Sukses

Hati-Hati, Ini 7 Tempat Paling Berhantu di AS

Dari bekas sanatorium hingga mercusuar terkenal dan medan perang dari Perang Saudara Amerika, inilah tempat-tempat paling berhantu di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak perlu percaya hantu untuk menikmati cerita hantu tentang beberapa tempat paling angker. Kisah-kisah yang telah tumbuh dari generasi ke generasi di sekitar rumah yang konon berhantu dapat memiliki kehidupan yang fantastis dalam cerita rakyat, kisah-kisah yang mengelilingi suatu tempat dapat memengaruhi pengalaman kita tentang dunia horor.

Untuk mendapatkan suasana mencekam yang dibutuhkan hanyalah tempat yang menyeramkan, sentuhan imajinasi, dan sekilas sesuatu yang tidak terduga, atau hanya setengah terlihat (penampakan).

Oleh karena itu berikut Liputan6.com rangkum 7 tempat paling angker yang ada di Amerika Serikat melansir dari livescience.com, Jumat, (17/02/2023).  

1. Santorium Waverly Hills

Bangunan suram yang berbentuk bersayap kelelawar ini adalah rumah sakit berhantu atau rumah sakit jiwa. Rumah sakit pertama yang berada di bukit berangin di tepi Louisville, Kentucky, dibangun pada tahun 1910 untuk merawat para korban "wabah putih" tuberkulosis yang melanda negara.

Pada saat itu, belum ada obat yang diketahui dan penyakit ini seringkali berakibat fatal. Dalam beberapa kasus, dokter mencoba metode eksperimental untuk membantu meringankan gejala, dan muncul cerita tentang eksperimen medis terlarang di mana penyembuhannya sering terbukti sama fatalnya dengan penyakitnya. 

Tentu sanatorium adalah tempat yang banyak kematian selama bertahun-tahun, meskipun klaim bahwa lebih dari 60.000 pasien meninggal di sana dibesar-besarkan, menurut catatan rumah sakit yang masih hidup. 

Sejarawan mengatakan jumlah sebenarnya kemungkinan mendekati 8.000, dengan total 152 kematian pada tahun 1945, tahun terburuk epidemi pada saat itu.

Waverly Hills berfungsi sebagai rumah sakit geriatri dari tahun 1960-an hingga 1980-an, dan beberapa cerita tentang rumah sakit tua yang menyeramkan didasarkan pada rumor bahwa pasien dianiaya, termasuk klaim bahwa perawatan radikal seperti terapi kejut listrik digunakan.

Bertahun-tahun sejak Waverly Hills ditutup untuk selamanya, pengembara, pencari sensasi, dan pemburu hantu yang menemukan jalan mereka ke dalam gedung menceritakan tentang pintu yang dibanting dan suara-suara aneh di gedung yang sepi itu. Dilaporkan bahwa selalu ada suara langkah kaki dan jeritan pasien dari kamar kosong. 

Bentuk bayangan dikatakan berkumpul di ceruk gelap bangunan dan dikatakan mengikuti pengunjung melalui koridor sempit. Langkah kaki dan suara hantu dilaporkan bergema di sepanjang terowongan kematian, atau parasut tubuh, area ini sebuah terowongan bawah tanah yang mengarah dari rumah sakit ke rel kereta api di bagian bawah bukit, untuk mengangkut orang mati dari rumah sakit tempat tinggal pasien.

Beberapa cerita berpusat di lantai lima rumah sakit, tempat pasien tuberkulosis dengan gangguan mental dilaporkan dirawat. 

Secara khusus, Kamar 502, di mana dua perawat yang dikatakan telah bunuh diri - satu dengan cara digantung, yang lain dengan melompat  - menghantui tempat ini. Beberapa pengunjung mengaku pernah melihat sosok misterius bergerak di jendela, atau mendengar suara yang menyuruh mereka untuk keluar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Barren Pinus New Jersey

Kawasan hutan luas yang sekarang dikenal sebagai New Jersey Pine Barrens berkembang pesat pada masa kolonial, saat itu menjadi rumah bagi beberapa pabrik penggergajian, pabrik kertas, dan kota bagi orang-orang yang bekerja di dalamnya. 

