Sukses

Geger Penampakan Misterius Mirip Bola Jumbo di Pesisir Pantai Jepang, Bom?

Kepolisian Jepang menutup akses ke pantai untuk menginvestigasi sebuah benda besi besar dan misterius yang telah ditemukan di Pantai Enshuhama, Kota Hamamatsu, Shizuoka Prefecture.

Liputan6.com, Hamamatsu - Sebuah benda logam misterius berukuran besar terdampar di sebuah pantai Jepang dan jadi sorotan.

Pada Selasa 21 Februari 2023 pagi kepolisian Jepang menutup akses ke Pantai Enshuhama, untuk menginvestigasi sebuah benda logam besar dan misterius yang tidak diketahui asalnya.

Dilansir News.com.au, Kamis (23/2/2023), benda misterius tersebut berbentuk seperti bola raksasa dan dilaporkan oleh penduduk lokal di Kota Hamamatsu -- yang terletak di pantai selatan sekitar 250 km dari Tokyo.

Mereka menghubungi polisi sekitar jam 09.00 pagi waktu setempat dan mengatakan, "Ditemukan benda misterius berbentuk bola besar yang terdampar di pantai sini," Asahi News melaporkan.

Wanita yang melaporkan mengatakan bahwa suaminya yang pertama kali melihat benda tersebut saat berjalan-jalan di akhir pekan.

Setelah laporan tersebut, benda misterius itu langsung diselidiki oleh polisi setempat, dan kawasan sekitar langsung dijaga ketat.

Untuk keamanan penduduk sekitar, kepolisian Jepang membatasi akses dalam radius 200 meter mengelilingi objek tersebut demi menghindari kemungkinan ledakan. Terlihat juga tim spesial penjinak bom yang siap siaga sambil memeriksa keberadaan bola misterius tersebut.

Perwakilan dari penjaga pantai mengatakan bahwa isi dari benda tersebut belum diketahui. Namun benda tersebut lanjut diselidiki oleh Pasukan Bela Diri Jepang, tim penjinak bom, dan penjaga pantai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Penyelidikan Bola Misterius

Setelah diselidiki lebih lanjut, kepolisian Jepang mencatat benda logam berbentuk bulat itu memiliki diameter sekitar 1,5 meter, dan diduga terbuat dari besi karena memiliki lapisan karat.

Menurut Fuji News Network, hasil X-Ray menunjukkan bahwa objek tersebut kopong dan tidak ada kemungkinan ledakan.

Pembatasan radius 200 meter telah dicabut sekitar pukul 16.00 di hari yang sama.

Objek tersebut juga mempunyai memiliki tonjolan yang memungkinkannya untuk dikaitkan ke sesuatu, sangat mirip dengan pelampung tambatan, catat Vice News.

Kepolisian Jepang mengatakan mereka akan meminta wewenang setempat yang bertanggung jawab atas pengelolaan pesisir untuk penampungan bola tersebut.

Bagaimanapun itu, kejadian ini sempat memicu perhatian media dan membangun spekulasi yang hiruk pikuk, terutama setelah peristiwa AS menembak jatuh benda yang diduga "balon mata-mata China" diikuti oleh beberapa objek tak dikenal.

 

3 dari 4 halaman

Penampakan Misteri 10 Cahaya Putih di Langit Jepang

Sebelum ini sempat juga ada persitiwa misterius yang terjadi di Jepang. Penampakan misterius 10 cahaya putih berjoget di langit tengah kota Osaka, Jepang pada siang bolong, membuat gempar warga di sana. 

Aksi 10 cahaya bergoyang-goyang itu terekam kamera amatir warga. Dalam rekaman itu, terlihat betapa menakjubkannya bola-bola berwarna putih itu terbang beriringan.

Video berdurasi 2 menit lebih itu menampilkan kesepuluh cahaya yang menari dari satu sisi langit ke bagian lainnya.

Rekaman tersebut diposting oleh sejumlah saluran TV Jepang, dan kini telah dilihat oleh hampir 180.000 orang yang bertanya-tanya apa mungkin itu hanya sekadar cahaya lampu.

Deskripsi video tersebut menyebutkan, sebentuk bola putih itu bergerak cepat dan seolah-olah menari. Tak lama kemudian, muncul klaim bahwa penampakan itu mirip dengan yang muncul di atas Hyde Park, London pada bulan Juni.

Meski tampak serupa, namun cahaya di London itu hanya berlangsung selama beberapa detik. Sehingga sulit untuk membuat perbandingannya.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Mengenai Penampakan Misteri 10 Cahaya Putih

Sulit mengidentifikasi apa sebenarnya 10 cahaya bulat di langit Osaka itu, karena jarak dari perekam dalam video itu terlalu jauh. Spekulasi liar terhadap penampakan tersebut pun bermunculan.

Ada yang berkomentar itu adalah tanda-tanda kehidupan alien. Beberapa lainnya menyebut kemungkinan cahaya itu adalah UFO (unidentified flying object).

Sementara yang lainnya bersikap skeptis bahwa rekaman itu adalah tipuan belaka. Melilhat kualitas rekaman tersebut.

"Singkatan UFO adalah unidentified flying object atau benda terbang yang tak teridentifikasi. Sesuai artinya, maka UFO tak bisa dikenali," tulis lainnya seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (30/7/2015).

Banyak orang menduga ke-10 cahaya itu adalah balon, dan lainnya mengklaim penampakan itu bergerak lambat sehingga tak membuatnya lebih misterius. Dan mengambang itu bukanlah ciri UFO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.