga BTS akan mengadakan tur sebagai artis solo. Hal ini dapat dilakukan karena kebebasan yang diberikan bagi grup boyband ini untuk mengejar proyek solo.

Beberapa personel lain seperti J-Hope sudah merilis album Jack in the Box dan menjadi artis K-pop pertama yang menjadi sorotan di festival musik Lollapalooza Chicago, AS.

Sementara Agust D, Suga akan tampil live di AS untuk ARMY tahun 2023. Di antaranya di Live Nation, “diproduksi oleh HYBE, BIGHIT MUSIC dan Live Nation, tur dimulai dengan dua malam di Belmont Park, NY di UBS Arena pada tanggal 26 dan 27 April dan berlanjut melintasi AS dengan berhenti di Newark, Rosemont, dan Los Angeles.”

Sekarang, musik dari Agust D sudah tersedia di sebagian besar platform streaming utama.

Beberapa ARMY bahkan sudah membeli tiket untuk tur solo Agust D yang akan datang. Tentu saja, sebagian besar sudah terjual habis bahkan sebelum penjualan umum tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.