Tetapi kemakmuran dan populasinya menurun tajam ketika batu bara ditemukan di dekat Pennsylvania dan orang-orang malah pindah ke sana. Sisa-sisa dari beberapa tempat disebut sebagai kota hantu, serta lebih dari beberapa cerita hantu, masih bertahan. Semangat bajak laut Kapten William Kidd, yang sering mengunjungi Teluk Barnegat di New Jersey, kadang-kadang terlihat di sana, dan seekor anjing hitam hantu dikatakan berkeliaran di pantai dan hutan pesisir.

Salah satu kisah supernatural paling terkenal dari Pine Barrens adalah kisah Iblis jersey. Menurut negara bagian New Jersey, makhluk itu lahir pada tahun 1735 sebagai anak ke-13 dari Deborah Leeds, istri saingan Benjamin Franklin, beberapa versi cerita mengatakan dia adalah seorang penyihir, dan ayah dari anak itu sendiri adalah iblis. Menurut legenda, bayi itu lahir dengan sayap kasar, kepala kambing, dan kuku. Penampakan ini dilaporkan terbang ke cerobong asap ruangan, tempat ia dilahirkan dan telah membunuh ternak di wilayah tersebut sejak zaman itu.

Pada akhir 1700-an, apa yang kemudian dikenal sebagai "Iblis Leeds" telah menjadi cerita hantu yang populer di wilayah selatan New Jersey, dan pada abad ke-19, kisah itu berkembang menjadi legenda lokal.

Hal itu diduga dilihat oleh Joseph Bonaparte, saudara laki-laki Napoleon Bonaparte dan mantan raja Spanyol, yang telah membangun rumah besar di Pine Barrens, tempat dia tinggal setelah pengasingannya pada tahun 1813.

Pada tahun 1840-an, makhluk itu disalahkan atas serangan terhadap ternak yang disertai dengan jeritan mengerikan, dan itu mulai terjadi. terlihat secara teratur di daerah tersebut. Serentetan penampakan terbesar terjadi pada tahun 1909, ketika surat kabar menerbitkan ratusan klaim oleh orang-orang yang mengatakan bahwa mereka telah menemukan "Jersey Devil" di beberapa bagian South Jersey dan di Philadelphia.

Liputan surat kabar yang meluas mendorong beberapa sekolah di lembah Delaware ditutup dan para pekerja tinggal di rumah, sementara beberapa kelompok main hakim sendiri, sambil berkeliaran di pedesaan untuk mencari binatang itu.

3. Savannah Georgia

Rumah bagi lusinan rumah berhantu yang terkenal dan ratusan penampakan hantu, berada di Savannah yang sering disebut "kota paling berhantu di Amerika Serikat", terutama oleh banyak operator tur hantu, yang sering dimulai dengan kunjungan ke pemakaman Bonaventure yang bersejarah di kota itu, sebuah jalinan kuburan batu, patung-patung yang menakutkan, dan pohon-pohon seram yang dipenuhi lumut Spanyol. 

Di antara hantu penghuni pemakaman adalah Gracie Watson, seorang anak berusia 6 tahun yang meninggal karena pneumonia pada tahun 1889. Hantunya dikatakan menghantui patung seukuran aslinya yang berdiri di atas kuburannya, yang seperti beberapa patung pemakaman lainnya di kuburan. kadang-kadang patung itu dikatakan bergerak seolah-olah hidup, sedangkan suara anak-anak bermain atau menangis kadang terdengar di dekatnya. 

Rumah Hampton Lillybridge Savannah dibangun pada tahun 1797 dan dipindahkan ke lokasinya beberapa tahun kemudian. Meskipun ditemukan ruang bawah tanah misterius di bawah properti baru, yang belum pernah dibuka. Sejak saat itu, tak kurang dari 26 keluarga yang tinggal di rumah tersebut mengeluhkan berbagai kejadian hantu yang memaksa mereka pindah. Pertemuan aneh ini termasuk furnitur bergerak dan pintu mengunci diri

 

3 dari 4 halaman

4. Gedung Putih

Sejak tahun 1800, Gedung Putih telah menjadi rumah presiden Amerika Serikat, dimulai dengan presiden kedua, John Adams dan hantu istrinya, Abigail Adams, terlihat di sana, terkadang berjalan menembus tembok atau membawa cucian ke keringkan di Ruang Timur, menurut History.com.

Hantu presiden ketiga, Thomas Jefferson, terdengar memainkan biola di Yellow Oval Room. Hantu presiden ketujuh, Andrew Jackson, dikatakan terlihat berbaring di tempat tidur tuanya, sementara suara "ketawa parau" sering dilaporkan, termasuk oleh Ibu Negara Mary Todd Lincoln.

Presiden kesembilan, William Henry Harrison, dikatakan menghantui loteng Gedung Putih, sedangkan presiden ke-10, John Tyler, dikatakan menghantui Ruang Biru. 

Banyak penampakan dan peristiwa hantu berputar di sekitar Abraham Lincoln hantu presiden ke-16 yang terbunuh telah diberitakan berkali-kali sehingga ungkapan "hantu Lincoln" menjadi terkenal. Beberapa peristiwa yang paling terkenal adalah beberapa penampakan pada tahun 1940 oleh Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, yang sedang bermalam di Lincoln Bedroom.

Churchill mengaku baru saja keluar dari bak mandi, telanjang tetapi sedang merokok cerutu kebiasaannya, ketika dia bertemu dengan hantu Lincoln yang bersandar di rak perapian, menurut entri blog oleh pusat konstitusi nasional, sebuah organisasi nirlaba AS.

Churchill berkata, "Selamat malam, Tuan Presiden anda tampaknya tidak menguntungkan saya," dan kemudian hantu itu tersenyum dan menghilang. (Churchill berkata dia kemudian pindah ke kamar tidur di seberang aula.)

Dua tahun kemudian, pada tahun 1942, Ratu Wilhelmina dari Belanda melaporkan melihat hantu Lincoln, mengenakan topi tinggi dan mantel rok, berdiri di depan pintu kamar tidurnya saat berkunjung ke Gedung Putih, dia telah pingsan saat melihatnya. Banyak lainnya termasuk Presiden AS Harry S. Truman dan Theodore Roosevelt, ibu negara Grace Coolidge dan Eleanor Roosevelt, serta lusinan pembantu dan staf Gedung Putih, telah melaporkan melihat penampakan atau mendengar langkah kaki hantu atau ketukan yang mereka kaitkan dengan hantu Lincoln.

5. Rumah Whaley

Whaley House di San Diego adalah rumah yang paling berhantu di Amerika, menurut life magazine. Rumah itu dibangun pada tahun 1857 di lokasi bekas kuburan dan tiang gantungan. Selama bertahun-tahun rumah itu berfungsi sebagai rumah keluarga, toko biji-bijian, gedung pengadilan daerah San Diego, teater komersial pertama di kota itu, sebuah ruang dansa, ruang biliar, dan sebuah sekolah. Kemudian dibuka sebagai museum pada tahun 1960.

Hantu penduduk tertua di Whaley House dikatakan sebagai perampok terpidana "Yankee Jim" Robinson, yang digantung pada tahun 1852 dari tiang gantungan yang berdiri di atas properti sebelum rumah itu dibangun. 

Menurut laporan surat kabar, saat gerobak yang menahannya di bawah tiang gantungan menjauh, Yankee Jim menyeret kakinya di atas gerobak selama mungkin, sebelum berayun seperti pendulum dan perlahan-lahan mencekik sampai mati.

Meskipun Thomas Whaley, seorang pemukim dan pedagang, ia menyaksikan eksekusi mengerikan Yankee Jim, pada saat itu ia mencegahnya untuk membeli properti ittersebutu beberapa tahun kemudian dan membangun rumah di sana. 

Namun dalam beberapa minggu setelah pindah, keluarga Whaley melaporkan mendengar langkah kaki yang berat, seolah-olah dibuat oleh sepatu bot pria bertubuh besar.

Laporan tentang langkah kaki dan suara lainnya telah bertahan selama lebih dari 100 tahun. Putri bungsu dari keluarga tersebut, yang tinggal di rumah itu sampai tahun 1953, dilaporkan bahwa rumah ini dihantui oleh hantu Yankee Jim, dan pengunjung museum di tahun 1960-an juga dilaporkan mendengar suara hantu berjalan.

Pengunjung lain mengatakan bahwa mereka telah melihat sendiri hantu keluarga Whaley, dan hantu seorang wanita dengan rok panjang di bekas ruang sidang county. Seorang parapsikolog melaporkan bahwa dia melihat seekor anjing hantu berlari di dalam rumah, mirip dengan anjing terrier rubah, jenis anjing yang dimiliki oleh keluarga Whaley.

4 dari 4 halaman

6. Pemakam Sarjanah Grove

Pemakaman kecil di hutan di pinggiran Chicago ini telah mendapatkan reputasi sebagai kuburan paling berhantu di Amerika Serikat, berkat lebih dari 100 penampakan hantu, cahaya aneh, dan episode supernatural sugestif lainnya yang terdokumentasi.

Selama tahun 1950-an, setelah pecahnya vandalisme di lokasi terpencil, beberapa orang mengaku telah melihat seluruh rumah pertanian hantu berkilauan di atas kuburan, yang surut saat mereka mendekatinya. Yang lain mengatakan mereka telah melihat hantu seorang petani dan kuda bajaknya yang mati ketika mereka diseret sampai mati di kolam terdekat.

Beberapa orang yang mengemudi di jalan dekat kuburan pada malam hari telah melaporkan pertemuan dengan mobil hantu bergaya "gangster" tahun 1940-an yang muncul di jalan di depan mereka, sebelum keluar dari jalan dan menghilang. Yang lain mengklaim telah menabrak mobil hantu di tikungan tajam di jalan, tetapi setelah guncangan berlalu, tidak ada kerusakan, dan tidak ada mobil lain. 

Pada tahun 1991, surat kabar Chicago sun times memuat foto terkenal yang diambil oleh seorang pengunjung kuburan, menunjukkan sosok wanita semi-transparan dengan pakaian kuno duduk di atas batu nisan.

Fotografer, bagian dari tim peneliti paranormal, mengklaim bahwa wanita itu tidak terlihat saat foto diambil. Sosok dalam foto tersebut kemudian dikenal sebagai "Madonna of Bachelor's Grove", dan mungkin terkait dengan legenda "Nyonya Putih", hantu seorang wanita yang dikuburkan di samping anaknya yang masih kecil, dan dikatakan berjalan melewatinya. kuburan pada malam bulan purnama, dengan bayi terbungkus dalam pelukannya.

7. Hotel Stanley di Colorado

Stanley Hotel di Estes Park, Colorado, terkenal sebagai "Overlook Hotel" di lereng gunung terpencil yang ditampilkan dalam film stanley kubrick tahun 1980 "The Shining." Itu juga menjadi inspirasi novel Stephen King yang dibuat menjadi film tersebut, konon setelah dia menghabiskan malam di sana saat badai salju. 

Hotel ini dibangun pada tahun 1909 oleh penemu Massachusetts FO Stanley, yang pindah ke sana bersama istrinya, Flora. Flora Stanley adalah pemain piano yang ulung, dan menurut mitos, arwahnya terkadang terdengar bermain piano di ruang musik pada malam hari. 

FO Stanley terkadang tidak pada tempatnya di foto-foto lama, trik seram yang menginspirasi adegan terakhir film. Staf di hotel juga mengatakan bahwa hantu telah membongkar tas pengunjung menyalakan dan mematikan lampu serta tawa hantu anak-anak dapat terdengar di lorong. 

Kamar 217 yang terkenal di hotel, yang ditampilkan dalam buku dan film, dikatakan dihantui oleh hantu seorang pelayan yang dilaporkan terlempar dari jendela di sana - tetapi tidak terbunuh - dalam ledakan gas pada tahun 1911.

Itulah kamar tempat Raja dan istrinya bermalam, menurut wawancara selanjutnya. Tapi meski hotel itu tidak diragukan lagi menyeramkan, peristiwa mengerikan yang disarankan dalam buku dan film itu tampaknya sepenuhnya berasal dari imajinasinya. 

Sekarang dimungkinkan untuk memesan Kamar 217 di Stanley Hotel, di antara kamar-kamar lainnya. "The Shining" diputar terus menerus di salah satu saluran televisi internal, dan hotel menjalankan bisnis tur hantu yang berkembang pesat. Selain hantu keluarga Stanley dan pembantunya, seorang koboi menyeramkan dikatakan menghantui Kamar 428, dan staf hotel mengatakan hantu telah terlihat di terowongan di bawah hotel yang pernah digunakan staf untuk menjelajahi properti yang sangat besar itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.